Tuesday, December 25, 2012

Ngalur-Ngidul OOT Gadungan Vol.7: 10 Film Natal Yang Harus Kamu Tonton Sebelum Kamu Mati.

Kadang gw iri sama  Amerika, Russia, Inggirs, dan negara yang ceweknya cantik2 semua, baik yang rambut ceweknya blonde maupun yang brunette.  Setiap tahun mereka ngerayain natal, dan perayaan natalnya ini bener2 membuat lu yang tinggal di Indo bakalan iri sama atmosfer yang mereka rasain disana, natal disana ada saljunya, ada sinter klas gadungannya, ada cerobong asapnya, dan yang jelas, pasti ada ayam kalkunnya, kemudian coba lo bandingin ama natal di Indo, boro2 salju, disini bukannya Salju yang, lu rasain malah panas, sinter klas? bitch please, mana ada yang mau jadi sinter klas gadungan di indo, cerobong asap? per kapan rumah orang Indo ada cerobong asapnya, ayam kalkun? tiap tahun di rumah gw malah ngebikin soto banjar lagi, enak sih enak, tapi lama2 jenuh juga men ama soto emak gw, rasanya itu enak, pas gw masih umur 7 tahun, pas udah umur 15 begini mah, udah kayak makan air kobokan, no offense mah kalo situ ngebaca, tapi itu emang kenyataanya :P  Dan kali ini mumpung lagi momen2nya natal, saatnya ngeranked 10 film natal yang harus lu tonton pas lagi musim2 libur natal begini, kan ga ngepas momennya kalo pas natal lu malah nonton Pulp Fiction, ga sinkron ama aura natal kali, palingan muka si Jules Winnfield yang mirip ama piet hitam.





10. Pintu Terlarang (2009)


That gruesome christmas dinner scene lah yang membuat Pintu Terlarang nyempil di urutan 10, sebenarnya Pintu Terlarang bukan film natal sih, tapi Pintu Terlarang itu film thriller bikinan anak bangsa dan langsung membuat gw jadi fans nya Joko Anwar.  Pintu Terlarang itu kayak Mulholland Dr versi enak dan gampang di cerna, i'm not saying this movie is a some kind of rip-off film2nya David Lynch, cuman gaya2 atmosfer serta visualisasi yang ada di PinTer itu bener2 berasa weird banget, aneh, tapi nyata.  Indah, tapi gila.  Bagus, tapi sakit, dan yang membuat klimaks film ini berasa adalah adegan makan malam pas natal, itu scene bener2 brutal dan sakit, yang gw ingat bukannya akting Fachri Albar yang outstanding, tapi perkataan bokap gw yang ngomong: "Percepat adegannya mot, percepat...:"

PS: kalo lu perhatikan lebih jelas, ntar ada Shot Homage dari Pintu Terlarang buat film nya David Lynch yang Blue Velvet, coba deh nonton lagi, Pintu Terlarang itu punya banyak banget simbolisasi dan subliminial message yang absurd, ciyus.


9. Jingle All The Way (1996)


Yang bilang ini film jeleknya minta ampun, gw cuman bisa ini film ga sebegitu parahnya kali, ok, harus gw akui kalo jingle all the way itu predictable, cheesy, murahan, dan cuman film2 B yang harusnya dijadiin TV Movie. tapi buat gw, Jingle All The Way itu punya kesan natal tersendiri bagi anak berumur 8 tahun kebawah, coba lu inget2 lagi buat yang pernah nonton ini pas masih kecil, gimana sih reaksi lu pas ngeliat si Arnold make kostum Turbo-Man dan terbang morat-marit kesana-kemari, Kamen Rider Decade mah kalah ama Turbo-Man.  Kita yang masih kecil2 bakal ngeliat perjuangan seorang bapak nyari mainan Turbo-Man buat anaknya, di film ini untuk pertama kalinya, gw diperkenalkan sama film yang nyeritain bahwa nyari mainan macam Turbo-Man itu susahnya setengah mati.  Then, the moment yang feels good itu pas si Arnold yang berpakaian Turbo-Man nunjuk anaknya buat naik ke atas panggung berjalan, dan membuat gw beranda-andai ah, seandainya gw jadi Jamie, gw pasti bakalan jadi anak terberuntung dan paling bahagia di dunia, sayang, ini cuman film, dan ujung2nya si Arnold ngaku kalau dia pernah selingkuh, end of day.


