Thursday, February 23, 2012

The Butterfly Effect (2004) Review By: A.R

Ini adalah salah satu contoh film yang tidak klise! FRESH! Suatu pioneer dlm plot perfilman. Bravo Eric Bress lu bikin film yang UNIQUE!! Plotline nya merambat ke dimensi lain, sungguh tidak biasa namun sangat menawan dan menjadi daya tarik tersendiri bagi film ini. Tapi itu juga yang menjadi kelemahan.. Makanya ceritanya agak Ngawur.. Karena terlalu kompleks. Nevertheless a Must Watch film!  tapi tidak disarankan bagi orang yang bernalar rendah! (Kau Mbahdarmoo! Masa ngetik aja salah!)






    • Anak kecil bernama Evan Treborn (Ashton Kutcher) tumbuh besar di kota kecil dg ibunya dan teman temanya. Masa kecilnya di lalui dg saat saat aneh dimana dia pingsan dan hilang ingatan, lalu terbangun lupa segalanya. Tapi sesuatu yang buruk selalu terjadi saat dia pingsan. Masalah ingatan ini makin sedikit dia alami seiring dg bertambahnya usia.. Hingga mendekati kesembuhan. Sejak Evan berumur 7 tahun dia selalu menulis kejadian sebelum dia pingsan ke dalam Diary agar dia bisa mengingat apa yang terjadi sebelum dia pingsan. Pada saat Evan masuk kuliah, dia membaca diary miliknya dan FLASHBACK langsung terjadi yang melemparnya ke saat kejadian di Diary itu. Tepat sebelum Evan pingsan! Evan melakukan hal yang berlainan dg masa lalu (contoh: pada masa lalu dia bermain api sehingga terbakar. Pada saat flashback dia tidak main api). Pada saat tersadar dari Flashback, Sejarah telah berubah. Evan mengubah masa lalu sehingga berdampak pada masa depan.. Lama kelamaan Evan menguasai teknik Flashback dan mulai mengubah masa lalunya yang kelam. Teori ini dinamakan "The Butterfly Effect". Tapi.. Semua tak berjalan sesuai rencana.. Tontonlah kelanjutan ceritanya!


    • GOKIL!! Itulah kata yang cocok utk menjelaskan film ini. Sungguh tak biasa plot yang disajikan oleh Eric Brees. Tidak menimbulkan PARADOKS sama sekali. Mirip Fujiko.F.Fujio (pada masa lalu Evan bermain api dan menyebabkan dirinya terkena luka bakar. Tapi dia ubah kejadian di flashback sehingga dia tak mendapat luka bakar di dunia nyata) alternate reality yang unik dalam jumlah signifikan memang bagus, tapi cenderung membuat penonton bingung. Beda dg "Inception" yang bisa memisahkan dunia nyata dan palsu dg menggunakan Totem. The Butterfly Effect tidak memasukan totem sehingga penonton bingung entah yang mana Alternate Reality dan yang Nyata. Anyways, Great performance by Ashton Kutcher! Mantan host punk'd ini bisa Akting juga!

      Pros (+):
      + Great Story
      + Real Portrayal of an Alternate Reality
      + Tidak Klise
      + Cool Ending
      + No Paradox

      Cons (-)
      - Cerita agak ngawur
      - kurang penjelasan antara dunia nyata dan alternate reality

      Score: 4/5
      ★★★★

3 comments:

  1. WE ARE ANONYMOUS.
    WE ARE LEGION.
    WE NEVER FORGIVE.
    WE NEVER FORGET.
    EXPECT US.

    ReplyDelete
  2. Berkat blog ini saya nonton Butterfly effect. keren gan :D emosi terus main selama nonton. smpat takut kalau bakal jadi sad ending tapi, endingnya bener-bener pilihan yang terbaik. BTW, lnjut terus reviewnya, saya tunggu lagi film2 berkualitas yang bakal direview

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada 4 ending yang berbeda cari aja di youtube

      Delete