Friday, January 4, 2013

Dead Mine (2012) Review.


A few weeks ago, gw lagi tepar di sofa ruang keluarga habis ngebantuin emak gw beres2 buat persiapan natal, you know lah apa aja yang gw kerjain, ngias pohon natal (sebenarnya cuman ngeluarin dari gudang, yang ngias emak gw), beli soft drink (dude, kenapa tiap kali ada acara ginian minumannya soft drink melulu) jadi tester makanan buat soto emak gw udah layak makan apa belum (dude, kenapa tiap ada acara ginian makanannya soto melulu)  And then, gw yang lagi, atau bisa dikatakan, benar2 teler ngidupin tv buat ngeliat masih ada kagak acara yang masih bisa gw tonton, then gw ngeliat ada si Joe Taslim yang jadi bintang tamu di Hitam Putih.  Di Hitam Putih, Joe Taslim ga cuman curhat segala macem, dia juga sekaligus mempromosikan film baru yang dia bintangi berjudul Dead Mine yang trailernya bener2 berasa kayak The Raid.  Dan ga sampe disitu, fellow castnya juga keren2, ada Mike Lewis, Ario Bayu, even Bang Tigor from Ikatan suami-suami takut istri pun turut hadir dalam film garapan Seteven Sheil ini.  Pas ngeliat trailernya tuh, for some reason gw ngerasa ada aura2 The Raidnya di film ini, kenapa? karena kehadiran Joe Taslim serta teknik Low-Key Lightning di Dead Mine itu ngebikin gw deja-vu banget sama The Raid yang rilis bulan maret lalu.  Apakah ekspektasi gw berhasil terpenuhi oleh film ini? Let's check it out!  *pamer habis belajar bahasa inggis*





Sepertinya lagu ini pas untuk Dead Mine


Price (Tes Loveday), bersama rekan2nya, Stanley (Sam Hazeldine), Rie (Miki Mizuno) pacar Price (Carmen Soo) pergi untuk mengeksplorasi peninggalan jepang di suatu daerah di Indonesia.  Mereka pun ditemani oleh Kapten Tino Prawa (Ario Bayu), Djoko (Joe Taslim), Ario (Mike Lewis), dan Sersan Papa Ular (Bang Tigor, gila namanya epik sekale Papa Ular) untuk melindungi Price DKK dari perompak.  Ditengah perjalanan, Price beserta rombongan kapten Tino diserang oleh sekelompok perompak, di kepung dari berbagai arah, mau tidak mau mereka pun terpaksa lari dan masuk kedalam bunker persembunyian tentara jepang daris serbuan para perompak random. Tapi sebenarnya mereka tidak tahu, bahwa apa yang menanti mereka di dalam sana jauh lebih berbahaya daripada menghadapai para perompak yang menyerang mereka.


Klise, Klise, Klise, Klise,dan Klise, kalimat itu terus berbunyi dalam otak gw selama awal2 Dead Mine diputar. Gimana engga klise? Ekspektasi gw yang mengharapkan Dead Mine sebagai sebuah film action-thriller sekelas The Raid atau pure psycho-thriller macam Modus Anomali ternyata berbuah kekecewaan. Pasalnya gini, Dead Mine itu sejak awal mencoba memberikan suatu cerita yang maunya misterius dan maunya bikin perasaan penasaran kita naik, sayangnya, bukannya bikin gw tegang ato bikin gw penasaran, yang ada malah Dead Mine succesfully gagal dalam story-telling dan visualisasinya sendiri karena gw udah dibikin jenuh sama dialog2 murahan dan cheesy pada saat perkenalan karakter Dead Mine dimulai.  Murahan? bayangin gini deh, elu yang udah siap2 pengen nonton film horror-thriller yang ngebikin lu kaget, takut, or even bikin lu tegang gak bakalan deh lu dapetin  di Dead Mine, introduction karakter di Dead Mine itu puaaanjang dan boring abis, hampir setengah jam Dead Mine itu bukannya di isi dengan ketegangan tiada tara macam survival horror lainnya, yang ada lu malah di treat ama si Steven Sher sebagai seorang temen curhat. Dead Mine itu diisi oleh curahan hati para karakter yang isi conversationnya gak membangun and makes you guys feels like an idiot yang mau2 aja ngederin ocehan mereka yang terlalu basi.

Deja Vu Saudara2?

