Tuesday, February 12, 2013

The Last Stand (2013) Review.


Mood gw kemaren langsung runtuh kayak gedung WTC yang rubuh karena ditabrak pesawat, why? KARENA DJANGO UNCHAINED MASIH BELUM TAYANG REGULER.! Setan dah, padahal menurut logika pikiran Light Yagami gw, jika Django Unchained tayang midnight pada hari sabtu malam, maka Django Unchained pasti akan tayang reguler di hari seninnya, ternyata tebakan gw salah, Django masih belum tayang reg, padahal gw udah janji mau ngadain nonbar sama para sahabat jancuk perwakilan smasa-smasix.  Gila bener 21, tau aja gw paling kagak bisa nonton midnight, eh ternyata Django diputerin midnight doang, haram hukumnya anak sma nonton midnight, ntar dikira macem2 pulang malem lewat jam 12, padahal gw udah sabar habis2an dan berusaha menahan nafsu ga nonton versi dvdscr, swt.  Kecewa sama ga munculnya Django, gw pun mutusin untuk nonton The Last Stand, kenapa gw milih nonton The Last Stand?  karena di film ini ada Luis Guzman, aktor kelas supporting favorit gw di Boogie Nights. Akankah kekecewaan gw karena Django belum main terobati lewat The Last Stand, let's find out!


Cerita di The Last Stand itu actually emang klise dan predictable abis. Nyeritain tentang seorang kepala sherrif bernama Ray Owens (Arnold Schwarzeneger) yang mengetahui bahwa ada seorang bos kartel narkoba berbahaya bernama Gabriel Cortez (Eduardo Noriega) yang kabur dari kejaran FBI dan akan melalui kota kecil Summerton sebagai rute pelariannya ke perbatasan meksiko. Ray bersama teman2 sherrifnya pun mempersiapkan persenjataan, dan membuat barikade untuk menahan Cortez yang kabur dari kejaran FBI beserta cecurut2nya Cortez.



Ngebosenin adalah kata yang pas untuk ngegambarin paruh awal The Last Stand. Entah gw-nya yang bodoh atau gimana, tapi The Last Stand itu poten ceritanya bener2 standart dan begitu2 doang, kagak ada yang spesial, Arnold as usual jadi one-liners yang macho, Knoxfille, Guzman, etc dan lain2 standart lah, shot2nya bahkan terkesan murahan dan cheesy, berasa nonton paruh awal Death Proof yang nyaris bikin gw walk-out nonton filmnya.  Sayang, gw tipikal penonton bioskop yang paling anti walk-out, rugi banget  tau ga duit 40 rebu dibuang2 (btw 21 Banjarmasin sekarang nge-charge harga tiketnya 40.000 untuk hari senin-jumat, gw merasa jadi makin miskin).

JACK, JACKIE JACK, JACKIE JACK, JACKIE JACK!!

Mendekati klimaks, barulah pace cerita The Last Stand yang semula lambat mendadak menjadi cepat dan memompa habis adrenalin.  Pasalnya, sang sutradara sendiri bukan orang sembarangan, beliau adalah Jee-Won Kim yang ngebikin I Saw The Devil, which is, one of my favorite korean film selain Oldboy, tapi sayangnya, kesadisan or cerita yang nge-faktap lu abis2an di I Saw The Devil gak bakalan lu dapetin The Last Stand, why? karena menurut gw, selain alasan Kim yang ngebikin sebuah ajang comeback buat Arnie bikin film, motif lain yang gw liat di The Last Stand itu adalah, Kim ngebuat TLS itu menjadi sebuah film dengan homage terselubung untuk film2 Spaghetti Western-nya Leone, macam A Fistful of Dollars, For a few dollars more, etc, terus diaduk2 ama film action barat lain, dan kemudian, jadilah The Last Stand.

Paruh awal yang biasa mendadak berubah jadi cepat, hillarious, dan awesome.  Menit2 mendekati akhir itu merupakan sekuens action yang apik dan gila, gw merasa eye-gasm aja ngeliat Kim naruh homage film2nya Leone disana sini, apalagi pas adegan komplotan penjahat nembak si Luis Guzman pake bazoka, shit man, emang bener2 deja vu A Fistfull of Dollars banget, Luiz Guzman mendadak berubah jadi kayak Man with no name, Eastwood pasti nyengir2 kusut dah kalau sampe ngeliat si Maurice Boogie Nights ini mendadak jadi manusia super ekstrim dengan senjata thompson-nya.


Akting? seriously, jangan ditanyain deh, kualitas akting di The Last Stand itu berasa kayak nonton ftv lokal, gw gak ngomong si Arnie ya, tapi si Jaime Alexander itu emang annoying abis, sedih gw ngeliatnya, apalagi pas adegan mau ngomong sesuatu ke Arnold, damn, facepalm gw ngeliat itu orang mau ngomong susah bener.  Tapi performa mereka ga sepenuhnya jelek kok, hell, Forest Whitaker keren abis disini, ini orang boleh deh jadi supporting role melulu dan jarang jadi main char, tapi ini orang awesomenya gak ketulungan, tiap kali dia ngomong, buset dah, pikiran gw langsung melayang ke film The Crying Game-nya Neil Jordan.  Intinya dari segi performa, Forest Whitaker steal the show, kemudian si Arnie dengan dialog2 one-liners-nya yang epik2, serta Luis Guzman dengan kemampuannya yang mendadak jadi manusia super amazing, jadi senyum2 sendiri gw kalo nginget2 itu scene ababil.


Buat gw, The Last Stand adalah sebuah film action yang nanggung, jelek engga, bagus banget juga engga, banyak bener momen2 cheesy dan 'ga enak'nya. Tapi afterall, gw tetep bisa menikmati The Last Stand dari menit2 awal sampai akhir, klimaksnya kurang sih menurut gw, tapi untuk ukuran film action, The Last Stand cukup bagus dan lumayan berhasil menghibur penontonnya.  Kind of B-Movie yang bisa lu lewati, tapi cukup sayang kalo sampe ga ditonton.


3 comments:

  1. Replies
    1. Nubuat perkataan Arnie di Terminator akhirnya terpenuhi di The Last Stand, wkwkwkwk

      Delete
  2. Sayangnya nggak muncul "I'll be back...!!!"

    ReplyDelete