Monday, February 11, 2013

A Good Day to Die Hard (2013) Review



John McClane is baaaack!



John McClane, si polisi yang selalu berada di tempat yang salah dan waktu yang salah kali ini berada di tempat yang salah dan waktu yang salah.

John McClane (Bruce Willis) kali ini terbang ke Russia demi menyelamatkan anaknya, Jack (Jai Courtney) [belum lama ini gua kan nonton Jack Reacher, si Jai juga main disini, oleh karena itu gua sempat mikir: "buset! anaknya Bruce Willis ternyata musuhnya Tom Cruise"] yang ternyata seorang agen CIA yang lagi undercover di Moskwa. Cerita bersentral pada usaha Jack mengekstrak Yuri Komarov (Sebastian Koch), seorang tahanan politik yang mempunyai bukti yang memberatkan politikus korup Chagarin (Sergei Kolesnikov) yang merupakan pedagang senjata nuklir. Tapi kedatangan John merusak semua rencana Jack. sehingga makin repot deh dia...

"RUSSIA? SENAPAN? TERORIS? INTELIJEN? NUKLIR? HAZMAT? INI JELAS-JELAS RIPOFF MODERN WARFARE 3!" -Fanboy Call of Duty.

ngomong-ngomong soal Russia, bagi gue, Russia adalah negara paling gokil sedunia! gua rasa ga ada salahnya mengambil kembali lelucon yang (agak) basi ciptaan Yakov Smirnoff sebagai pengantar... In Soviet Russia!




oh.... suerr, suatu saat nanti gua pasti bakal ke Russia. DAAAAAAA!



The Review:

Dari semua film Die Hard yang pernah gua tonton... gua bisa tarik satu kesimpulan...
"John McClane itu susah mati."

Die Hard 1 - Susah Matinya.

Die Hard 2 - Susah Banget Matinya.

Die Hard 3 - Bener-Bener Susah Banget Matinya!

Die Hard 4 - ANJRIT! DIA BELUM MATI JUGA!!

Die Hard 5 - DASAR BUNGUL BANAR IKAM NI! KADA MATI-MATI! 
<translate: SIALAN BANGET SIH ELU!! GA TEWAS-TEWAS!!>


Selagi John McClane belum mati, Film Die Hard akan selalu menghantui para Thrill Seekers dan Adrenaline Junkies di luar sana.

Film kelima Die Hard ini menurut gue kurang berasa sensasi DIE HARD-nya. I Mean, Die Hard is about John McClane in Action. tapi di film ini John terpaksa berbagi spotlight dengan Putranya. Gue ga suka hal ini, Die Hard seharusnya merupakan film yang menunjukan kehebatan laga si John McClane sebagai "Lone Wolf" atau "One Man Army". Dengan dimunculkannya Wingman, atau Sidekick or whatever, Film ini mengambil dengan paksa kekaguman para penonton terhadap karakter yang diperankan oleh Bruce Willis ini.


Aksi yang luar biasa gokil sudah menjadi trademark Die Hard Series, aksi di film ini lumayan fresh, jarang liat momen momen cheesy atau klise yang diambil dari film film laga lain. John Moore disini gile beneer mengacau! kekacauannya hampir separah Die Hard 4! At least John Moore memberi waktu sejenak bagi para karakter untuk berkembang, sekaligus memberi peluang bagi penonton untuk bernafas.. hingga set piece action gokil selanjutnya. John Moore > Michael Bay. Oh and btw, set piece action disini kok berasa dejavu gituh sama Skyfall.

Kali ini, banyak elemen yang menarik dari film film sebelumnya jadi ilang.. satu, film ini bersetting di Mother Russia. John ga bisa bahasa rusia,dan gue cuma ngerti "KREMLIN" dan "PERESTROIKA" doang. jadi lelucon lelucon dan funny one liners ga bisa dilakukan oleh John McClane.

Signifikansi. Die Hard ini terkesan lebih simple dan ga penting gituh. Di Die Hard 1 John Musti nyelamatin sandera dari teroris, Die Hard 2, John harus menyelamatkan Bandar Udara, Die Hard 3, John harus menyelamatkan warga sipil New York, Di Die Hard 4 John harus menyelamatkan Amerika Serikat dari Cyberterorrist. Sedangkan di die hard 5 nih, John "cuma" ngebantu anaknya nyelesain misi.. You see the point? Urgensinya kurang berasa banget. Karena latar belakang para antagonis yang minim, penonton merasa kurangnya signifikansi misi John McClane disini.

Yang jadi masalah utama bagi gue adalah antagonisnya. Penjahat di film ini sama sekali ga selevel Alan Rickman, Jeremy Irons, William Sandler, bahkan Timothy Olyphant! intinya.. penjahatnya forgettable.


"I'M ON VACATION!!" -Kalimat ini setidaknya diucapkan sekitar 7 kali oleh Jon McClane sepanjang film. Dan berhasil menjadi memorable quote film ini. Menggeser tagline sebelumnya yaitu Yippee Ki Yay Motherfucker.

Setiap ending film Die Hard, tidak memberikan Closure yang pas yang menandakan "oh, inilah akhir dari John McClane" setiap endingnya nanggung dan selalu memberi peluang untuk film selanjutnya. Dan tidak mustahil akan dibuat Die Hard 6......





verdict:


3 comments:

  1. Sip gan reviewnya,,, ane baru saja semalam nonton.... Cuma emang terlalu dangkal banget ceritanya gan... intinya kurang puas lah, tetap yang ke-4 itu yang sangat dahsyat dari semua seri Die Hard... Tar ane nyusul bikin reviewnya ya gan...

    ReplyDelete
  2. its a good day to call it a day

    ReplyDelete
  3. hahaha, "dasar bungul kam ni" mantap banar reviewnya wal ae

    ReplyDelete