Saat para manusia2 malang ini memasuki tempat misterius itu lebih dalam dan dalam lagi, gw yang udah dibikin mabuk selama setengah jam film ini jalan, gw sempat berpikir bahwa seenganya, mungkin gw akan dikejutkan sama scene yang mungkin bakalan ngebikin gw mindfuck ato twist2 kecil yang unpredictable, tetapi sayang sekali, bukannya makin lama makin bagus, Dead Mine itu makin lama durasi filmnya jalan malah makin jelek, bodoh, dan annoying, gw ga habis pikir kenapa trailer Dead Mine yang sedemikian catchy itu ternyata hasilnya malah jadi tragis begini, storynya boring abis, penempatan twistnya itu ga teratur, malah sebenarnya menurut gw Dead Mine itu ga ada twistnya. Horor, horor apaan? gw nonton udah geleng2 kepala sambil beberapa kali facepalm diri sendiri kayak Agent Dale Cooper dari Twin Peaks pas ngeliat ketololan cerita di Dead Mine serta senyum2 sinis ala Agent Fox Mulder dari The X-Files ngeliat plot hole yang udah ga bisa di tolerir lagi.


Bukannya gw ga menghargai film yang ada orang Indonesianya, Akting Ario Bayu, Sam Hazeldine, Joe Taslim, dan lain2 itu semuanya keren banget, bahkan Bang Tigor sendiri sukses dalam memberikan performa yang layaknya serdadu ato tentara asli, cuman Mike Lewis aja yang IMO kurang banget dia mainnya disini, para aktor/aktris disini ga salah, yang salah tuh si tukang bikin screenplay, ga percaya? tonton deh filmnya, then lu bakal realize apa yang gw maksudkan. Dan oh iya, ngomongin masalah spotlite, selain Ario Bayu yang selalu memberikan performanya yang outstanding, Bang Tigor juga berhasil memberikan performanya sebagai one-liners yang actually, bener2 bikin gw ngikik, walopun mukanya tuh udah nunjukin kesan2 sangar , tapi aura lucu bang Tigor itu tak terbendungkan, nah, ini dia semua kalimat Bang Tigor yang gw inget pas nonton Dead Mine, kalo ada yang kurang ntar komen ya dibawah, biar gw tambahin, kali aja gw kelupaan:

Ini rasanya dia ngomong 3 kali ke si Ario bayu.

Sumpah, gw ngakak banget pas dia ngomong Are you okay, Are you okay yang dilontarkan Bang Tigor tuh logat dan nada suaranya bener2 berusaha nunjukin bahwa si Sersan papa ular ini bener2 care sama si korban, damn!


Entah gw salah denger ato apa, tapi rasanya si Tigor ada deh ngomong begini, each time gw nonton film, kalimat You bastard, ato die you bastard itu udah sering kedengeran, tapi Si Bastard? well, Si Bastard itu unik dan ga mainstream.
 SI BASTARD!



Ketawa bang Tigor tuh ibarat lu ngedenger ketawa Tim Robbins yang berhasil lolos dari penjara di film The Shawnsank Redemption, bicara ketawa, gw entah berapa kali ngikik2 ngeliat seorang anak kecil umur 6 tahunan yang ketakutan pas nonton Dead Mine di depan kursi gw duduk, emaknya annoying banget, pas nonton Dead Mine dia malah langsung live comment di depan gw bilang ini-itu ini-itu, si Patrick yang ngebayarin gw nonton Dead Mine  entah berapa kali bilang ssssttt ke itu orang, tapi si emak tetap tak mengindahkan, btw kalo gw inget si anak ngomong begini:

"MAAK, TAKUT MAA, FILMNYA KADA RAMI MAA, BULIKAN JA SI MAA!!"
Translate: Maah, takut mah, filmnya ga rame mah, ayo pulang aja kita mah~~

"MA, MAUK MAMA NIH, AYO KITA PULANG JA SUDAH NAH!!"
Translate: Mah, don't be such an asshole mah, ayo kita pulang mah

" SETAN, SETAAAAAAN!!!"
Translate: udahlah, ini juga pada tau kan apa artinya, pas ini anak teriak Setan, kakak sepupu si patrick sempat berpikir mau nendang kursi si anak karena ini anak ributnya setengah mati, even speaker studio 21 kalah kenceng suaranya sama suara si Anak menjerit2 kalimat setan, yang salah orang tuanya juga sih, anak kecil dibawa nonton ginian, kasian.

