Friday, February 24, 2012

Law Abiding Citizen (2009) Review By:mbAhdArmoOoO

Sinopsis:

Law Abiding Citizen adalah sebuah film thriller Amerika tahun 2009 yang disutradarai oleh F. Gary Gray dari sebuah skenario yang ditulis oleh Kurt Wimmer. Film ini menceritakan tentang seorang pria yang memutuskan untuk menegakkan keadilan kepada pembunuh keluarganya dan sistem peradilan pidana.
Cerita di film ini dimulai dengan perampokan di rumah seorang ilmuwan bernama Clyde Shelton (Gerard Butler). Istri Clyde ditusuk dan diperkosa kemudian anaknya dibunuh. Semua itu dilakukan didepannya namun Clyde tak bisa berbuat banyak. Parahnya lagi, sistem hukum sepertinya tak berpihak padanya.
Film ini selanjutnya berkisah tentang bagaimana usaha Clyde Shelton menemukan keadilan untuk kematian istri dan anaknya. Namun, persoalanya tidak semudah yang dipikirkan oleh Shelton. Jaksa yang bertugas untuk mengawal kasus Shelton yaitu Nick Rice (Jamie Foxx) kesulitan untuk mencari bukti. Bukti-bukti yang didapat tidak cukup untuk menjerat tersangka, Clarence Darby dan Rupert Ames, dengan vonis mati.
Rice lalu membuat berkas terpisah dengan harapan salah satu pelaku akan berperan sebagai saksi bagi tersangka lainnya. Ia berhasil. Darby kemudian mengambil peran itu dengan bersaksi bahwa pelaku pembunuhan adalah Ames. Darby pun mendapatkan kompensasi bahwa ia tidak akan dihukum mati.
Mengetahui hal tersebut membuat Shelton kecewa karena ia melihat dengan jelas bahwa pelaku pembunuhan sebenarnya adalah Darby. Ia lalu mengajukan protes kepada Rice. Rice pun menyadari apa yang dilakukannya akan tetapi persoalannya adalah bukan apa yang diketahui oleh Shelton namun apa yang dapat dibuktikan di pengadilan. Untuk itulah ia melakukan negosiasi. Putusan pengadilan akhirnya keluar. Darby dihukum kurang lebih 5 tahun sedangkan Ames di vonis mati.
Alur cerita kemudian berkisah sepuluh tahun setelah putusan pengadilan. Dengan bekal sepuluh tahun, Shelton mempelajari seluk-beluk hukum. Dengan modal demikian, ia mencoba untuk memperbaiki hukum melalui caranya sendiri. Skenario pun ia buat dengan matang. Bermula dengan mensabotase pelaksanaan vonis mati Ames dan merekam pembunuhan Darby, ia seolah ingin menyerahkan diri untuk ditangkap dan diadili.
Shelton akhirnya berhasil ditangkap. Namun, Rice -yang bertindak sebagai jaksa- kembali mengalami kesulitan untuk mendapatkan bukti untuk mendakwa Shelton. Pada saat itulah Rice mengulangi perbuatanya dengan melakukan negosiasi kepada Shelton dengan mengharapkan pengakuan pembunuhan. Dengan lugas Shelton mengulangi apa yang pernah diucapkan Rice sepuluh tahun lalu kepadanya, “this is not about what you know, this is what you can prove in court.”
Saat berada di dalam penjara Clyde masih sempat mengancam Nick Rice untuk memperbaiki kesalahan yang ia lakukan sepuluh tahun silam atau satu per satu orang yang terlibat akan mati. Meski berada di balik jeruji besi, Clyde ternyata terbukti mampu melaksanakan niatnya itu. Kini tanggung jawab berada di pundak Nick karena hanya Nick yang bisa menghentikan serangkaian pembunuhan itu.

Director: 

F. Gary Gray

Writer: 

Kurt Wimmer


The Review:
THIS IS SPARTA!!!!!!!!!,masih ingat leonidas??,ya,kali ini oom Leonidas ada dalam film ini dalam wujud lain,bukanlah seorang pejuang sparta,melainkan seorang ilmuwan yang keluarganya tewas dibunuh,ekpresi kemarahannya di film ini sama dengan ekpreksi Leonidas di 300,cuman tanpa teriakan THIS IS LAW ABIDING CITIZEN!!!!.

