Wednesday, February 29, 2012

The Lord of The Rings: The Fellowship of The Ring. (2001) Review.



Selama ini kita review film single semua, bukan saga atau trilogy.. Oke now it's LOTR trilogy.

The Lord of The Rings: The Fellowship of The Ring. (2001)
Film Epic Fantasy berskala BESAR garapan Peter Jackson, yang diambil dari mahakarya J.R.R Tolkien. Buku pertama dari 3 karya besar lainnya menceritakkan tentang asal usul "The One Ring" milik Dark Lord Sauron yang berpindah tangan ke seorang Hobbit Bilbo Baggins. Peter Jackson really outdid himself by creating an alternate world where seeing is believing.
Cerita epic Fantasy yang menurutku lebih hebat dari "Wizard of Oz" dan dibintangi Aktor kawakan semua seperti "Oceans Eleven" (cuman sutradara hebat yang bisa membuat kompak semua aktor besar dalam satu film). Dear readers of this blog, I will take you to Middle-Earth where we will accompany the "Fellowship of The Ring" in their quest to destroy the Ring. FYI: film ini menang 5 Oscar. Rugi deh kalo ga nonton film ini!
Director: Peter Jackson
Starring: Elijah Wood, Cate Blanchett, Viggo Mortensen, Hugo Weaving, Orlando Bloom, Liv Tyler, Ian Mckellen, Sean Bean.


Synopsis:
"Three rings for the elven-kings under the sky, Seven for the Dwarf-lords in their halls of stone, Nine for mortal men doomed to die, One for the dark Lord on his dark throne, In the Land of Mordor where the shadows lie. One ring to rule them all, One ring to find them, One ring to bring them all and in the darkness bind them, In the Land of Mordor where the shadows lie."
Dahulu kala di middle earth, cincin dijadikan simbol kekuasaan, dan cincin dibagikan diantara para penguasa. Tiga untuk Elf, tujuh untuk Dwarf, dan sembilan untuk Manusia. Tetapi Dark Lord sauron membentuk satu cincin bagi dirinya sendiri untuk menguasai semuanya, "One Ring to Rule them All." Perlahan lahan Sauron mengkorupsi para penguasa, menghancurkan tanah mereka dan menjadikan mereka budaknya. Para Elf yang bijak dan kekal bersembunyi di hutan, para dwarf mundur ke bawah tanah, tetapi para manusia yang bernafsu merekalah yang paling sengsara, raja raja mereka diubah jadi pengikutnya. Kemudian semua ras membentuk sekutu, sebuah aliansi terakhir demi mengalahkan Sauron, dipimpin Raja manusia mereka menyerbu Mordor dan hampir menang, hingga Sauron muncul. Dark Lord terlalu kuat bagi sekutu, sang Raja dihantam keras oleh sauron dan meninggal dunia. Tetapi Anak raja Isildur mengambil pedang ayahnya dan berhasil memenggal tangan sauron. Sauron yang kehilangan cincin kehilangan kekuatannya, tetapi jiwanya masih tersisa di cincin. Isildur kemudian mengambil cincin itu dan hendak menghancurkannya di Mt Doom, tetapi nafsu mengalahkannya keEgoisan Isildur menyimpan cincin itu menjadi kematiannya, cincin hilang ditelan bumi dan berpindah tangan. Hingga jatuh ke tangan Bilbo Baggins, seorang Hobbit petualang yang berteman dengan Gandalf "the grey".. Disinilah petualangan bermula....
Bertahun tahun kemudian... Bilbo Baggins menjadi manula dan berulang tahun ke-150. Ia tinggal bersama keponakannya Frodo Baggins (Elijah Wood). Gandalf "The Grey" (Ian Mckellen) seorang penyihir tua, datang untuk merayakan ultah nya. Semua baik baik saja hingga Bilbo iseng MEMAKAI "the one ring" menunjukan kekuatan luar biasa. Orang orang mengira bahwa itu hanya trik sulap dari Bilbo, tetapi. Gandalf sadar itulah Cincin Sauron setelah melihat kemampuannya, Gandalf menyuruh Bilbo menghancurkannya, tetapi Bilbo yang sudah tua akan pergi jauh dan menyerahkan semua pada Frodo, termasuk cincinnya. Dia meminta agar Gandalf menyertai keponakannya dalam keadaan apapun lalu bilbo pun pergi dan tidak kembali. Gandalf kemudian menyuruh Frodo pergi ke desa setempat dimana dia akan menemuinya setelah 'urusannya' selesai. Gandalf pergi menemui gurunya Saruman, seorang penyihir juga dg tujuan memperingatinya ttg penemuan Cincin Sauron. Tanpa sepengetahuan Gandalf, Saruman telah bersekutu dengan Sauron dan telah mengkhianati Gandalf. Gandalf pun disekap jadi Frodo tiba di desa bersama 3 orang Hobbit lain, Sam, Merry, dan Pip. lalu mereka bertemu dengan Aragorn (Viggo Mortensen) seorang pendekar yang mengaku sebagai teman Gandalf, Aragorn memberitahu mereka bahwa mereka harus berangkat kepada Elrond (Hugo Weaving), seorang Raja Elf demi merencanakan tindakan. Perjalanan mereka tidak santai karena para Nazgül (Raja Manusia yang telah korup) pengikut setia Sauron telah waspada thd keberadaan Cincin setelah Bilbo memakai cincin itu. Tetapi mereka akhirnya sampai ke tempat Elrond dan bertemu dengan Gandalf yang kabur dari sekapan Saruman. Disana para jagoan telah berkumpul, utusan utusan dari Dwarf, Manusia, dan Elf bersatu demi menghancurkan Cincin Sauron. Cincin itu hanya bisa di hancurkan di tempat pembuatanya; di Mt Doom di dalam Mordor. Tindakan gila memasuki Mordor menimbulkan perpecahan di Sekutu antara semua Ras, Tidak ada yang Sanggup membawa cincin itu karena kemampuan kegelapannya. Sampai akhirnya Frodo menawarkan diri sendiri untuk pergi ke Mordor dan menghancurkan Cincin. Keberanian Makhluk kecil ini membuat para pahlawan bersatu lagi dan ikut mengawalnya ke Mordor. Termasuk Boromir (Sean Bean) putra mahkota Raja Manusia, Legolas (Orlando Bloom) pendekar Elf, dan Gimli (mbahdarmooo tolong cari aktornya, soalnya aku lupa). Aragorn dan Gandalf juga ikut mengawal Frodo, 3 teman frodo yaitu Sam, Pip, dan Merry juga ikut. Sembilan orang ini yang bertugas menghancurkan "The One Ring" di kenal dg sebutan "The Fellowship of The Ring". Tontonlah perjuangan mereka..... (Wueh, baru 1/4 cerita tuh)


