Thursday, December 13, 2012

5 cm. (2012) Review




tanggal cantik 12-12-12 biasanya identik dengan kondangan, atau romansa remaja yang mengharapkan sesuatu yang spesial di 12-12-12. Namun hari itu juga tanggal rilis film Ambisius yang berusaha mengambil untung hari orang nikah sedunia is none other than 5cm.


so let me get this straight..
hari ini tanggal 12-12-12 (tanggal spesial yang hanya sekali terjadi dalam 100 tahun, baru akan terjadi lagi tahun 2112 nanti) gue punya rencana spesial. yup! gue mau nembak cewe hari ini! tapi ga jadi. kejadiannya bisa gue visualisasikan dalam komik berikut.



intinya gue ga berani ungkapin perasaan gue karena takut di "FRIENDZONE" lagi.     

okay-okay enough about me, lanjut!
karena galau, dan bingung mau ngapain. gua cek twitter. kebetulan saat itu gua baca Tweet dari Pevita Pearce (@pevpearce) kalo 5cm rilis serentak di tanah air. Then Curiosity hit me. lalu gue buka youtube dan gue liat trailer 5cm, sebelum nonton trailernya aja gue udah bingung, ini film apa sih?!?! kenapa castingnya random sekali?! Ada Denny Sumargo (yang sampe sekarang gue ga paham, sebetulnya dia itu pemain basket atau selebritis sih?!), Igor Saykoji (Rapper yang agak sedikit gemuk), ada Fedi Nuril (Ayat-Ayat Cinta, Janji Joni, Mengejar Matahari), Pevita Pearce (Rasa, Lost in Love, Sanubari Jakarta), Raline Shah (Kalo ini Finalis Puteri Indonesia yang tampil di banyak iklan dan berprofesi sebagai aktris), dan Herjunot Ali (yang entah kenapa setiap gue lihat dia kok terpikir Cakra Khan, dan otomatis terpikir juga lagu ngehit-nya "Harus Terpisah" saking seringnya lagu itu diputar, gue yang bergenre Post-Hardcore jadi hapal sama lirik lagunya; ~Ku Berlari Kau Terdiam. Ku Menangis Kau Tersenyum~ mungkin karena rambutnya, jadi setiap gua liat mas Herjunot Ali, terngiang lirik lagu Harus Terpisah). Trailernya bikin gua penasaran sekali. Casting random, Trailer gokil, sebetulnya film apa ini?!  (serius gue sama sekali ga tau apa hubungan 5 centimeter dengan manjat gunung.)


setelah nonton trailer filmnya, gue bayangkan para aktor dengan imej yang sudah melekat di otak gue.


Intinya di hari spesial 12-12-12 gua rayakan dengan nonton 5 cm.



Film ini bercerita tentang 6 sosok yang jadi pusat perhatian;
~Zafran - Seniman, Naksir adeknya Arial, si Dinda.
~Genta - Eksekutif, Naksir si temen dekatnya si Riani.
~Ian - Mahasiswa, Suka bokep & Happy Salma.
~Riani - Satu Satunya cewe dalam gerombolan.
~Arial - Pria Paling Macho tapi paling malu-malu kucing.
~Arinda - Adeknya Arial, Sering pake G-String.
Mereka berenam akan mendaki gunung Mahameru dalam sebuah petualangan yang akan mengungkap kisah cinta dan konflik diantara mereka.

yang paling mirip dengan illustrasi yah si Igor.
Genta, Arial, Zafran, Riani dan Ian adalah lima remaja yang telah menjalin persahabatan belasan tahun lamanya. Suatu hari mereka berlima merasa “jenuh” dengan persahabatan mereka dan akhirnya kelimanya memutuskan untuk berpisah, tidak saling berkomunikasi satu sama lain selama tiga bulan lamanya.

Selama tiga bulan berpisah penuh kerinduan, banyak yang terjadi dalam kehidupan mereka berlima, sesuatu yang mengubah diri mereka masing-masing untuk  lebih baik dalam menjalani kehidupan. Setelah tiga bulan berselang mereka berlimapun bertemu kembali dan merayakan pertemuan mereka dengan sebuah perjalanan penuh impian dan tantangan.
http://1cak.com/97222


Sebuah perjalanan hati demi  mengibarkan sang saka merah putih di puncak tertinggi Jawa pada tanggal 17 Agustus. Sebuah perjalanan penuh perjuangan yang membuat mereka semakin mencintai Indonesia.

Sebuah perjuangan atas impian, perjalanan hati yang merubah hidup mereka untuk selamanya

 ini copas dari Blog ini, diakrenakan gue malas nulis sinopsis. mohon maklum ya~


Film yang diadaptasi dari  Novel 5 cm berkisah tentang 5 orang sahabat dan 2 cinta diatas puncak gunung tertinggi di pulau jawa.

