Tuesday, June 24, 2014

Broforce (2014) PC Review


Bagi gamer-gamer oldschool 90'an, tentu kalian ingat era keemasan Super Nintendo dan Sega Genesis. Dimana masa video game 16-bit, sidescrolling hack n' slash-beat em' up lagi pada masa jayanya. Dulu game ada Legend of Zelda! Bomberman! Super Mario Bros! Donkey Kong! Super Metroid! Trus ada Sonic The Hedgehog! Battletoads! Castlevania! Street Fighter! Mortal Kombat! Mega Man! Mario Kart! ..... Shit, I'm getting old.....  Dan baru-baru ini netizen lagi heboh sama game sidescrolling 2D yang homage/tribute ke game-game lawas, BROFORCE!

Sesuai titelnya yang konyol nan goblok, game indie besutan Free Lives ini memberikan kesan luar biasa dahsyat dengan mencampur elemen gameplay dari Contra, Duke Nukem, Serious Sam, Mario bros, dicampur action movies tahun 80'-90'an sama musik heavy metal 8-bit! Seakan-akan game ini emang dibuat sebagai fanservice bagi retro enthusiasts.


Broforce membuktikan bahwa tanpa plot ataupun grafis memukau, sebuah videogame bisa asik dimainin.

"Gua Terminator, lo jadi Robocop"

Dalam satu kalimat diatas, itulah intisari dari Broforce. Game ini sedarah seurat nadi sama Metal Slug, jadi pasti lo familiar sama gameplay Broforce. Gamungkin lo gapernah main main Metal Slug, boong banget kalo ngaku ngaku gamer tapi gapernah main Metal Slug. Metal Slug itu video game klasik, kalo gapernah main versi konsolnya ada dulu di arcade-arcade tanah air, (dan dulu Metal Slug mainan gua di arcade bioskop). Anggap aja Broforce ini Metal Slug, tapi lebih brutal. Dan bukannya main sebagai Marco, Fio, Eri, atau Nadia, di Broforce ini lo main sebagai action hero dari film film 80'-90'an. Ada John Rambo, Mr.T, Chuck Norris (Yes, you can play as Chuck Norris), Snake Plissken dari Escape from New York, John McClane dari Die Hard, Ash Williams dari Evil Dead, si Terminator, Robocop, sampe MacGyver juga ada! 
Anjrot MACGYVER!

Ini dia nih, yang bertanggung jawab ngebikin anak-anak Indonesia demen mainan perkakas.

Gara-gara maen Broforce gua jadi rindu MacGyver dan consequently gua marathon satu season MacGyver, kampret si Richard Dean Anderson dulu keren banget! Sialan MacGyver sampe direkrut masuk Broforce. Anak-anak generasi 90'an gamungkin ga kenal sama MacGyver, dulu sering diputer di tivi. MacGyver ini soal agen rahasia swasta yang anti banget sama senjata, yang kondang karena dia bisa bikin bom pake steples dan lakban doang.

MacGyver ini serial televisi yang udah level "Cult" di tanah air, artinya walau sudah tamat, masih banyak fansnya berkeliaran. Sebangsa sama The A-Team, CHiPs, Quantum Leap, Airwolf, Knight Rider, Xena Warrior Princess, Baywatch, Super Force, Mission Impossible.... Helluvadamn, program tivi dulu gokil semua ya ampun! Kontras amat sama tivi jaman sekarang yang isinya FTV, Sinetron sampah, dan variety show ga bermutu... #BringBackMacGyver

ANGUS MACGYVER!!

Apabila anda lahir tahun 80'-90'an tumbuh besar mainan SNES & Sega Genesis, dan tontonannya Rambo, Mad Max, Die Hard atau film-film Steven Seagal & Arnold, maka game ini diciptakan untuk anda bung. Ini adalah sebuah game dimana elu adalah episentrum semesta, bagai dewa yang bisa ngeledakin apapun, tembak siapapun, fantasi 'one man army' mengagumkan yang semakin rame kalo main co-op bareng sobat-sobat.


