Saturday, June 21, 2014

Gw dan 5 langkah untuk menjadi dedek-dedek moviebuff awesome (kayak gw)

Yes, buat yang penasaran gimana UN gw kemarin, gw ternyata lulus SMA, jadi pengangguran dan ngalumni setahun dolo, tahon depan kuliah kayaknya, kayaknya ye, kalo ga jadi mahasiswa taon depan, ya gw bakal jadi mas2 yang jualan franchise apaan gitu dengan pemasukan 5 juta perbulan, sedih amat hidup gw.

Lulus SMA, umur nambah jadi 17 tahun membuat gw bukanlah lagi salah satu movieblogger paling muda di Indo. Gw masih ingat pas gw lagi awal2 jalanin blog KFG back in 2012, rasanya semua blog film itu dimiliki oleh kakak2 kuliahan ato mas2 yang udah mapan hidupnya, yang masih umur 17 tahun kebawah dikit banget, dan hal itu membuat gw punya ego sebagai "Movieblogger muda" yang spesiesnya jarang ada di muka bumi ini, hhe. But that was two years ago, pas gw masih umur 15, masih kelas X, lah sekarang, benih2 baru dunia movieblogging pun bermunculan, gw makin tua, jenggot udah numbuh banyak, bulu kemaluan tumbuh lebat, waktu nonton makin dikit, disuruh ortu bikin KTP, padahal gw udah bilang kalo gw cuma mau bikin KTP kalo kolom agamanya udah diapus, heh, jadi tua itu ga enak ternyata yha.

Jadi, without further ado, gw bikin guide ini supaya dedek2 random yang masih SMP ato baru masuk dan masih SMA (Termasuk lu Nay, baca dan serap panduan gw ini biar hidup dan selera film lu makin pretensius) yang masih bingung gimana sih caranya  bisa awesome kayak gw, bisa jadi awesome, ato bahkan lebih snob dari gw, jadi langsung aja ye

WARNING

NGIKUTIN SEMUA PETUNJUK YANG GW TULIS DI SINI BAKAL NGEBERI PEMBACANYA 2 EFEK: EFEK PERTAMA, BISA NGEGAET COWO/CEWE DENGAN GOOD TASTE (CONTOH: JULIO) ATO EFEK KEDUANYA: BISA JADI JOMBLO 3 TAHUN DI SMA KARENA TERLALU DEMEN FILM SAMPE LUPA NYARI PACAR (CONTOH: GW)

1. Don't trust that IMDB top 250 list

Kesalahan paling fatal orang2 mainstream sekarang ya terlalu percaya dengan IMDB Top 250. Gw tau, gw juga pas jadi moviebuff awal2 juga mainannya ya imdb top 250 kok, tapi dengan ngematok film dari situ doang, otomatis mindset lu bakal terkekang dan ga berani ngeksplor film lebih jauh. Padahal menurut gw buanyak bener film bagus yang ga masuk IMDB Top 250. Perlu nama? Mysterious Skin, A Woman Under The Influence, BOOGIE NIGHTS, Lost Highway, Mulholland Drive, Blue Velvet, okay, yang baru gw sebutin barusan kalo ga klasik, ya indie, tapi yang bener2 bikin gw heran, DRIVE yang notabene film dengan sinematorgrafi paling cakep + OST yang sampe sekarang jadi OST favorit para hipster kaga masuk IMDB top 250, tai bener emang. I know, gw jadi bunyinya bener2 subjective dan itu masalah selera,  di list itu emang banyak great films, tapi ya yang kayak gw bilang tadi, nonton imdb top 250 bakal bikin lu muter2 di situ doang, ga bisa kemana2. Caranya ya lu mesti nyari list great world cinema, start with AFI 100, bikin mubi, terus cari list2 film terbaik tiap era di mubi, ato coba baca buku 1001 movies you must see before you die yang bener2 kredibel. Eksplor list film lebih jauh, gw ga ngelarang lu buat nonton dari IMDB Top 250, tapi jangan terpaku dengan 1 list aja, ok?


2. Jangan takut nonton film jadul

Ini nih penyakit yang sering dialami orang2, takut nonton film jadul, padahal banyak bener film jadul yang keren2 ato bener2 layak tonton. Coba tengok list IMDB Top 250, dan tengok ada berapa banyak judul film yang rilis di tahun 80an kebawah?  Majority people sekarang rata2 udah terlalu dimanjain sama CGI yang overblown ato cerita yang terlalu ringan sampai lupa akar dari semuanya itu apa. Kalo lu masih takut nonton film jadul, takut kebosenan ya mungkin, kalo lu cowo, cobain The Good The Bad and The Ugly, gw nonton tuh film dewa pas kelas 1 SMP, dan masih terpukau sampai sekarang because direksi si Leone itu bener2 masterful in filmmaking dan script-nya itu fuckin A++ grade banget. Ato kalo lu cewe dan ga demen film western, try It's A Wonderful Life si Capra, ato that magnum opus Citizen Kane dan heart-wrenching-galau-seminggu CASABLANCA, tuh 3 film emosional bikin gw ikut2an emosional juga, I mean, siapa sih yang ga netesin air mata pas James Stewart sedang diambang kehancuran di It's A Wonderful Life? Ato siapa sih yang ga nyesek pas Casablanca nyentuh closing title? 4 film yang baru gw sebutin itu mainstream, dan ada di IMDB Top 250. Begitu lu bisa ngeapresiasi film jadul, segera cobain film2 Jidaigeki, start with Yojimbo-nya si Kurosawa ato Harakiri-nya si Masaki Kobayashi, ato coba film2 neo-realist, seperti Bicycle Thieves, ato french new wave, Breathless dan A Woman is a Woman-nya si Goddard, ato coba filmograph si Polanski, starts with his Repulsion dan Rosemary Baby, try Hitchcock, Kubrick, Lynch, Bergman, etc. Intinya: Jangan takut nonton film jadul, lu ga akan tau apa yang bakal menanti lu.


