Thursday, February 28, 2013

Belenggu (2013) Review.


Actually, there are several reason why hype Belenggu itu begitu besar dan menyeruak kemana2, sehingga membuat gw yang tipikal maniak-film anti Habibie Ainun langsung nonton Belenggu di hari pertama pemutaran film ini di bioskop kota gw:

1. Belenggu adalah film yang ngebuat Joko Anwar sirik.

Siapa sih yang kagak tau Joko Anwar, sutradara udin sedunia ini emang auteurs Indonesia terdewo dalam hal ngebikin film thriller.  Doi adalah director yang menurut gw berani mendobrak batasan2 dogma perfilman sekitaran.  Karya2nya gausa dipertanyakan lah, bagus2 semua kok (except Kala, gw gak pernah ngerti dimana bagusnya itu film), dan Joko Anwar nge-tweet bahwa film Belenggu itu adalah film yang membuatnya sirik? Damn!

2. Belenggu terinspirasi dari Twin Peaks.  

Upi sendiri ngomong, kalo dia pas SMP nonton Twin Peaks, dan sejak saat itu, dia  pengen banget ngegarap film thriller. Upi sendiri bilang kalau Belenggu bakal agak2 mirip ama Twin Peaks, mengingat Twin Peaks sendiri is my alltime favorite tv series (cek index-review, disitu gw ada ngereview Twin Peaks), membuat gw sebagai manusia yang tegila2 ama Twin Peaks bakal merasa kayak Power Ranger Biru kagak pake helm kalo sampe kagak nonton Belenggu.

3. Belenggu itu trailernya bangsat keren.  

Jujur, trailer film ini asli anjing banget kerennya, gw sih penasarana aja sama itu kelinci, ngingetin gw sama kelinci di Donnie Darko, ama kelinci2an cabul masuk tv di Inland Empire.

Intinya, Belenggu itu merupakan sebuah film yang hype-nya persis kayak jaman2 The Raid/Modus Anomali kemaren, bolos2 dah gw masuk sekolah, yang penting ketonton Belenggu.

Belenggu itu ngambil setting di sebuah kota kecil, dan nyeritain tentang seorang bartender bernama Elang (Abimana), di kota kecil itu, terjadi rentetan pembunuhan misterius yang pelakunya masih belum bisa ditemukan dan masih berkeliaran, membuat tiap2 warga di kota itu saling curiga satu sama lain.  Elang kadang2 selalu mengalami mimpi buruk, dimana dirinya melihat seorang badut kelinci membunuh tetangganya, Djenar (Laudya Cynthia Bella) dan anaknya (Afika KW 1).  Dan mimpi2 buruk Elang ini makin berlanjut dan rumit ketika ia bertemu dengan Jingga (Imelda Therine) seorang wanita yang ia acapkali temui dalam mimpinya. Siapa sebenarnya pembunuh bertopeng kelinci?



Dengan gaya penceritaan yang rumit dan menjerumuskan, pengunaan efek low-key-lightning yang menambah kesan misterius nan memukau, serta shot2nya yang indah tapi suram, Belenggu sendiri sejak awal mencoba membuat penontonnya hanyut dan terbelenggu dalam dunia gila bernama dunia Belenggu. Alur cerita serta kualitas narasi yang Upi hadirkan di Belenggu itu bener2 dashyat dan membuat gw yang bisa dikatakan sering ngeremehin film2 Indo, mendadak dibikin terpukau dan nganga ngeliat twist-nya yang unpredictable dan gilanya bukan main.  Bicara tebak2 film, gw bisa dibilang udah sering makan asam-garam dunia twist, gw pas nonton Psycho udah tau kalo emaknya Norman Bates itu **********, gw pas nonton Modus Anomali udah tau kalo ternyata John Evans itu ******** (yang gw ga tau itu cuman motifnya doang kok), gw pas nonton Se7en udah tau apa isi kotak misterius yang diberikan penjahat babi Kevin Spacey, gw pas nonton...... ah udah ah! Intinya kadang gw sering nebak2 film, dan tebakan gw selalu tepat!!, hahahahha!! (Unless buat Mulholland Dr. ama Lost Highway, itu mesti buka2 internet dulu baru tau ape maksudnya, apalagi Inland Empire, edan bener itu film.)  Tapi Belenggu, hell, Belenggu itu bikin gw yang sok2 tebak2 manggis masalah dunia twist malah dibikin kaya orang idiot.



