Tuesday, July 31, 2012

Twin Peaks (1990) Review


Twin Peaks adalah sebuah serial televisi yang mengudara dari 8 april 1990-10 juni 1991 dan berjumlah 30 episode,Twin peaks disutradari oleh David Lynch dan Mark Frost,seenganya bagi para penggemar film pasti pernah mendengar nama David Lynch yang terkenal dengan trilogi film absurd dia,Lost Highway,Mulholland Drive,sampai Inland Empire,apakah Twin Peaks se-absurd film2 Lynch yang sudah signature dan ciri khas dia ngebikin film dengan klimaks yang (hampir) semuanya Mindfuck?


Bercerita tentang seorang agent FBI bernama Dale Cooper yang menyelidiki kasus kematian seorang remaja perempuan bernama Laura Palmer di kota bernama Twin Peaks,Dale bersama beberapa sheriff lokal pun mulai berusaha menguak misteri dibalik kematian Laura Palmer,satu persatu misteripun mulai dibukakan,sampai pada akhirnya,sebuah rahasia besar yang bersembunyi di balik kegelapan Twin Peakspun mulai terkuak.



Awal perkenalan gw dengan twin peaks itu ya seperti biasa,imdb,hampir semua film kalo mau gw beli/donlod harus pilih bener2,kalo film yang so-so aja biasanya ya barter/pinjem,tapi kalo sampe beli/donlod harus lirik2 ratting dulu,ceritanya sekitar setaon yang lalu gw itu fanatik berat tv series The X-Files,keasikan dan kegilaan yang ada di The X-Files berhasil membuat gw jadi ketua X-Philes cabang Banjarmasin,pas ngeliat list tv series keren di imdb,gw liat nangkring Twin Peaks di posisi 1,penasaranlah seorang anak berumur 14 itu dengan tv series berjudul Twin Peaks,kemudian berangkatlah anak itu ke forum tv series kaskus,minta sedekah link donlod twin peaks dari 1-tamat,beruntungnya para penunggu itu sangat baik hati dengan anak 14 tahun yang saat itu bahkan belum ISO 2000,ikhlas diberi link donlod,timothy kecil pun berterimakasih pada para penunggu forum tv series,anak itu kemudian mulai menonton Pilot Twin peaks,mulai dari saat itu,anak itu sampai saat ini terjebak dalam dunia Twin Peaks,bahkan sampai pada saat dia menulis review ini,dia masih tersesat dalam dunia Twin Peaks.


Twin Peaks memiliki satu keunggulan yang sangat signifikan dan menjadi pembeda dari tv series lain...."karakter",Twin Peaks dipenuhi oleh karakter2 yang unik,lain dari pada yang lain,Dale Cooper contohnya,seorang agent FBI nyentrik yang sangat asik untuk dilihat performanya dan kadang memakai media supranatural untuk mecahin kasus,Log Lady,seorang ibu2 yang selalu megang batang pohon kemana2,Albert Rosenfield,seorang agent FBI yang mulutnya selalu diisi dengan trashy talking,dan masih banyak lagi,sejak gw nonton episode perdana twin peaks yang durasinya sekitaran 90 menitan,kita ngeliat porsi karakter hadir karakter yang ditampilkan benar2 beraturan dan tidak maksa nampilnya,semuanya hadir sesuai dengan time limit yang disediakan,hal yang gak gw temui di The X-Files,dimana di The X-Files,Mulder dan Scullylah karakter sentral utama,sedangkan di Twin peaks,hell yeah,seluruh warga twin peaks itu karakter sentral di film ini,semua memiliki rahasia dan cerita masing2,because in Twin Peaks,no one is innocent.


Gak cuman karakter,kita yang ngedenger nama Lynch sudah tahu "apa jenis makanan" yang acapkali Lynch masak dalam filmnya....SURREAL,Inception,Videodrome,Vertigo,Rosemary's baby,A Nightmare on elm street,adalah beberapa dari contoh film2 surreal yang membekas dan memorable,nah,se-surreal apakah Twin Peaks ini?,i'd say, every moment,every scene,every minute and every second of this movie tv show udah masuk dalam phase Surrealism tingkat paling tinggi,mulai dari tone gelap yang diatur oleh komposer gila bernama Angelo Badalamenti,Dramatisasi ke-absurdan brutal yang dihasilkan film ini,hingga efek mindfuck tergila yang gw rasain tiap di penghujung episode,Twin Peaks adalah hasil Imajinasi tergila yang pernah direalisasikan dalam media bernama "Acara Televisi"


Lynch tahu betul bagaimana caranya memanjakan para penontonnya agar mau-mau aja tersesat di dunia Twin Peaks,dan tentu saja,gw terlalu manja dan udah PW terjebak di kota kecil ini,beliau dengan hebatnya berhasil menarik titik keabsurdan film ini ke titik puncak ke absurdan level maksimum,membuat para penonton setidaknya berucap kata2 makian dan sarkastik atau malah terkagum2 akan konklusi atau beberapa petunjuk kecil yang Lynch berikan di tiap penghujung episode,karena sudah jelas,nonton Twin peaks itu ibarat mecahin puzzle,di tiap penghujung episode kita diberi 1 bagian puzzle,dan di penghujung season,puzzle kita hampir jadi,namun masih ada beberapa bagian yang hilang dan tidak terjawab,dan mungkin,lebih baik dibiarkan begitu,lebih baik tidak terjawab daripada terjawab,because sometimes the truth isn't good enough.