Gw yakin, itu anak bakalan kebawa mimpi gegara nonton Dead Mine, dan jujur, pas masih kecil, ada 3 film (or tv series) yang ngebikin gw dapet mimpi buruk, memori buruk itu masih melekat di kepala gw, ini dia film2 yang ngebikin gw nangis malem2 karena kebawa mimpi:

1. Toy Story 2 (1999)
Ketawa deh sepuas lu, Toy Story 2 itu buat anak umur 2 tahun (gw lahir tahun 97) actually gives some disturbing nightmare yang gak bakal bisa deh lu lupain, ada yang masih inget scene dimana Andy ngebuang si mainan Andy ke tong sampah? well, itu scene bener2 nyeremin abis buat gw, emak gw berpikirnya ini film anak2 kali ye, padahal dia ga tau, scene Woody masuk tong sampah terus mainan2 yang udah di tong sampah itu mulai gerak2 berusaha narik2 si Woody itu faktap-scary abis.

2. The Matrix (1999)
Ini emak gw kerasukan apa sampai ngebawa gw nonton film beginian, gw inget, yang nyeremin buat gw pas nonton The Matrix di umur 2 tahun itu scene pas si cewek ngeluarin sesuatu dari badan Neo, jujur, gw nangis sekeras2nya ngeliat scene disturbing begituan, secara, gw dari kecil takut sama kalajengking, mungkin gara2 nonton The Matrix kali ya sampe sekarang gw phobia sama kalajengking, mana waktu itu gelap2an dalam bioskop lagi, duuh.

3. The X-Files (1993-2002)
Opening themenya, if you know what I mean.



Dead Mine itu dalam hal nakut2in mungkin cuman berefek pada anak kecil berumur 6-8 tahunan, tapi buat gw, Dead Mine itu hanyalah seperti sebuah film yang ngajak viewersnya ikut dalam karnival kebodohan yang Dead Mine tawarkan. Worth it buat ditonton? yes, kalo nontonnya di Tv, secara ini hasil kerja HBO Asia original yang mungkin di desain buat jadi Tv Movie, tapi kalo nonton buat di bioskop, Dead Mine itu gak worthed it untuk terpampang di layar gede, Dead Mine IMO bukanlah sebuah tambang kematian, tapi Dead Mine itu adalah sebuah tambang yang hampa, kosong, dan membosankan, Boredom Mine.





EXTRA!

bang tigor stand-up batakk



35 comments:

  1. ini posting spesial. Karena jarang-jarang si mbahdarmoOoO ngasih nilai rendah, plus dia hadirkan komedi yang kocak ga garing! lol

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya mbahdarmoOoO ketularan Boy William soalnya tulisannya campur aduk inggris-indo

      Delete
  2. gua setuju banget sama elo, karena baru aja kemaren gua abis nonton dead mine juga. ekspektasi gua ancur nih setelah nonton film itu, haha.

    kalo gua sih menitik beratkan sama banyak nya bug dan adegan cacat di film itu. sebenernya sih waktu perkenalan karakter gua not that get bored sih, cuman agak lame aja, obrolan yang terlalu general tapi malah ga dapet intinya. misalnya gua aja ga tau lho nama nya si ario bayu, yang gua tau di dipanggil kapten, udah. persis waktu gua nonton the raid sih, ga apal siapa aja nama karakter nya, beda kalo nonton film lain yang sembari nonton jadi apal. ya karena itu, intinya ga dapet.

    tapi gua lebih kecewa sama adegan cacat sama storyline nya sih, ending nya juga digantungin ga jelas. misalnya :
    1. ada orang yang nembakin mereka, kita beranggepan itu perompak. oke, tapi tau darimana mereka perompak? motif nya apa nembakin? paling cuma hipotesis si stanley doang kan, tapi ga dijelasin lagi sama si pembuat film.
    2. gua bingung sama mutan mutan nya. yang prisoner hidup di dalem gua, makanin isi perut manusia, terus kaya ga punya akal gitu, ga bisa ngomong, kebal peluru, tapi mati ditusuk (terus kalo ga ada manusia mereka makan apa dong?). yang penjaga orang jepang punya akal banget, bisa ngomong, kaya manusia nih, tapi ga pernah makan. yang "penjaga kerajaan" cuma berdiri di ruangan tertentu, ga pernah makan apalagi gerak, cuma gerak kalo ada orang yang nginjek arena sumo doang, boro boro ngomong, akal aja ga punya, jatoh nya malah kaya robot. padahal mereka semua manusia kan?
    3. pas ending rie sama stanley kabur berdua, dikejer sama "penjaga kerajaan. pas keluar dari danau, lah kok cuma si rie doang? si stanley mati nya gimana itu? cacat abis.

    dan masih banyak lagi adegan cacat nya di film ini. bahkan menurut gua ini termasuk film gagal buat jejeran film sekelas HBO asia ya.