Twist, puzzle, serta narasi yang ada di Belenggu itu mirip2 dikit ama Lost Highway, dimana Upi dengan Belenggu dan David Lynch dengan Lost Highway mencoba mencolek2 otak penontonnya dengan cara memberikan sedikit clue2 dan berusaha men-yakinkan penontonnya, bahwa seakan2, penontonnya yakin mereka (termasuk gw) sudah memiliki kendali atas filmnya dan menguasi narasi penceritaanya, alias, penonton (termasuk gw) udah yakin nih film bakal dibawa lari kemana.  Tapi sayangnya, setelah Upi meyakinkan lu lewat story telling-nya yang terlihat 'mudah', tiba2 plot cerita yang udah solid dibikin jadi jungkir balik, dan logika ceritanya sendiri yang udah kuat dibikin 'upside-down', efek kagetnya tuh berasa kayak ditampar kuat2 ama Kinnikuman, ngebikin anak2 abg random dibelakang gw diskusi ama teman2nya kenapa ini film mendadak aneh bin ajaib, bahkan sampe teriak2 ketakutan pas ngeliat itu kelinci mendadak nongol. Gw sih adam tentram aja sih sebenarnya, kayak orang jenius (padahal gw ketipu juga sih, ga nyangka ternyata celah-celah ceritanya bisa diisi ama begituan *ngaku*)

Feel surealis yang faktap dan tone2 gelap juga sangat berasa selama durasi Belenggu berjalan, membuat Belenggu semakin gelap dan absurd.  Gw suka dengan shot2 di apartemen yang kumuh itu, dimana sang karakter utama berjalan, dan bertatap muka dengan orang lain, itu shot bener2 indah dan rusak buat gw, dan ngebikin gw makin nafsu untuk ngelarin ini film.  Dan oh iya, yang paling berasa banget aura Lynch-nya itu, mungkin pas dream sequence-nya kali ya,  dimana di salah satu scene, ntar ada scene dimana Elang mimpi ngeliat pertunjukan nari2 sambil nyanyi ga jelas gitu, dan scene itu sontak ngingetin gw ama dream-sequencenya Twin Peaks, dimana waktu itu Agent Dale Cooper bermimpi dan ketemu ama The Man From Nowhere dan Laura Palmer.



Kesamaan Belenggu ama film2nya Lynch seinget gw:
Horden Merah.
(Lynch tanpa horden merah itu kayak Mokit Gundam tanpa kepala, kayak ada yang kurang)
Elang yang mirip2 ama Dale Cooper.
(Ini ceritanya si Elang jadi tukang mimpi)
Jingga yang mirip2 ama Laura Palmer.
(Kalo si Laura Palmer bisik2 ga jelas ke Cooper, nah si Jingga ini teriak bebaskan aku ke Elang)
Musik yang agak jazzy .
(Bedanya kalo di Twin Peaks itu jazzy, di Belenggu itu iringan musiknya lebih jawa)
Kafe yang mirip2 ama kafe Double R di Twin Peaks.
(Sayang, pelayannya gak secantik Madchen Amick)
Kelinci .
(kalo kelinci menurut gw dari Inland Empire sih)
Shot2 di apartemen yang ngingetin gw sama The Raid Eraserhead.

Bener2 dreams come true dah buat gw sebagai fans ringan Twin Peaks, mudahan Upi bakal sering ngebikin film macam begini.


Bicara masalah akting, Abimana itu emang one of the finest actor di Indonesia, karakter dia yang acapakali selengean itu emang bad-ass dan keren bener, coba inget lagi #republiktwitter, or Serigala Terkahir, dan Catatan Harian Si Boy, ini orang harusnya jadi role-model kawula muda sekitaran, biar selengean, tapi tetap berkharisma dan berwibawa, ngingetin gw ama Fachri Albar Pintu Terlarang. Supporting-rolenya juga keren2 dan bagus2 banget mainnya disini, apalagi si Laudya Cynthia Bella, beuh, cakep bener dia mainnya disini.  Gw dulu pas jaman BBB (Bukan Bintang Biasa) nganggep bahwa cewe yang paling cantik diantara grup besutan tante gendut rambut eraserhead itu cuman si Chelsea Olivia doang, Laudya Cynthia Bella ama Ayushita gw anggep kayak SPG susu bayi mini market terpencil yang hoki bisa nongol di BBB, tapi pas gw nonton Belenggu, ya ampun, gw mungkin emang telat pubernya kali ya, baru sadar itu orang cakepnya sekarang, jangan2 gw pas sd emang homo beneran.