8. Mickey's Twice Upon a Christmas (2004)


Salah satu film animasi natal paling asik dan asoy buat ditonton kapanpun dan dimana pun, ceritanya itu unyu, simpel, berkesan, dan make sense buat anak2 yang masih belum bisa membaca sekalipun. Buat anak umur 7 tahun macam gw jaman dulu, nonton Mickey's Twice Upon A Christmas itu feelnya bener2 gokil dan mantap abis, lu bakalan disodorin mulai dari cerita si Mini Tikus ama Desi Bebek nge ice-skating random2 labil, ,kemudian si Max-Goof yang udah dewasa dan punya pacar tapi digangguin melulu ama si Goofy, terus si kwik-kwek-kwak yang menyusup ke markas besar Sinter klas, lalu ada si Mickey yang mau mempersiapkan natal, but above from all, dari semua cerita pendek yang disodorin, cuman cerita si Donal yang "Donald's Gift"  yang IMO, merupakan cerita yang paling menonjol dari semua cerita yang ada di sini, Mickey Twice Upon itu ajaib, ajaib karena sampai sekarang gw masih ngerasain perasaan anxiety dan nausea tiap kali mendengar lagu pengiring credit title film ini. A must watch buat kamu yang bingung pengen nonton film animasi bertema natal.


7. Home Alone 2: Lost in New York (1992)


Natal tanpa Home Alone 2 itu ibarat kayak lu main sepak bola tanpa sepatu, sakit rasanya tanpa kehadiran petualangan Macaulay Culkin yang menjebak penjahat di Big Apple.  Siaran TV lokal kita ini ternyata masih berbaik hati mau muterin film legenda ini.  Home Alone 2 itu epic, ga cuman epic, Home Alone 2 keren dan psycho, psycho karena ngajarin anak2 untuk melakukan hal yang engga2, ada yang inget pas si Macaulay ngelemparin batu bata dari atas gedung ke kepala penjahat, di situ penjahatnya cuman pura2 teler doang, tapi kalo diterapin di dunia nyata, itu orang yang lu jedotin pake batu bata bakal mati/geger otak, dan lu bakalan dijeblosin ke penjara karena ngebunuh orang, iya gak? iyalah.


6. The Holiday (2006)

Natal tanpa The Holiday nya Nancy Meyers itu kayak elu pergi ke restoran tapi gak bawa dompet, aneh aja rasanya kalau natal2 begini  engga nonton film romance paling damai yang ngepas momennya ama momentum natal.  Film2 romance beginian emang klise dan kadang gak terlalu awesome kalo harus ditanding ama Punch-Drunk Love Paul Thomas Anderson atau sebangsanya, tapi kalo udah mau masuk musim natal, The Holiday itu wajib tonton, apalagi disini ada penampakan si Tuco dari The Good, The Bad, and The Ugly,which is, a must watch buat kamu yang menyukai Spagetti Western dan menggemari karakter Tuco *eh* *ga nyambung*



5. The Nightmare Before Christmas (1993)

Sebenarnya judul yang tepat buat film ini bukanlah 'The Nightmare Before Christmas' tapi yang lebih ngepas itu ya 'The Nightmare Before Malam Jum'at Kliwon' atau 'The Nightmare Before Malam Satu Suro' karena di  karya gelap Tim Burton ini, lu gak bakalan ngerasain yang namanya atmosfer aura natal yang bener2 indah dan damai, disini malahan lu bakal disodorin ama adegan2 yang lumayan bikin elu lupa dimana enaknya rasa semangkok Bakso Sapi Campur.  Tim Burton merombak apa itu sebuah 'Natal' yang terpaku di mindset kita selama ini, kalau Natal itu selalu identik dengan 'Merah', 'Damai', 'Menyenangkan', 'hangat', maka di The Nightmare Before Christmas, natal itu  juga bisa gelap, chaos, annoying, dingin, menjijikan, dan disturbing


4. Die Hard (1988)

yippee ki yay motherfuker!! kalimat umpatan John Mcclane pas merusuh ama teroris di Nakatomi Plaza itu emang memorable dan classic quote yang akan terus melekat dalam otak para penontonnya.  Akan jadi sebuah blasphemy yang tak terukur kalo sampe gw gak masukin Die Hard ke daftar film hari natal ini. Die Hard itu actionnya bener2 action, bapaknya film Action, dan merupakan film action ter-action yang pernah ditonton umat manusia, coba lu pikir, tahun 80an mana ada film yang gilanya sebombastis Die Hard. A must watch buat kamu yang mau nonton film action dan ada unsur natalnya, merry christmas mother russia!!



3. The Goonies (1985)

Kalo ngedenger nama Josh Brollin, film dia yang masuk ke dalam otak gw untuk pertama kalinya ya The Goonies, bukan No Country For Old Men, dan The Goonies itu merupakan film adventure-comedy untuk anak2 yang paling imajinatif dan keren.  Memang sih, The Goonies itu ga ada unsur2 natalnya, tapi kalo musim lagi musim liburan gini, The Goonies itu merupakan sebuah karya liar yang menghancurkan batas imajinasi kita, lu nyari adventure, ada, lu nyari comedy, ada, lu nyari peta harta karun, ada, semua yang lu impikan sebagai anak umur 12 tahun kebawah semuanya ada di sini, gw nontonnya pas natal 2005 kalo ga salah, dan The Goonies berhasil merebut hati gw sekaligus membuat gw menjadikannya sebagai salah 1 Childhood Film favorite gw, sebuah pengalaman nonton film di hari natal yang luar biasa awesome!