    * kalrifikasi aja, sedenger gua sih si bang tigor bilang nya "sick bastard" bukan "si bastard", dan sadar ga sih lo waktu si mike lewis kaki nya kejepit di pintu bunker, pas ditarik dia teriak "kaki gua.."

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi, iya, gw juga setuju sama lu bro, masalah para cecuruk2 dalam tambang itu makan apa jangan dipertanyain deh, nanyain mereka makan apa itu sama kayak nanya Ultraman selama ini makan apa, mau gak mau ya kita harus ikut premis si sutradara kalo mereka itu bisa hidup bertahun2 tanpa makan gegara disuntik zat ajaib. Sick bastard kali ya bro yang dibilang si Tigor, agak2 lupa gw soalnya dah puyeng ngeliat ini film, makasih dah berkunjung dan thx for the comment ya :D

      Delete
    2. Gue setuju dengan yang disebut diatas...

      takut masih bingung..

      2. Kalo ga salah, si orang jepang yang udah 70 taun bilang.. Mutan yang ga punya akal itu percobaan gagal.. Emang Sama kaya si orang jepang yang sama-sama gagal tapi formulanya beda... terus, Rie dikasih tau kalo ada terowongan keluar buat para mutan nyari makan..

      Delete
  3. kritik sih sah sah aja...tp drpd ngritik doang,gmn klo lo nuangin imajinasi kren elo..kn ga asyik ngritik doang,seenggakny klo blum sanggup dlm bentuk movie yaaa dalam bentuk tulisan like novel..

    ReplyDelete
  4. Ya bner nie film gagal abis..gue kiraa bkl keren kyk thriler nya tp real nya jauh ...action nya kgk kerasa beda kyk the raid..cm tembak'' kgk jlas ..wkt pngawal kerajaan muncul kirain bkl ada duel ternyata pasrah dngn ending yg kgk jlas....oya yg aneh tmpat jo taslim dibantai knp disitu ada mayat kyk pilot dlm wujud seger msih kliatan organ nya...pdhl bungier tu udah ditinggal slama 70th

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh? itu mayat orang lain ya? Gue kira mayatnya Si Ario (Mike L)..

      Delete
  5. Heard the worse thing. The fact of Yamashita's gold. It's not buried in Indo but Phil?? =.= Holy S! How could they got the fact wrong? It's unacceptable! Imagine if the Three Kingdom in China suddenly being told that Three Kingdom was in Indonesia where the character Kong Ming etc wore songket or something. It's going to be a laugh! Thanks for the review up there! I don't think I'm going to watch this.

    ReplyDelete
  6. kayak bisa bikin film and akting aja kau., banyak ngomong.... hahahahahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayak bisa nulis review dan ngeritik film aja kau., banyak komen....hahahahahaha..

      Delete
  7. koreksi...bukan si bastard gan, tp bang tigor bilang 'sick bastard'

    ReplyDelete
  8. bener banget ini ane beberapa hari yang lalu liat nih film, bener2 kagag jelas masak ujung ceritanya nggantung gan, tokohnya mati semua... bener bgt gw rasanya awkward banget deh liat bang tigor itu ngomong cuman 4 kali doank... ngakak gw.... pokoknya ni film produk gagal....

    ReplyDelete
  9. comment aja lu, coba hargai sesuatu dengan benar hasil karya seseorang, coba lu bisa ga film kaya gitu, paling juga lu pada buat film boneka kertas ya pake kamera nokia hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gimana gw bisa ngehargai Fauzi Bowo kalo ternyata kinerjanya ga bener? gimana bisa gw ngehargai Dead Mine kalau ternyata filmnya dibikin setengah hati? balik gih ke smp sana belajar freedom of speech.

