Tuesday, August 21, 2012

North By Northwest (1959) Review.


North By Northwest adalah film hitchcock pertama yang gw tonton,sebelumnya sih pernah nonton tv seriesnya,cuman itu sebatas Alferd Hitchcock tv series yang biasanya tayang hari minggu di fox crime jam 12 malam,secara gw masih anak sekolah,mana bisa gw nonton acara gituan malem2,bisa ga kuat gw bangun besoknya,tapi ya sebatas taulah gimana kemampuan sutradara berkepala longor ini jago bikin film2 thriller,apakah NXNW merupakan sebuah film thriller keren yang sampai mindtwisting gimana?,atau malah sekedar average film taon 50an dengan efek super minim? 

Roger Thornhill (Cary Grant) hanyalah seorang Eksekutif Periklanan biasa yang hidupnya biasa-biasa saja mendapati dirinya tertuduh sebagai seorang agen rahasia bernama George Kaplan dan diculik sekelompok orang2 misterius,semua menjadi runyam ktika Thornhill berusaha melarikan diri dan kemudian dituduh membunuh seseorang,berhasilkah Thornhill selamat dari pengejaran maut yang dilakukan oleh orang2 misterius?



Tegang adalah sebuah kata yang pas untuk menggambarkan perasaan gw saat nonton NXNW,mahakarya dari Hitchcock ini benar2 sebuah karya sinting,bayangin aja film thriller digabung2in ama nuansa action yang bikin jaw-dropping di taon 1959,bisa dikatakan,film Hitchcock ini merupakan sebuah visioner atau sebuah film yang menginspirasi The Bourne,James Bond,Enemy of The State,dan film2 dengan genre spionase dan konspirasi tingkat tinggi,dimana sang Protagonist dijebak,dikhianati,diburu,dan lain2,formula tersebut memang sudah usang saat ini mengingat banyak sekali film yang mengadopsi basic cerita macam itu,namun lain hal dengan NXNW,karena NXNW rilis tahun 1959,yang jadi pertanyaan,apakah rilis duluan = pioner,atau rilis duluan =/= pioner?



Hitchcock itu gila,sinting,dan lain2,karena NXNW merupakan salah 1 film yang bikin gw nganga sambil melototin layar samsung 23 inchi gw nonstop (sebenarnya ga nonstop sih,gw kencing sebentar sekaligus ngambil biskuit Khong Guan buat bekal camilan nonton NXNW,sayangnya gw cuman punya Khong Guan,padahal gw demennya Danish Butter,kenapa juga gw nulis ginian),itu sutradara longor seakan2 memberikan sebuah pertanyaan tanpa jawaban yang jelas dan ambigu di tiap adegan yang bikin kita mual2 sambil berusaha mengucapkan kalimat sumpahan pocong terhadap Hithcock,namun Hithcock membungkam mulut kita kalau2 aja kita nyumpahin dia dengan memberikan sedikit potongan puzzle yang mencerahkan di tiap2 adegan konklusi kecil,walaupun pada akhirnya,perasaan greget pocong seperti itu tidak bertahan sampai film ini berakhir.



Gw sendiri sangat suka dengan penokohan Roger Thornhill yang dibawakan oleh Cary Grant,Beliau dengan gemilangnya berhasil memerankan seorang tokoh old-badass dan membawakan peran man-on-the run yang berusaha untuk mengetauhi apa yang sedang dihadapi dirinya,pembawaan kharismanya sendiri menurut gw jauh jauh jauh lebih baik daripada kharisma Daniel Craig di film2 James Bond 2006 keatas,ditambah dengan gayanya sendiri yang berusaha untuk mensolving problem,lucu aja melihat seorang pria powerless berusaha menghadapai serangan pesawat yang ingin menembaki dirinya  dirinya di lapangan tandus,dan tidak ketinggalan,hadirnya love interest bernama Eve Kendall (Eva Marie Saint) yang katanya adalah femme fatale terbaik sejagat,membuat film ini makin rame,rusuh,keroyokan,begaduh,menegangkan,seru,berandalan,preman dan lain2,props buat ke2 orang yang berhasil membuat film Hithcock ini menjadi sebuah film yang memorable dan tak akan terlupakan! (sampe sekarang gw ga tau artinya femme fatale,tapi berani2 aja nulis femme fatale,ini mungkin efek gara2 gw minum Saripati Ayam,sumpah,rasanya kayak Saos Raja Rasa)


North By Northwest memang bukanlah film Man-on-the-run terbaik,bahkan kalo boleh jujur,gw ngerasa dari pertengahan hingga akhir,film ini hanyalah sebuah thriller-spionase biasa,biasa banget malah,namun gw tetep tidak bisa membohongin perasaan gw sebagai bahwa film ini pada jamannya memang gila dan berhasil membuat para penonton berdecak kagum dengan ketegangan dan after-effect yang dihasilkan oleh film ini,apalagi scene dikejar2 pesawat itu,itu scene emang bagus dan hebat banget,gw aja belum pernah berpikir segila itu bahwa ada pesawat bisa ngejer2 manusia,dan didukung oleh soundtrack music yang mengigit setidaknya berhasil membuat film ini menjadi lebih hidup,NXNW bisa dinikmati oleh segala macam kalangan,cuman bagi yang sudah sering menikmati2 film macam konspirasi berintelek mungkin akan dibuat bosan dengan film ini,sebaliknya,bagi viewers tahun 50an,ini adalah karya hebat,NXNW di jamannya luar biasa,namun formulanya sendiri menurut gw mulai membasi dan membosankan kalau ditonton anak2 generasi sekarang,lain hal sama film jadul macam 2001:A Space Odyssey,A Clockwork Orange,Spaghetti Western,12 Angry Men dan semacamnya yang sampe sekarang pun gw tonton berkali2pun gak bosan2,seandainya gw lahir tahun 1947 dan menonton NXNW di tahun 1959,gw akan ngerate film ini 9.0 out of 10,tapi karena gw lahir tahun 1997,yah apa boleh buat,review subjektif tentang film yang sederhana namun memuaskan ini berakhir dengan nilai....




4 comments:

  1. nice review, setuju banget soal ditengah sampai ke akhir itu biasa sekali. justru twisty dan 'omg' momen nya ada di awal awal sampai akhir. pribadi, saya tidak melihat ini lebih baik dari karya alfred yang lain, contoh; psycho ataupun vertigo yang lebih baik di jalan cerita dari awal sampai akhir film.

    ReplyDelete
  2. Sekitar sebulan dapat paket vcd nya. Tapi baru tadi malam sempat nonton. Sampe sekaeang saya masih penasaran dengan sosok Kaplan.
    🤔🤔

    ReplyDelete
  3. Sekitar sebulan dapat paket vcd nya. Tapi baru tadi malam sempat nonton. Sampe sekarang saya masih penasaran dengan sosok Kaplan.
    🤔🤔

    ReplyDelete
  4. Saya masih penasaran dengan isi microfilm yang disembunyiin Vandamm di dalam patung Mexico itu.

    ReplyDelete