Broforce ini mencengangkan dalam kesederhanaannya. Broforce adalah game 2D sidescrolling dimana purpose lo cuma gerak loncat-loncat dari kiri ke kanan nembak-nembak-dan-nembak semua militisi, pemberontak, teroris, anjing-anjing galak, gerilyawan, sampe iblis juga di tembakin ntar, lewat checkpoint, lawan boss, dan akhirnya naik helikopter pulang menandakan akhir dari stage.



Satu kata yang pas sekali mendeskripsikan gameplay Broforce ini adalah "rusuh". Yah, memang betul sekali kalo game ini mengagungkan yang namanya kerusuhan. Okay let's see, game ini dilengkapi protagonis overpowered, destructible terrain (Jadi mapnya bisa diancurin sesuka hati, menambah elemen strategi dan puzzle platforming, contoh: saat ciut nyali lawan helikopter by 1, bisa aja dilewatin dengan bikin terowongan bawah tanah), epic boss fights (seriously man, boss boss disini seperti Dark Souls, harus muter otak buat ngalahin, dan pasti sering wasted n retry terus-terusan). Dalam satu stage isinya rame ornamen macem macem yang bisa ngebunuh si player, dari tangki minyak, ranjau darat, napalm, sampe dinamit, soalnya game ini menerapkan sistem one-hit kill ke player ala Metal Slug gitu. Oiya, kalo jatoh ke jurang berarti mati, ala Mario Bros. (and every other platformer out there) 


Tentunya fitur paling memikat dari Broforce adalah para 'Bros'! Yup, the protagonists! Mereka semua adalah plesetan jagoan klasik yang super identik, tinggal tambah kata 'bro' doang. Sistem unlocking dengan cara ngebebasin tiap tahanan in-game, jadi lo baru bisa dapet John McClane habis selamatin 8 sandera. 

Ada Rambro yang jelas banget itu plesetan John Rambo, ada Brommando plesetan John Matrix di Commando, B.A Broracus aka Mr. T dari The A-Team, Brobocop, Indiana Brones, Broniversal Soldier, etc. Mereka semua lengkap dengan kemampuan spesial, dan senjata khas masing-masing. Contohnya seperti Mr. T yang pake flamethrower, Chuck Norris yang bisa manggil Airstrike, Neo yang bisa mentalin peluru, atau si Ash Williams yang bisa ngecincang musuh pake chainsaw andalannya! (Btw MacGyver OP parah digame ini). Dan baru-baru ini, rumornya bakal muncul Jack Bauer (24) & Connor MacLeod (Highlander)!!


P.S
To Free Lives, the developer of Broforce, if you're reading this, I'd like to recommend some personage to add into the Broforce roster:

Barry Prima a.k.a "Brondala"
Yayan Ruhian a.k.a "Mad Bro / Brokoso"
Gatot Brajamusti a.k.a "Brozrak"

the addition of those three would make Broforce even better!

Mantep Bro!
Verdict:

Broforce is an overdose of retro.
Sebuah tribute ke game-game lawas era keemasan SNES & Sega, sekaligus homage ke film-film action lampau. Game yang jauh lebih asyik dimainkan co-op bareng manteman daripada sendirian (trust me, kalo sendiri lama-lama bosan juga). Game yang masih dalam tahap beta, yang terus menerus di improve dengan tambahan game mode seperti deathmatch, online play, level editor, sampe balapan juga. This is The Expendables game that we all have been waiting for. Dimana akhirnya kita merasakan kepuasan bermain dengan Sylvester Stallone, Arnold Schwarzenegger, Bruce Willis, Kurt Russell, dan Wesley Snipes bersamaan setim ngerusuh bareng.



I am not worthy to rate this game. This game is too ****ing awesome!!

0 comments:

Post a Comment