The Review:
Bila disimpulkan, berarti Selama 126 menit gue menonton Dokumentari perjalanan hidup 5 orang asing. Dengan premis begitu, membuat kita berfikir "untuk apa kita buang uang nonton film dokumentari perjalanan orang yang ga kita kenal?" eits! ntar dulu. selama 126 menit ini ditunjukan sebuah Masterclass of Indonesian Moviemaking (i do not understand anything i wrote)


Film garapan sutradara tangan dingin Rizal Mantovani ini menampilkan cerita dari sudut pandang 5 karakter berbeda dan sebisa mugkin membagi jam tayang dengan rata. (yah walaupun karakter si Herjunot Ali lebih dapat jam tayang yang lebih tinggi) dengan demikian para pemirsa tidak merasa jenuh karena bisa memilih sudut pandang mana yang sesuai dengan mereka. Ambil contoh teman nontonku Ilham, dia paham banget sama si Ian karena hidupnya nyaris mirip sama hidup si Ian (Si Ilham tuh Mancunian). Sementara gue sendiri lebih paham sama si Farzan, karena cenderung sifat dan watak gue agak mirip-mirip dia dikit. Mas Herjunot Ali, Penampilan anda brilian, Farzan merupakan inspirasi bagi gue, dan gue mulai ngefans sama abang Ali yang selalu mengingatkan gue sama Cakra Khan.

Raline Shah, dan Pevita Pearce dengan sempurna menampilkan para karakter perempuan yang harus diakui, rasanya kok film ini minim sisi perempuannya yah? tapi Raline Shah sama Pevita Pearce sudah bisa membungkam kritikanku pada masalah ini. 



Gue suka dengan perkembangan cerita di film ini. awal-awalnya ringan, penuh canda tawa, kita mulai diperkenalkan pada karakter, bagaimana sifat-sifat mereka, apa cerita mereka masing masing. lalu saat mereka digabungkan, Penonton sudah merasa akrab dengan karakter, sehingga pada saat pendakian, penonton juga tau apa kelebihan, dan kekurangan masing-masing karakter. (ambil contoh Ian yang suka bokep dan Happy Salma)

Take gambar adegan Pemandangan alam diiringi musik orchestra terasa seperti nonton Discovery Channel, atau National Geographic Channel dalam bioskop. oh ya! Soundtrack juga jadi salah-satu keunggulan 5 cm. Nidji yang mengiringi film membuat semua terasa 100% lebih epic. (apalagi Nidji salah satu band favorit gue di tanah air.)

mungkin satu-satunya kekurangan dari film ini adalah durasi, 126 menit nonton 6 orang manjat gunung cenderung membuat bosan. Tapi hal ini musti kita hargai karena ngga gampang manjat gunung tertinggi di pulau Jawa. (Gue bayangkan kalo 6 aktor tuh manjat gunung, berarti seluruh cast&crew serta sutradara dan kameramen juga ikutan manjat Mahameru. Yang pasti ngga gampang kan manjat guung sambil bikin film.)

Tapi keunggulan yang menurut gue paling hebat adalah Plot Twist di akhir-akhir cerita yang cukup bikin mulut gue melongo. Diakhir cerita tiba tiba berubah 180 derajat dan penonton diguyur dengan revelation yang mengagetkan! Ah Plot Twists. i love those.


yang sudah nonton pasti mengerti.




jadi hal yang gue bilang diawal soal 126 menit dokumenter orang asing? well tonton dulu lah, karena film ini tentang Friendship, Love, and Dreams. jangan percaya tulisanku. tapi percaya pada 5 cm di keningmu.




9 comments:

  1. cuma mau koreksi dikit bang itu Herjunot Ali berperan sebagai Zafran (Juple) bukan Farzan hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf ya gan, yang tukang nulis review nilai UAS nya banyak yang engga tuntas, makanya nama orang sampe salah letak hurufnya, maaf yak, entar pas dia selesai remed, dia ganti, itu kalau dia lulus ya, kalau....

      Delete
  2. itu kok foto Herjunot Ali malah foto nya Cakra Kan gaan??? paraaahh :D

    ReplyDelete
  3. gan, ane mau bikin riview text nih, about film inih. tolong dong, ane mohon. itu bagian akhir, yg WOW bgt itu gmana sumpah ga ngerti, ga nton soalnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ane sebenarnya pengen ngebantuin gan, cuman ane bingung, yang WOW itu bagian mananya gan? bingung ane gan

      Delete
  4. haha,, pertama ane nonton kirain si zafran berperan jadi banci gan soalnya ane nonton gamparnya aja g denger suara wkwkkwwk

    ReplyDelete
  5. 1 kata untuk film ini...KERENN!!epic bgt dah ni film...

    INDONESIA ...aku padamu :cry

    ReplyDelete