Twin Peaks in my opinion merupakan sebuah karya imajinasi surreal tergila dan tersakit yang pernah diciptakan oleh umat manusia,i've seen a lot lot of tv series,but i never found one like Twin Peaks,David Lynch menciptakan standart baru dalam dunia per-tvseriesan,cetakan2 baru yang terinspirasi dari Twin Peaks dan mengedepankan unsur surrealism sebut saja seperti The X-Files (sebenarnya ga terlalu sih),Lost,Fringe,Carnivale etc,akan banyak kita temui sekarang,namun satu hal yang jelas,Twin Peaks lah yang memulai itu semua,disaat gw melihat the final moment AKA:moment of the truthnya Twin Peaks AKA:Endingnya Twin Peaks AKA:scene terakhirnya Twin Peaks,gw speechless,otak gw berasa beku,setelah pengalaman sekitar 25 jam bersama Twin Peaks,tv series ini pun berakhir,gw nganga2 sambil garuk2 kepala depan laptop memikirkan pengalaman mengasikan bersama karya sakit David Lynch ini,saat roll credit berjalan,gw sadar,masih ada yang kurang,masih ada yang teringgal,masih banyak pertanyaan yang belum terjawab,gw masih belum puas,gw bingung,gw bengong,gw ngerasa ada perasaan campur aduk antara mau ngamuk sama endingnya,padahal di lain hati gw bisa bilang endingnya terlalu awesome untuk dibayangkan,saat gw nulis review ini,gw masih shock dengan ending paling mengerikan yang pernah ada,bahkan ending dari Army of Darknessnya Sam Raimi masih engga bisa menandingi kesuraman ending yang diberikan Twin Peaks,namun gw ingat kata2 seorang kasir toko komputer dikota gw:"sometimes,less is more",kadang,sedikit itu banyak,akhir kata,gw mau ngomong terima kasih ama David Lynch karena beliau memberikan pengalaman tontontan tv series berkualitas terbaik yang pernah ada,ah David Lynch,karena anda,saya bukan penggemar The X-Filesnya Chris Carter lagi dah,thx for making Twin Peaks David Lynch!!

gara-gara nonton Twin Peaks
9.0 out of 10




14 comments:

  1. Movie ini ada adaptasi Jepangnya, namanya Atami no Sousakan. Bedanya, anak yang hilang di serial Jepang ini ada 4. Ini serial juga sama gilanya sama Twin Peaks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah asik, akhirnya ada juga series yang adaptasinya mirip2 Twin Peaks, makasih rekomendasinya gan!!

      Delete
  2. Replies
    1. Ga punya gan, ane donlod kemaren dapet link dari kaskus

      Delete
  3. boleh tau link download twin peaks di kaskusnya? ada subtitle english/indonya gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Linknya udah mati mbak, soalnya gw donlod ni series 2 tahun yang lalu (desember 2011), itupun season 2nya subtitlenya ga sinkron, terpaksa pakai ilmu pendengaran tingkat tinggi. Coba donlod lewat torrent, sizenya 5 GBan tuh, kalo malas lewat torrent, coba beli ama mas kaskus ini: http://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000006124213/nostalgia-time-friday-the-13th-friends-knight-rider-macgyver-the-x-files-dll/ gw biasa beli series bagus sama dia, in case kalo gw malas download dan inet gw kecepatannya kayak Honda 70, happy watching!

      Delete
    2. oalaah, soalnya udah pernah nonton sampe tamat di tubeplus cuman karena gaada subtitle jadi mau nyari tempat lain yg ada subtitlenya, biar lebih ngerti aja ama ceritanya. thanks btw!

      Delete
    3. Terharu saya, ternyata masih ada yang suka sama Twin Peaks di Indonesia, huhuhu *ngusap ingus*

      Delete
  4. Tontonan gue jaman SD. Suka banget sama Dale Cooper. Mungkin gara-gara kepengaruh itu, selalu nyantolnya sama cowok yang cerdas tapi absurd.

    ReplyDelete
    Replies
    1. koq sama kita y mbak Vickidewi, nonton pas SD gr2 naksir Dale Cooper yg ganteng eh gw dpt suami cerdas n ga jelas alias absurd tp koq sayangnya ga seganteng Dale Cooper haha

      Delete
  5. gile...ini dia yang qu cari...dulu waktu masih sekolah bela2in pas mau bubaran kelas dah siap2 kabur...sampe rumah tetep aj uma nonton separo, klo gak salah diputer di TVRI 2 tiap selasa sore deh, btw link kaskus yang jual film serial twin peaksnya masih punya stok filmnya gak ya?

    ReplyDelete
  6. akhirnya dah dapet dari agan di kaskus (di bandung) tinggal mau nyari subtitle bahasa indonesianya ....

    atow kira2 kalo file srt englishnya di extract trus di terjemah pake goole translate ke bahasa indonesia mungkin bisa nih ....

    tapi kalo ada yang punya link subtitle serial tv dan film bioskopnya itu lbh oke lagi

    ReplyDelete
  7. wah sebagai penggila film mindfuck dan penjual koleksi film mindfuck terlengkap di kaskus, sy belum pernah nonton nih, padahal semua film david lynch sudah di babat semua. coba ah nanti nonton soalnya ini serial tv ya gan.
    TS ane rekues donk bahas 2001 space time odyssey sama the quiet earth
    buat penggila film mindfuck mampir dilapak ane ya
    http://www.kaskus.co.id/thread/50854b322675b4d719000030/jual-divx-koleksi-movies-film-psycho-mindfuck-plot-twist-teks-indonesia/

    ReplyDelete