Friday, August 24, 2012

American Psycho (2000) Review


"ASTAGA BATMAN! KENAPA KAMU JADI BEGINI?!"


entah kenapa habis nonton film ini aku pengen makan hotdog..

sebenernya sih, pada awalnya gue disuruh mereview "The Expendables 2" oleh mbahdarmoOoO tapi entah kenapa gue jadi nyasar ke American Psycho. lagipula sebetulnya apa sih hubungan American Psycho dan Expendables 2?? aku sulit membayangkan hubungan antara Chuck Norris dengan Christian Bale....

Director: Mary Harron

Starring: Christian Bale, Reese Witherspoon, Willem Dafoe, Jared Leto.



review ku ini juga membahas tentang Psikopat.. kuyakin banyak orang yang masih belum familiar dengan kata psikopat, jadi daripada rumit menjelaskan psikopat, akan kuberi gambaran berupa gambar..

yak, inilah seorang psikopat.

Sebelum gue review, gue review gue ingin menjelaskan siapa itu Patrick Bateman. Patrick Bateman yang diperankan oleh Christian Bale, ialah seorang businessman yang kerja di  Wall Street, hidupnya berfoya-foya. selalu menggunakan produk tubuh yang mahal dan pakaian desainer. Kaya Raya dan Tampan, Contoh pria sempurna. tetapi dibalik kesempurnaannya itu adalah seorang psikopat yang haus darah! dia bisa membunuh hanya karena masalah sepele seperti jika kartu nama temannya lebih bagus darinya maka dia akan membunuh temannya. hanya karena kecemburuan materialis. ketidakstabilan mentalnya membuat dia jadi pembunih berantai. hmm mahasiswa lulusan Harvard ternyata begitu ya? oke aku ga akan kuliah ke harvard. dan bisa-bisa si Mark Zuckeberg pencipta facebook juga pembunuh berantai!


YOU DON'T SAY


lets get to the review..

A.R Review:
oke jadi genre film ini sebenarnya apasih??
Horror? yes
Thriller? yes
Comedy? yes
Drama? maybe
Musical? close enough.
jadi genrenya horrorthrillercomedydramamusical. disingkat jadi HTCDM. wah HTCDM kedengaran seperti senyawa kimia yah.. atau sejenis narkoba.


ini film yang diambil dari novel bestseller tahun 1991 karya Bret Easton Ellis. (gue baru tau ini diambil dari novel pas siang ini.. gue kira ini original screenplay.) dan Sukses dibuat jadi film oleh Mary Harron. dan itulah ironi yang hebat! film American Psycho ini yang menunjukan kekerasan terhadap wanita... disutradarai oleh WANITA! what?!?! ah tapi itu sih belum ada apa apanya dibanding melihat Christian Bale yang kupuja-puja sebagai salah satu pemeran superhero terbaik, seorang pahlawan, jadi Psycho! aku sakit hati!!

film ini bisa dibilang unik karena satu hal yang membedakan dari film horror/thriller lain. yaitu bagian yang paling mecolok adalah... MUSIK! biasanya fillm horror atau thriller di warnai dengan musik-musik bernuansa tegang, atau orchestra dramatis gothic. tapi musik di American Psycho ini adalah musik mainstream tahun 1980'an. percampuran musik hip tahun 1980 dengan scene sadis jadi formula baru yang menibulkan keunikan tersendiri bagi penikmat film dan penonton, apalagi kalau sering nonton film horror tegang. Musik adalah yang paling menentukan tensi ketegangan. dan bila musik enak disatukan dengan adegan macabre.. jadilah American Psycho.. lebih baik anda lihat sendiri.
salah satu quote hebat; "Do You Like Huey Lewis and the News?"



Mary Harron berhasil merubah novel kontroversial berdarah, menjadi film tentang kesombongan kaum pria.
Sutradara lelaki akan membuat Patrick Bateman jadi pembunuh berantai karena tekanan psikologis. sedangkan dari sudut pandang seorang wanita Patrick Bateman hanyalah seorang lelaki yang jadi korban kehidupan modern dan insting lelaki. ini keunggulan sutradara wanita.

Novelnya kontroversial karena menjelaskan secara detail bermacam macam pembunuhan sadis yang dilakukan patrick bateman namun Mary Harron menunjukan sedikin pemunuhan sadisnya dan lebih berfokus pada kehidupan Patrick Bateman, tentang apa yang membuatnya jadi haus darah. saat Patrick Bateman membunuh, tidak diperlihatkan sebagai kebencian atau balasdendam yang sering kita lihat di film slasher.
melainkan sebuah hobi.

OBJECTION!


kuharus bilang Chirstian Bale.. kamu benar-benar GILA! akting mu merupakan campuran dari Jim Carrey dengan Jason Voorhes! unik, apik, nikmat dilihat. ekspresi wajahnya menunjukan kesenangan dan kepuasan saat membantai seseorang, seperti melihat Batman berubah menjadi The Joker.


penampilan Christian bale sungguh memikat! aku acungkan 2 jempol! tapi ada yang membuat aku bingung.. film ini rilis tahun 2000, 5 tahun sebelum batman begins.. trus KENAPA DIA YANG TERPILIH MENJADI BATMAN!?

Reese Witherspoon, Willem Dafoe, dan Jared Leto(yang kebetulan vokalis salah satu band mainstream favoritku 30 Seconds to Mars.) walaupun starring, tapi tidak lebih dari figuran, mereka tampil kurang dari 15 menit.. karena film ini hanya berfokus pada kehidupan seorang patrick bateman..

tapi ada satu hal kurang yang fatal.. ini film Thriller, tapi ga berasa thrillnya.. ya Film Thriller tapi kurang tegang ya percuma juga..

dan film ini juga menimbulkan What If Scenario..

bagaimana jika A.R adalah seorang psikopat?
bisa membunuh hanya karena hal sepele?




Score:


"I like to dissect girls. Did you know i'm utterly Insane?"


2 comments:

  1. muka gw kenapa jadi begitu jeleknya?,trollguy dong

    ReplyDelete
  2. ga bagus kalo trollface dibunuh..

    ReplyDelete