3. Rekomendasiin film yang menurut lu bagus ke temen2 elu

Ilmu itu mesti dibagi2, jangan disimpen sendiri (Kecuali elu kayak Daniel Plainview), sama juga kayak film. If you watched a good film, share it with other people, why? Karena itu buat ngebantu mereka buat nemuin film2 bagus, mereka bakal lebih respect sama lu dan seneng ada orang bagi2 info film bagus, dan timbal baliknya? Mereka mungkin bakal nge-share balik film2 bagus yang mungkin judulnya belum pernah lu denger. Share with other people itu enak banget, ga ngerugiin lu sama sekali. Kalo lu punya waktu luang dan demen nulis, lu bisa bikin blog kayak gw, karena tujuan awal gw bikin ini blog ya selain ngeluarin uneg2, juga mau membagi2kan opini gw terhadap sebuah film ke orang lain. Kalo lu ga punya waktu buat nulis, cuma dengan ngasih tau lu nonton film bagus ke temen elu dan ngerekomen, elu udah sama aja dengan kayak nulis review di blog. Intinya berbagi itu indah guys,


4. Hargai selera orang lain

Ini gw bunyinya udah preachy bener, tapi kenyataanya emang gitu, lu mesti respect other people taste, se-shallow2nya selera mereka. Kenapa? Karena ga ada satupun film yang bisa disukai semua orang, ato bisa dibenci semua orang. Mau contoh? Citizen Kane deh, nomer 1 di AFI 100, but apakah semua orang menyukainya? engga juga, si A.R aja nganggap tuh film overrated (Gw juga ketiduran 2 kali pas nonton Citizen Kane, pas nonton yang ke-3 kalinya, baru deh gw nganggep tuh film masterpiece). Ato Twilight deh, dinobatkan sebagai salah satu saga film terburuk yang pernah ada in our existence, tapi apa semua orang benci sama tuh film keplek? engga kok, cewe yang gw taksir aja demen, doi nonton penutup seri Twilight berkali2 di bioskop, nah lo. Film favorit gw sepanjang masa itu Blue Velvet, gw cinta mati sama tuh film, mau nonton 100x pun gw ga bakal bosen, tapi ada aja kan yang ga demen? Mungkin awal2nya kita ilfeel sama orang yang seleranya aneh di mata kita, tapi realitanya ya begitu, ga semua orang bisa sama, 100 orang disuruh nonton Dancer In The Dark dalam 1 bioskop, pas keluar, reaksi mereka sama tuh film pasti berbeda2. Intinya respect other people taste, elitist boleh elitist, tapi elitist yang rendah hati kayak gw ye.



Oh iya, pengecualian buat TAMAN LAWANG, buat yang demen sama tuh film dan ngasih nilai 7 di reviewnya, itu kejiwaannya patut dipertanyakan.



5. Yang terakhir nih, jujur sama taste elu

Kalo ada cewe yang demen Twilight, jangan ikut2an demen karena lu pengen megang2 tangan si cewe. Ato kalo ada cowo demen Transformers, jangan ikut2an demen Transformers supaya tuh cowo mau nembak lu dan bayarin tiket bioskop lu tiap weekend. Jujur sama selera lu, suka ya suka, kaga ya kaga, as simple as that. Jangan ikut2an demen Citizen Kane cuma karena tuh film ada di AFI 100, jangan ikut2an nganggep A Clockwork Orange itu karya terbaik Kubrick  cuma karena orang2 pada nganggep kasus freewill vs morality yang diatur itu best work-nya Kubrick, jangan ikut2an benci Twiight  karena kaum elitist nganggep puting Pattison berakting lebih bagus daripada orangnya, padahal elu sebenarnya demen. Intinya jujur sama diri lu, jangan takut berbeda dengan orang lain, jangan malu sama moviebuff lain dengan selera lu, karena pebedaan itu bikin lu unik. Then kalo lu ngikutin step2 gw di atas, niscahya, lu bakal jadi dedek-dedek moviebuff awesome deh, ciao.

4 comments:

  1. Nomor 4 masih agak susah dijalanin untuk gue, haha-_-

    ReplyDelete
  2. Hahaha nice post Tim! Jadi keinget gw dulu hehe setuju sama poin2 di atas tim. Dulu gw jg movie blogger paling muda pas mulai nulis, dan blogger jg gak sebanyak sekarang + internet jg gak sekenceng dulu sih jadi buat nyari film harus ngubek2 lapak dvd yg dapet film langka udah berasa dapet jackpot haha, boro2 nyari film sih, nyari referensi film juga rada susah... gw jg salah satu yg dulu terperangkap sama imdb250, tapi ya untungnya mata gw udah terbuka haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tuh tim, ada movie blogger yang lebih muda dari gw kan

      Delete