Tuesday, August 21, 2012

The Cabin in The Woods (2012) Review


The Cabin in The Woods merupakan sebuah film horor keluaran tahun 2012 yang popularitasnya overhyped banget dan sangat2 terlalu overhyped,gw adalah salah 1 korban dari fenomena macam kesurupan massal ini,bayangin aja,timeline twitter para moviegoers yang gw follow melontarkan berbagai macam kalimat pujian yang berlebihan dan bikin penasaran membuat gw mantengin layar laptop 3 hari 2 malam nungguin donlodan ini film kelar,karena bioskop di kota gw sepertinya belum berkehendak memutar film awesome ini,apa boleh buat,jalan ilegal penuh kejahatan pun mau tidak mau harus gw tempuh DEMI menonton film yang jenis2nya macam begini,udah ah basa-basinya,mari kita bahas film Cabin Fever,eh......The Cabin in the Woods.

5 orang remaja bernama Dana (Kristen Connoly),Curt (Chris Hemsworth),Jules (Anna Hutchison),Marty (Fran Kranz),Holden (Jesse Williams) ingin pergi berlibur ke kabin milik sepupunya Curt yang berada di Hutan tersembunyi,perjalanan panjang pun mereka tempuh demi mendapatkan kenikmatan dan suasana tenang dalam sebuah kabin tersembunyi,namun mereka tidak sadar,bahwa misteri tersembunyi dan bahaya besar menanti mereka dibalik kegelapan hutan yang aideuh itu....


Sebelum memasuki tahap bacaan mereview film,mari gw mengingat2 elemen apa saja yang akan kita temui di film ini dan mungkin ada hubungannya dengan film horor cult legendaris The Evil Dead yang disutradarai oleh sutradara berbakat bernama baptis Sam Raimi yang mungkin cuman ada 200 tahun sekali sutradara macam dia.

1.Berapa orang remaja yang ada di film Ini?

The Cabin in The Woods:5 orang
The Evil Dead:5 orang

2.Berjenis kelamin apakah 5 orang itu?
The Cabin in The Woods: 3 laki,2 bini
The Evil Dead: 2 laki,3 bini (close enough)

3.apakah ada buku mistis atau semacamnya?
The Cabin in The Woods: ada semacam itu sih
The Evil Dead: ada The Book of the dead

4.Dimanakah setting filmnya?
The Cabin in The Woods:dalam kabin kecil
The Evil Dead:dalam kabin kecil

5.Dalem Hutan?
The Cabin in The Woods:iya dalam hutan,namanya juga The Cabin In The Woods (kabin dalam utan)
The Evil Dead:iya dalam hutan,namanya juga The Evil Dead (iblis kematian)

6.Terisolasi
The Cabin in The Woods: looks like so
The Evil Dead: jembatan hancur.

Kesimpulan Akhir:ini film rip-off the evil dead dengan nuansa The Evil Dead  dan atsmofer 
The Evil Dead,tapi dari slogan poster filmnya,coba baca dan ditelaah baik2 "You Think you know The Story",slogan itu bikin galau dan membuat gw merenung......"ini beneran rip-off?"



Slogan dari poster filmnya sendiri merupakan sebuah tantangan yang kalo di amerika itu kayak "I Dare you!",atau "I DOUBLE DARE YOU!" yang seakan2 memprovokasi dan menantang para penonton yang sok tau macam gw dalam meremeh-temehkan film2 beginian,dimana kalo kita baca balik sinopsisnya,ceritanya udah basi dan usang,dimana 5 orang itu mungkin bakal 1 yang bertahan hidup,yang lainnya mati dan lain2,kita sejak awal dibuat meremehkan sebuah film dengan genre horor polos macam begini,namun satu hal yang pasti "You Think You Know The Story" adalah sebuah slogan,sebuah statement,sebuah tiang pancang dan janji sutradara bahwa Kabin dalam hutan adalah sebuah landmarking,sebuah revolusi,dan sebuah perubahan dalam dunia perhororan film.


The Cabin In The Woods berhasil memberikan pengalaman penipuan paling mengasyikan yang pernah gw tonton,dari menit awal sampai menit pertengahan,gw udah menduga ini film adalah survival horror cheesy dengan aktor/aktrtis murahan,screenwritter murahan,budget murahan,higga penonton murahan yang mau aja nonton film murahan begini,tapi dimulai dari menit2 selanjutnya,otak gw yang akhir2 ini kebanyakan nonton film melodrama mulai kembali aktif dalam memproses informasi dan menyusun clue2 baru semenjak otak gw dirusak oleh Inceptionnya Nolan,dan saat credit roll berjalan,otak gw berhenti bekerja,mata gw terpaku ke layar laptop dan dialuni musik screamo aneh entah darimana.......INI FILM GOKIL,yang gw sangka2 cuman survival horror cheesy plagiat The Evil Dead ternyata berganti haluan menjadi sebuah film horror mindfuck dengan shock-twisted ending walaupun shock-twistednya masih belum bisa menandingi Shock-Twisted ending di Army of Darkness,akan sangat bodor sekali jika Raimi sampai mau2nya memproduseri The Evil Dead remake,secara Euphoria The Evil Dead remakepun takan mampu menghadapi kegilaan dan kebodohan ekslusif yang diberikan oleh T.C.I.T.W,kalo pernah nonton The Prestige,pasti ingat kata2 Michael Caine yang sempet ngomong ke penonton dalam narasinya dan berbunyi "Are you watch closely?" mungkin agak serupa dengan slogan film ini "You think you know the story.",dan jujur saja,gw masih amazed dengan film yang 20 tahun lagi bakalan menjadi sebuah film cult-horror legendaris,kalau anda suka The Evil Dead dan horor sejenisnya yang gitu2 aja ,cobain gih ini film,gw aja masih nanga2 ke-awesomean melihat scene pembantaian oleh *)*&(*^^%% terhadap *^&*)__*#@@@ yang bener2 keren,gila,dan luar biasa!!


The Cabin in The Woods bukanlah sebuah rip-off dan plagiat,melainkan sebuah karya penghormatan dan homage terhadap The Evil Dead dan film horor2 lain macam Texas Chainsaw,It,Re-Animator,del el el (sorry,kagak ade tribute homage buat Nenek Gayung,cheers.) dengan penambahan adegan2 awesome,diluar nalar logika,dan memberikan penipuan terpintar dan berhasil membuat penontonnya jaw dropping sekaligus teriak ketakutan atau ketawa karena kekonyolan yang diberikan The Cabin in The Woods,Jenius!!



That awkwardly awesome moment when you realize that one of the teen... Curt.

yes. this dude with the green jacket..

is actually.....


The God of Thunder

2 comments:

  1. awalnya gw kira ni bkal jadi film klise dgn premis horor yg klise pula…tapi ternyata…
    ^^
    salut deh buat Godard and Whedon..walo gw dejavu juga sama beberapa film dgn twist mirip2 bgini

    ReplyDelete
    Replies
    1. twistnya emang ga sampe mindblowing dan bikin jawdroping,tape element homage dan tributenya berteberan dimana2,ada deadite,reanimator,bahkan alma wade dari video game fear juga nongol disini,epic masterpiece lah ini film

      Delete