Tuesday, May 20, 2014

Mobile Suit Gundam Unicorn (2010-2014) Review




Pada tahun 1979 Yoshiyuki Tomino lagi bertamasya naik mobil ke bendungan pas kebetulan ada yang jambret berjas bawa pistol nodong dirinya. Kejadian konyol itu memberikan inspirasi revolusioner pada Yoshiyuki keesokannya dengan menggabungkan Mobilnya (MOBILE) bersama jambret berjas (SUIT), dengan pistol (GUN) dan bendungan (DAM). Duar! Terjadilah 'Mobile Suit Gundam'.

Siapapun yang ngikutin Gundam pasti familiar dengan kata Universal Century (UC) Yep, timeline UC ini porosnya cerita Gundam, dan tak diragukan lagi, adalah yang terbaik dalam franchise Gundam. Timeline yang dimulai tahun 1979 dengan Mobile Suit Gundam melahirkan banyak anime sequel seperti Zeta Gundam, ZZ Gundam, Victory Gundam, juga OVA macam 0080 War in the Pocket, 08th MS Team, 0083 Stardust Memories, feature film kayak Char's Counterattack, & Gundam F91. Dan belum lama ini, Sunrise nayangin lagi OVA nih buat Universal Century fanboys, eh lebih tepatnya OVA UC, dari fans UC, buat fans UC! Mobile Suit Gundam Unicorn. Kalo lo penggemar Gundam (seperti gue) OVA ini wajib ditonton!


RX-0 Unicorn Gundam

Synopsis:

U.C 0001, Negara-negara di bumi telah bergabung dalam satu federasi dan dimulainya kolonisasi antariksa dengan terbentuknya koloni pertama di luar angkasa "Laplace" menandai berlakunya sistem kalender baru bagi umat manusia. Perdana Menteri pertama federasi bumi, Ricardo Marcenas bersama pimpinan PBB lainnya menyusun dan menandatangani sebuah piagam konstitusi dasar kedaulatan di antariksa yang kemudian dikenal sebagai "Laplace Box". Pada saat peresmian charter tersebut, koloni Laplace hancur akibat serangan teroris, akibatnya, 'Laplace Box' mengambang ke antariksa, dan (ajaibnya) jatuh ketangan salah satu teknisi yang sama-sama kelempar ke antariksa juga, Syam Vist. Dengan menyimpan Laplace Box, Syam Vist membangun Vist Foundation, sebuah organisasi yang mengendalikan politik dunia dari balik layar.

U.C 0096, tiga tahun telah berlalu sejak perang Neo Zeon kedua (Mobile Suit Gundam: Char's Counterattack). Dunia masih berkabung setelah tragedi Axis Shock yang melenyapkan Amuro Ray & Char Aznable. Federasi bumi menarik mundur Londo Bell Task Force dari lini depan, Sisa-sisa Neo Zeon bersatu di bawah pimpinan kharismatik seorang pria bertopeng yang memanggil dirinya sendiri Full Frontal. Tiga tahun gencatan senjata yang cukup damai perlahan mulai terombang-ambing saat Cardeas Vist, cucu dari Syam Vist memutuskan untuk menyerahkan Laplace Box pada pihak Neo Zeon. Mineva Lao Zabi, puteri mahkota takhta Zeon melarikan diri dari kapal induk Zeon, Garancieres, untuk mengubah pikiran Cardeas Vist agar tidak terjadi perang lagi, dan benar saja, Federasi bumi yang mendengar rumor ini langsung mengutus kapal induk Nahel Argama (Mobile Suit ZZ Gundam) untuk mencegat transaksi antara Vist Foundation dan Neo Zeon. Garancieres dan Nahel Argama bertempur diluar koloni 'Industrial 7' menghancurkan koloni dalam prosesnya, dan sekaligus memulai Perang Neo Zeon ketiga. Dalam kekacauan tersebut, Cardeas Vist menjadi korban pengkhianatan dari saudaranya sendiri, Roberto Vist.  Sebagai kartu truf terakhir, Cardeas Vist merahasiakan lokasi Laplace Box yang sebenarnya, menyimpannya dalam sebuah program (La+ system) yang hanya bisa dibuka oleh sebuah 'kunci', Cardeas memberi kunci tersebut pada putranya yang bernama Banagher Links, dan memercayakan padanya senjata rahasia termutakhir Vist Foundation, RX-0 Unicorn Gundam. Petualangan untuk memperoleh Laplace Box dimulai!



"Gu.... gu...... GUNDAAAAM!!"


okey... dari segi cerita, It's one of the very best Gundam could ever offer.
Mobile Suit Gundam Unicorn ini bagi gue sih, adalah Indiana Jones dalam wujud Gundam. Ini sama aja kayak film genre petualangan dimana ada harta karun di ujung kisahnya, tapi dimodifikasi sedemikian rupa hingga jadi masuk akal apabila robot raksasa bertempur di ruang angkasa bisa jadi masuk akal. Klise film film petualangan ada disini semua. Ada Hidden Treasure (Laplace Box), protagonist (Banagher Links/Unicorn), his female partner (Mineva Lao Zabi/Audrey Burne), his male partner (Riddhe Marcenas) and his sworn adversary (Full Frontal).

Gundam Unicorn ini juga homage banget ke klise Gundam-gundam dahulu, ceritanya ada anak remaja yang berkekuatan terpendam secara takdir jadi pilot Gundam. Tokoh antagonis bertopeng, sampe soundtrack J-Pop yang catchy banget di telinga! Star Ring Child - Aimer kece sumpah.

MSN-06S Sinanju


Hal yang kurang dari cerita Gundam Unicorn ini adalah subplot-subplotnya. Terlalu banyak subplot dalam cerita ini sehingga mengganggu konsistensi cerita, contohnya ya subplot cinta segitiga Banagher-Audrey-Riddhe yang  serasa dipaksa banget, pace yang ga natural, dan mengecewakan. Dan jenjang waktu tunggunya yang kelewat lama! gilak. Episode 5 on air tahun 2012, episode 6 tahun 2013, dan Episode 7 terakhir baru tayang tanggal 17 Mei kemarin! sungguh penderitaan menunggu selama itu

overall, Gundam Unicorn ini adalah OVA yang pantas menyandang nama besar Gundam. Setiap episode unik dan asyik. Dan Unicorn ini yang ngebikin gue jadi hobi gunpla lagi.

(buat penonton baru, gue recommend lo nonton Mobile Suit Gundam, Mobile Suit ZZ Gundam, & Char's Counterattack dulu biar lo lebih paham backstory dari Gundam Unicorn)


0 comments:

Post a Comment