2. Home Alone (1990)

Hari natal tanpa Home Alone, Macaulay Culkin, Joe pesci, dan Daniel Stern, itu sama kayak nonton The Dark Knight tanpa suara, udah itu aja.


1. It's A Wonderful Life (1946)

Pas tidur gw bakal di satronin ama hantu James Stewart kalo sampe gak masukin It's A Wonderful Life ke list ini.  It's A Wonderful Life itu bukan cuman film natal terbaik, tapi juga termasuk sebagai salah satu film terbaik yang pernah dibikin ama umat manusia. Gaya penyutradaraan yang kelam tapi fun oleh Frank Capra  emang amazing gila, performa gemilang dari James Stewart yang outstanding dan layak diberi applause gara2 mimik mukanya menampakan muka ingin di kasihani bener2 dewo, dan what-if-scenario gimana kalo gini-gini-gini dan gimana kalo  gini-gini-gini bener2 mindfuck. It's A Wonderful Life itu gak cuman balikin semangat natal lu, tapi juga ngebikin semangat hidup lu balik lagi, kalo lu lagi ngerasa down dan lu ngerasa lu lagi jadi manusia paling hina di muka bumi ini, coba deh nonton film ini. It's A Wonderful Life bakalan nge-teach lu family-value yang luar biasa, amazingly inspiring, ngeberi lu pelajaran hidup bahwa gak ada manusia yang gagal selama dia masih punya teman. Kalo lu belum pernah nonton film ini, segera tonton lah, dan apa yang akan lo rasain setelah nonton film ini bakalan sama kayak judul filmnya sendiri, It's A Wonderful life.



Kayaknya lagu ini ngepas deh buat mengakhiri tulisan ini, lagunya Josh Kelley yang dijadiin credit title buat film Mickey Twice Upon A Christmas, yang gw bilang ngebikin gw kena nausea dan anxiety luar biasa, diputer ya, jgn engga, udah cape gw nongolin videonya, hehehe, Selamat Hari Natal dan Tahun Baru ya.



A.R Interrupt.

i simply mean no offense to listing mbahdarmoOoO diatas,
listing diatas udah bagus, itu pendapat si mbahdarmoOoO.
tapi akan lebih simple if you simply read my simple interrupt.

ah, sudah sekian lama A.R ga interupsi. Listing diatas itu adalah film film favorit natal mbahdarmoOoO, kalo menurut gue, Film Natal harus bisa merelasikan Natal itu sendiri. Selepas Natal yang merupakan hari besar umat Kristiani, Natal juga di rayakan oleh kaum non-Kristen bahkan Agnostic sekalipun. Diluar konteks religi, Festival musim dingin serupa dirayakan oleh umat manusia Sebelum Masehi (jauh sebelum Agama Kristiani ada) namun tujuan gue bukannya jadi sok "FYI" tapi ingin menunjukan bahwa Natal itu tidak semata dirayakan oleh umat Kristiani saja, Natal itu Universal dan patut dirayakan oleh semua orang. Banyak Nilai yang bisa diambil dari Perayaan Natal, Menghabiskan Waktu bersama keluarga, Saling memberi dan mengasihi sesama, Kesimpulannya Natal itu adalah saat-saat yang membahagiakan bagi semua orang. Dan tidak ada lagi film Natal Yang benar-benar menunjukan inti Natal itu sendiri selain film ini




ini adalah adaptasi Novel "A Christmas Carol" dari Charles Dickens yang terbaik. Menceritakan kehidupan seorang Ebenezer Scrooge. Penuh Moral baik dan Cerita yang ramah bagi keluarga di musim liburan ini. 

"You Simply have to Watch This Movie Every Christmas Holiday"

(oyah nonton yang versi manapun gapapa ko semua adaptasi dari Novel Charles Dickens Juga. tapi lebih baik nonton yang versi tahun 1951, karena iulah yang terbaik.)


mbAhdArmoOoO Interrupt.