cerita diawali dengan Clyde yang bermain2 dengan anaknya di rumahnya,kemudian datang beberapa EKOR kawan perampok yang benar2 random tujuannya,mau ngerampok,tapi malah kemudian memerkosa,kemudian membunuh,kemudian membunuh,mengikat,dan mengambil barang,istri Clyde dan anaknyapun terbunuh,dari sini sudah terlihat jelas akan banyak Plot Hole yang menghiasi film ini,kalau istri dan anaknya dibunuh,kenapa Clydenya cuman di ikat dan ditinggal,seharusnya dibunuh juga,karena akan ngilangin Eyewitness,law abiding oh law abiding
kemudian ke2 penjahat itu disidang,gw gak akan jelasin cerita sidangnya karena udah gw jelasin di sinopsis diatas,bersetting 10 tahun kemudian,Clyde masuk penjara karena dituduh telah melakukan pembunuhan terhadap Darby,disinilah intrik antara Clyde dan Nick dimulai,Clyde kemudian yang berusaha memperbaiki sistem hukum yang ada di Philadelphia,membunuh 1-1 anggota praktisi hukum,walaupun dia sedang disekap dalam penjara,wow,bagaimana bisa orang yang dikurung di penjara bisa membunuh orang yang ada diluar penjara??,dendamnya dan kebenciannya terhadap sistem hukum yang bisa di oprak-aprek,membuat sang Prosecutor Nick (Jamie Foxx) kewalahan menghadapi Clyde,karena Clyde dapat membunuh targetnya kapanpun,dimanaoun dia inginkan walaupun dia dalam penjara,bagaimana  cara Clyde melakukan pembunuhan2 itu??,siapa yang akan menang di akhir,sang Jaksa Penuntut??,atau sang Ayah yang kehilangan keluarganya,tonton filmnya

secara,film ini sudah memiliki alur yang kuat,penokohan,dan lain2,dan memiliki potensi untuk menjadi best movie in 2009,plot yang kuat,banyak twist2 kecil,semuanya SEMPURNA,IMO selama 90 menit kita merasakan ke-DEWAanya Clyde,kapan lagi seorang manusia bisa membunuh orang diluar dari dalam penjara??,90 MENIT ITU MOMEN TERHEBAT DI FILM INI,tapi bagaimana kah 20 menit terakhir??,momen2 terakhir di film ini benar2 membuat film ini yang memilki pondasi kuat dari awal sampai pertengahan,pondasi itupun runtuh di akhir cerita,entah screenwritternya kah atau siapa yang bertanggung jawab atas hal ini,film yang memiliki POTENSI bagus akhirnya hancur karena ending yang sangat konyol,benar2 deh,gw mau caci-maki dah yang bikin itu ending,trully,its not UNSATISFYING ENDING,but DISSAPOINTED ENDING,gw sebagai penonton kecewa,demikian juga beberapa temen gw yng nonton nganggep ending yang gk ada klimaksnya,bukan ending namanya kalau gak ada klimaksnya,secara,selama 90 menit law abiding citizen berhasil mengajak kita naik roller coaster,namun selama 20 menit terakhir,roller coasternya rusak dan mogok ditengah2,its very awfull,watch the movie,you think its good,but when you go through the ending,it will be 1000x times worse than you imagine,trust me
mbAhdArmoOoO Verdict:

Pros:
+ good theme,about a man who seeks justice behind cell
+ akting Clyde yang karismatik,egois,menghibur,dan penuh rahasia benar2 menarik diikuti
+ thriller scene beberapa yang membuat penonton histris
+ beberapa twist kecil yang membuat rasa penasaran 

Cons
- beberapa plot hole dimana2x
- akting Jamie Foxx kurang gres gimana gitu
- ENDING PARAH,hanya screen writer pemalas luar biasa yang ngebikin ending kek gini

Law Abiding Citizen Score:
        • Score: 3/5
          ★★★
      PS:Law Abiding Citizen sebenarnya deserve 5 stars without the ending,ending yang benar2 lucu deh nurut gw....


3 comments:

  1. WE ARE ANONYMOUS.
    WE ARE LEGION.
    WE NEVER FORGIVE.
    WE NEVER FORGET.
    EXPECT US.

    ReplyDelete
  2. OH SHIT! IT'S THEM!!!
    I DON'T HAVE NOTHING TO DO WITH THIS!!

    ReplyDelete
  3. hahahahah,,bener gannn ane stuju ma ente
    bener mas,,,filem ya kerennnn,,,cuman ending ya bikin keselllll buat sya emosi… mudahan s mr. nick mnyadari kesalahan ya…hukum memank hrus d tegak kan,,,hahahaha

    ReplyDelete