Biasanya film yang diambil dari buku terkenal akan kurang seru (i.e Harry Potter, Eragon, Narnia) tapi LOTR sungguh Magnum Opus! Sulit dijelaskan dengan kata-kata. Peter Jackson berhasil menciptakan sebuah dunia yang bisa kita percayai dan hayati. Sungguh menakjubkan bagaimana caranya membuat karakter fiksi seperti Hobbit atau Elf menjadi nyata dan lokasi yang sangat setia dengan buku; Shire di Gambarkan sebagai desa indah dan damai, Mordor di gambarkan sebagai tempat seperti neraka sangat sesuai dengan buku. Juga bagaimana kehebatannya dalam membuat Chemistry yang Apik dalam sesama aktor kawakan... Menyatukan aktor seperti Orlando Bloom (Balian of Ibelin di 'Kingdom of Heaven' atau Will Turner di 'Pirates of the Carribean'), Liv Tyler (Grace di 'Armageddon' atau Betty Ross di 'The Incredible Hulk') dengan Ian Mckellen (Magneto di 'X-Men') AJIBB it is EPIC!!
Bagi para Tolkienmania, ini adalah Mimpi jadi Kenyataan. Bagi para Critic, ini adalah terobosan baru dalam industri perfilman. Bagi para Gamer, ini ibaratnya MENONTON Dragon Age dan The Elder Scrolls. Bagi para penonton Mainstream, ini adalah EPIC MOVIE. Bagi kritikusfilmgadungan (yes you Mbahdarmooo! Nonton gih) ini adalah Magnum Opus.

Pros (+)
+ True to the Book; semuanya sesuai dengan buku.

+ Ensemble Cast; aktor terkenal semua.

+ Epic World; Lebih Hebat dari Hogwarts atau Narnia.

+ Epic Battle; setiap Epic Fantasy wajib punya perang skala besar.. This is one of the best.

+ Long Duration; film ini lama coy!

Cons (-)
- Coba si Gerard Butler yang jadi Sauron... Dia bisa teriak.... THIS IS MORDOR.....!!!! (inimah bukan cons A.R!!!!! (by mbAhdArmoOoO)

Score: 5/5
★★★★★

Reviewed By: A.R.

1 comment:

  1. WE ARE ANONYMOUS.
    WE ARE LEGION.
    WE NEVER FORGIVE.
    WE NEVER FORGET.
    EXPECT US.

    ReplyDelete