Kayaknya lu masih belum paham maksud gw, 10 film ini seenganya merupakan ranked list lengkap, karena penonton ga bisa rely ke 1 typical genre christmas movie doang, Christmas Carol itu IMO cuman nampilin kemarukan dan kekikiran seorang Ebenezer Scrooge, didatengin hantu, ujung2nya tobat, gitu doang, pesan moralnya dapet, tapi apakah lu bakalan puas kalo cuman 1 film doang yang lu tonton pas natal, apakah lu bakalan puas dengan pesan moral yang begitu aja? let say tiap tahun di bulan desember, lu cuman nonton A Christmas Carol, itu doang, kgk ada yang lain, gimana ga bosen ntuh?  10 Film yang gw tulis itu mewakili mood2 orang nonton film natal, Pintu Terlarang mewakili natal yang sadistik dan sebuah karya brutalitas penuh darah. Jingle All The Way tells a story seorang bapa yang sayang sama anak. Mickey Twice Upon itu animated-movie yang bakal balikin mood natal lewat iringan2 lagu2 natalnya yang crunchy, Home Alone dan Home Alone 2 itu makanan wajib pas natal, The Holiday itu romance di hari natal yang manis dan tentram, The Goonies itu personal choice gw, Die Hard itu Christmas-Packed-With-Action-Movie, dan It's A Wonderful Life itu film yang adorable, absorbing, dan sebuah film yang penuh dengan harapan dan makna kehidupan.  Gw ga bilang A Christmas Carol jelek, gw cuman bingung aja ama lu yang interupt ga jelas begini, dan mendadak membuat gw ngerasa gw pointless aja nulis beginian.  One does not simply? kalo gitu kenapa lu ga interrupt gw di 13 film Hitchcock kemarin? interupt: ONE DOES NOT SIMPLY WATCH ALL 13 HITCHCOCK FILMS. wekekekekekek.





Another A.R Interrupt.



PFFFT!! HARI GINI MASIH AJA JADIKAN IMDB SEBAGAI BAROMETER! (lagian tuh list sepertinya repost dari ini http://www.imdb.com/list/79BiO1vInwk/ cuma urutannya aja yang diubah) Kan IMDB tuh cuman aggregator review seperti rotten tomatoes! (Jadi orang orang login dan beri skor film ituh trus dikasi rata rata skor dari beberapa review. ex: ada 10 orang review Inception ngasih nilai 8.0 yah ditampilkan di IMDB sebagai segitu. jadi otomatis gue ga bisa  percaya IMDB yang berisi review-review mainstream.

Lagian kan ituh udah ditulis "Film yang menunjukan nilai Natal" nah maksud gua tuh bukannya ranked list lengkap sesuai genre. Gue pilih film yang Sesuai dengan Natal. Tuh film yang menunjukan Nilai Natal saat hari Natal yang pas untuk keluarga.

One Does Not Simply maksudnya yah kan ga gampang disuruh nonton 10 film sekaligus. Lebih Simple kalo cuman 1 film aja. Film natal yang sesuai dengan tema natal itu sendiri. (Lagian gimana kalo orang sekarat. akan lebih simple kalo orang sekarat itu nonton 1 film aja. kalo dipaksa nonton 10 film nanti bisa-bisa dia tewas pas film ke 7.)




ngapain gue interupsi top 13 film Alfred Hitchcock? orang udah bagus kok. ga ada yang perlu ditambah. *Are You Fu#king Kidding me Face* (males pasang fotonya)



Another mbAhdArmoOoO Interrupt.

Akan sangat stupid sekali kalau sampai seseorang kayak lu ga bisa ngebedain mana screenshot dari IMDB, dan mana screenshot dari AFI.  Just FYI again gw ga pernah menjadikan IMDB sebagai barometer, i must admit kalau lewat IMDB gw bisa ngeliat rekomendasi film, IMDB itu popularitas movienya, Inception tinggi karena mainstream, but this is AFI cuy, yang lu bangga2in dulu, inget gak pas lu muja2 Citizen Kane cuman gegara dia nangkring di posisi 1 AFI 100, ujung2nya kita bedua nonton Citizen Kane ketiduran. Dan ini gw ga repost dari IMDB, 10 film yang gw sebutin itu udah pernah gw tonton semua, gw ga berani masukin Love Actually, Pollar Expres, etc cz gw belum nonton film2 itu, dimana lagi coba ada list film natal yang ngejejelin Pintu Terlarang sama The Goonies, entah lu sirik ato gimana, cuman dengan ngomong A Christmas Carol itu film yang harus ditonton daripada 10 film yang gw sebutin itu seakan2 menjudge bahwa 10 film itu tidak lebih baik dibanding A Christmas Carol, pertanyaanya, sudah ga lu nonton SEMUA film yang gw sebutin diatas? kalo belum? watch them, baru lu bisa mati dengan tenang, kayak buku 1001 Movies You Must See Before You Die, isinya rekomendasi film yang bagus, bukan maksa orang nonton film, itupun juga siapa sih manusia yang belum nonton Home Alone, Die Hard, Jingle All The Way, The Holliday, itu film mainstream semua, yang belum ditonton palingan cuman It's A Wonderful Life ama Mickey Twice doang, dan gw masih ketawa karena





Another A.R Interrupt.


HAYO! CHUCK NORRIS APPROVES ME!
BISA APA LOE?!

0 comments:

Post a Comment