      Delete
  10. Aku baru tau film ini juga barusan liat di sctv, awalnya sih kagum, sebentar kemudian heran, kok kayak gini? langsung browsing, ternyata bukan cuma aku, hampir semua penikmat film mengkritiknya, komentarku "dead mine,parah deh pokoknya"

    ReplyDelete
  11. Awkard abis emang... tp seperti biasanya gw g pernah naro ekspektasi tinggi buat film dalam negeri (i mean all of them) jadi yah nontonnya sambil ngopi nunggu film bagus keluar hdrip nya aja
    Btw.. im ur nu fans,, so sory komennya jauh bener ke januari

    ReplyDelete
  12. di adegan kaki Mike L kejepit, sebelum Mike L bilang "kaki gue" gue denger kaya ada yg bilang "yak, angkat kayunya" jiakakak paraahh

    ReplyDelete
  13. cakep reviewnya kang,

    ijin yak, yang mw coba nonton silahkan dimari :

    http://indomovie.us/blog/dead-mine-2012.html

    trims min..

    ReplyDelete
  14. film kek gini opungku jg bisa ayok sini main pilim sama aku

    ReplyDelete
  15. lebih bagus boneka kertas dari pada film bodoh ini benar2 sampah.. gak pantes di hargain

    ReplyDelete
  16. tonton dulu baru komen.. kau pasti kecewa.. soalnya buang2 waktu lebih bagus kita brantam,

    ReplyDelete
  17. Anjing bermuka lu pade,,klo ngebully pilm kira2 lah,,paling ga ada kesan positif dikit. Ni asshole sentimentil kyak udh bisa ngasih sejarah buat negaranya. Mikir lu pake pantat anjing kecelup tai lu sndri njing anjing !!!! Gua ga pduli lu mw bales apa,, lu udh bikin moral anak negeri jadi payah. FUCK U BITCH

    ReplyDelete
  18. Inih nih yg gue sukak.... komen yg bikin pikiran bisa berkembang dan bahkan adem

    ReplyDelete
  19. Otak lu kecelup tai lu sendiri. Katak lu udh pernah jadi sejarawan aja bisa ngmg kyak gini. Orang tua n guru lu ga prnah ngajarin lu sekolah n bikin kata2 ya,, apa lu udh jadi anak buangan yg ga dianggep lair. Bangsat lu !!!!!!!

    ReplyDelete
  20. Otak lu kecelup tai lu sendiri. Katak lu udh pernah jadi sejarawan aja bisa ngmg kyak gini. Orang tua n guru lu ga prnah ngajarin lu sekolah n bikin kata2 ya,, apa lu udh jadi anak buangan yg ga dianggep lair. Bangsat lu !!!!

    ReplyDelete
  21. Ya klo ini mending lah bisa sopan. Klo si dokter jiwa tuh anak anjing yg ditetekin lonte

    ReplyDelete
  22. Apapun pilem nye,,paling nggak ada unsur menghargai. Gue paling ga suka kalo ada komen yg ga sopan. Paling ngga ngenilai pilem tu ada di berbagai aspek lah. Jangan kayak Dokter Jiwa.

    ReplyDelete
  23. Yg mayat kaya pilot itu bukan dari zaman penjajahan. Tapi mayat salah satu bajak laut yg pas di opening itu mati pas lagi kencing. Coba perhatikan benar# dia pake earphone atau apakah, gw gk tau. Just a little comment, dead mine hanya kurang di aksi perlawanan kpd para mutan. Kita tunggu sja, mungkin ada seri ke 2 dari dead mine yg bisa ngungkapin smw. Untuk bg tigor, sama halnya ketika joe taslim memainkan peran di film FF6. Dialog englishnya ga terlalu banyak. Bisa saja akan ada seri ke 2 yg bakal ngeluarin aksi proffesional. Karana ada 2 hal yg bwt bingung dan memungkinkan untuk seri ke 2 keluar. 1. Si pryce ntr larinya kemana setelah dia jadi mutan ? 2. Bagaimana perjalanan para samurai yg bangkit ? Apakah mereka menyerang desa, atau tetap berjaga jaga dikawasan itu ?. So, stop bullying indonesian film. Mungkin saja ada surprise untuk seri berikutnya. Untk admin, setidaknya film tanah air udh mulai berkembang. Tdk sedikit kok film hollywood yg gagal juga. Contohnya world war zombie. Kegagalannya hampir sama kaya dead mine. Bedanya aktor utamanya ga mati. Stay cool with indocinema.

    ReplyDelete
  24. Menurut gue film ini lumayan bagus ....

    ReplyDelete
  25. Menurut gue film ini lumayan bagus ....

    ReplyDelete
  26. Bukannya gw ga menghargai film yang ada orang Indonesianya, Akting Ario Bayu, Sam Hazeldine, Joe Taslim,

    Play now game
    b games
    fallout shelter mysterious stranger,
    coolified games,
    happy wheels poki

    ReplyDelete