Narasi yang ada di Belenggu itu buat gw sih emang mirip ama Lost Highway, tapi bukan berarti Belenggu langsung asal jiplak gitu doang, karena seperti yang pernah abang criesmary bilang di blognya: "Apa sih yang bener2 masih original kecuali vagina perawan jaman sekarang? Udah gak ada. Semuanya udah penuh dengan influenced dan sperma disana-sini."  Dan Belenggu itu emang memiliki banyak unsur yang dipengaruhi oleh Lost Highway, tapi Upi tetap mampu men-twist poten dan narasi milik Lynch menjadi sesuatu yang baru dan menjadi miliknya sendiri.  Overall, Belenggu sendiri merupakan sebuah karya ter-apik yang pernah dibikin Upi, lewat karyanya ini, Upi mengajak penontonnya terbelenggu dalam sebuah neraka, neraka ketidakpastian.




8 comments:

  1. wow.. keren reviewnya.. jadi pengen nonton filmnya nih gara2 baca reviewnya, soalnya jarang2 saya suka film dalam negeri, kecewa duluan ceritanya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, ada senior blog eigarebyu berkunjung ke blog saya, ninggalin jejak lagi,jadi terharu~~ *langung sujud sungkem depan pc*

      Delete
  2. Wah, mau gak mau mesti liat nih. Aku ngefans david lynch, film2nya unik. Blum pernah jumpa film2 yg surealistik selain bikinan david lynch, benar2 maestro. Twin peaks yg buat kan dia juga.

    Di belenggu ada klinci2nya, kayak "rabbits" film pendek david lynch? Kebetulan itu film favorit gue, meski pendek tapi timbul pertanyaan2 yg gak habis, bagi aku film yg bagus itu yg membekas ke jiwa sampe sekarang, sampe pengaruhi selera musik, kepribadian, dll. Eraserhead, twin peaks, rabbits membekas di jiwa aku sampe skarang. Penasaran Belenggu kayak gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak kok sineman surealistik yang keren selain David Lynch, ada Luis Bunuel, Maya Deren, Alejandro Jodorowsky, Leos Carax, etc, cuman yang gayanya bener2 asik dan stylish ya David Lynch imo, dia termasuk sineman surrealis yang bisa ngedobrak dinding snob sama mainstream sih, makanya dia terkenal. Anyway makasih udah berkunjung :D

      Delete
    2. Iya, ada film children of apa gitu (film prancis kalo gak salah), maksudnya mau dibuat surrealistik tapi gak menarik blas, gak ada emosi (kesannya mati), lagunya aja yg enak.
      Lynch tu pinter banget memang bikin tokoh2nya hidup, bahkan benda2 matinya aja berkarakter, kayak gedung2 kosong di eraserhead, mawar di blue velvet, donat di twin peaks.

      Trus soundtracknya juga berkarakter, trio jenius d.lynch, julee cruise, angelo badalamenti.

      Delete
    3. Lynch backgroundnya bukan moviebuff sih, dia kan sebelumnya pelukis, makanya saat pelukis ganti karir jadi filmmaker, jadinya kayak begitu dah, bahkan benda mati bisa terkesan sangat bernyawa....

      Delete
  3. Satu yang kurang dari film ini, yaitu posternya... Posternya terlalu lebay, terlalu banyak darah, terlalu banyak croping2 gambar yang disatukan, poster macam gini mainstream banget buat poster film2 di Indonesia yg emang kebanyakan desain grafisnya lebay alias berupa gambar2 hasil croping yang disatukan, bukan 1 gambar yang utuh. Orang yang lihat poster film ini pasti udah kebayang film-film horor KW 5 setengah bokep. Coba posternya lebih clean & simple kayak poster film "the silence of the lambs" atau "identity". Bakal makin terasa nih film emang film Indonesia yang berkelas.

    ReplyDelete
  4. ini salah satu film Indonesia yang KEREN! twist-nya ngga ketebak sama sekaliii (y) (y) salut banget buat Upi!

    ReplyDelete