Tuesday, July 3, 2012

The Amazing Spider-Man (2012) Review


Peter Parker: We all have secrets; the ones we keep, and the ones that are kept from us.



Director: Marc Webb
Starring: Andrew Garfield, Emma Stone, Rhys Ifans
A.R's Comment: This is a very enjoyable, Superhero Movie.. especially for Teenagers like us!


Synopsis: bagi maniak Marvel dan comic book nerd seperti gue, plot mah ga usah di bahas lagi... tapi bagi publik mainstream mungkin perlu di tambah sinopsis singkat;
Peter Parker, seorang remaja kutu buku yang Jenius dan lemah sering di bully oleh siswa lain (TRUST ME! DI BULLY TUH GA ENAK!), dan ngga punya pacar, tapi segalanya berubah ketika dia digigit oleh laba-laba Hasil uji coba sains, akibatnya dia memperoleh kekuatan yang lebih kuat, bisa memanjat tembok, dan mempunyai Spider-sense khusus agar dapat merasakan bahaya.. bla bla bla. trus dijadikan film deh.


YEAH GUE SPIDERMAN!! ADA MASALAH?!



oke, sebelum review, gue akan jawab Frequently Asked Questions (FAQ) dari Publik:

1. Apakah ini Spiderman 4??
NOPE!! ini merupakan reboot, bukan kelanjutan spiderman era Sam Raimi, dan ga ada sangkut pautnya dengan seri sebelumnya! Yang tanya ini Spiderman 4 berarti Mainstream sekali!!

2. Apakah Tobey Maguire masih jadi Peter Parker??
NOPE!! seperti yang gue bilang diatas, ini reboot.. mulai baru dengan cast yang baru.. semua aktor lama sudah lenyap! yak Tobey Maguire sudah didepak!(entah kenapa gue nganggep ini lucu banget, tapi gue jadi merasa iba sama si Tobey, jadi ada beberapa rage comic kubuat untuk menghibur si Tobey.) 

ANDREW GARFIELD IS THE NEW PETER PARKER.

3. Apakah ada Mary Jane Watson??
NOPE!! love interest di film ini adalah Gwen Stacy si Emma Stone(WEW). sejujurnya gue juga kecewa karena pilihan Gwen Stacy sebagai love interest.. menurut gue Mary Jane adalah cinta sejadi si spiderman, lagian cari aktris buat M.J ga sulit sulit amat, kan ada Emma Roberts, atau Teresa Palmer(NGAREP). tapi Emma Stone itu sudah Lebih Dari Puas gan!!

4. Apakah The Amazing Spider-man masuk dalam "Marvel Cinematic Universe"??
NOPE!! karena The Amazing Spiderman bukan buatan Marvel, melainkan buatan Sony! selama Sony masih membuat film spiderman, maka spiderman bukan bagian dari Marvel Cinematic Universe.. THAT MEANS spiderman ga akan ikut THE AVENGERS!!

5. Apakah Andrew Garfield udah punya pacar??
I DON'T KNOW!! pasti ini pertanyaan dari kaum betina.. A.R ga tau soal beginian!!

6. Apakah mbahdarmoOoO AKA:Timothy udah punya pacar??
BELUM!! dia "forever alone" akupun sibuk mencarikan dia pacar! (INI FAQ DARIMANA PULA?!)

"AKU KAN AMAZING JUGA!"



Memang tidak mudah rilis dalam bayang-bayang film hebat reboot pula, yang pasti akan "DIBANDINGKAN" yah ini mah sudah pasti! belum genap 2 bulan sejak Film Superhero Paling Spektakuler "THE AVENGERS" mengguncang dunia, sekarang pun masih terasa auranya, dan tentunya The Amazing Spider-man bakal dibandingkan dengan The Avengers..
tapi kalo menurut gue sih jangan bandingkan Spiderman dengan The Avengers (yang btw sama-sama Marvel) tapi bandingkanlah dengan 3 seri Spiderman Sebelumnya karya Sam Raimi starring Tobey Maguire(HAHAHAHAHAHAHAHA)

TERNYATA SI RAY SAHETAPY ADALAH SPIDERMAN!!


oke dari segi cerita jelas jelas ini JAUH lebih mantap daripada punya Raimi, ceritanya nggak mengambang dan forgetablle, tapi justru plot nya yang di usung dari awal, basa-basi dan aksi belakangan aja!
Biasanya kan film superhero sejak awal mulai pelan, perkenalan, basa-basi, lalu barulah "DAPAT KEKUATAN" dan baru aksi.. tapi urutan The Amazing Spider-man ini langsung origin kekuatan terlebih dahulu barulah bagian basa basi.. gue justru lebih suka cara Approach yang begini, lebih enak bagi pemirsa! Well Done Marc Webb!!
tapi plot point penting yang di usung terus di awal film justru tidak nampak di pertengahan-menjelang akhir.. plot poinnya baru kembali saat "Post Credit-Scene" (saran A.R jika nonton film Marvel: JANGAN PERNAH TINGGALKAN BANGKU SEBELUM CREDITS NYA SELESAI!)

diluar dugaan, aku yang pada awalnya sangsi dengan pasangan Peter-Gwen, jadi makan kata kataku sendiri.. karena Chemistry mereka berdua memukat sekali! seperti pacaran betulan! peter parker juga jadi Role Model bagi para Nerd, bahwa jika kamu berani, kau pasti akan mendapat CEWEnya (ehmm mbahdarmoOoO... yak aku bicara padamu!) Romantisme Peter-Gwen benar benar memikat dan aku sangat menikmatinya, beda dengan pasangan yang bikin eneg Edward-Bella!
bisa dibilang bahwa aksi dan plot, semua hanya latar belakang kisah cinta mereka. ayah gwen, seorang kapten polisi dan orang yang ingin menangkap spiderman malah menjadi peran ampuh untuk meluncurkan Romantisme ini ke level yang lebih tinggi! maksud gue, apa lagi Dilema yang lebih hebat daripada "Mertua"? Mertua lo lebih ganas dari si LIZARD! Well Done Andrew and Emma!
peran Andrew Garfield lebih cocok jadi Peter Parker daripada Tobey Maguire(LOL) tapi hanya ada satu ktitik... SEJAK KAPAN PETER PARKER BISA MAIN SKATEBOARD?!?!?!?!?!

"SUKA-SUKA GUE DONG! KALO GA SUKA GA USAH NONTON BERO!"


Kritikan Pedas terletak pada pilihan Villain, LIZARD?! seriously?! lizard?? padahal kan masih banyak supervillain yang lebih layak daripada si Lizard.. bagaimana Dr. Octopus, atau Green Goblin, atau Venom?? (oh FYI marvel akan buat film VENOM lhoo..) yah memang supaya disesuaikan dengan plot, tapi sekali lagi aku terpaksa menjilay ludah sendiri, karena Lizard memang cocok sekali jadi Pembuka Franchise baru Spiderman.

CGI terlalu terfokus pada 3D jadi mengorbankan 2D, tapi aku suka banget angle camera diubah jadi 1st-person shooter style! tapi 3D sangat silky smooth mulus flawless tanpa cacat. (ATAU MATA GUE YANG SUDAH RUSAK?!)

"HEH! LO NTAR PAS PEMILU DUKUNG PARTAI GOLKAR AJA YAK! KALO NGGAK, GUE BANTING LO!"


yang paling berhasil gue tangkep adalah bagaimana bagaimana perubahan fanbase.. jika Sam Raimi berhasil membuat kaum Jantan berliur karena Kirsten Dunst, maka Marc Webb berhasil membuat kaum betina ngidem berkat Andrew Garfield, yang jauh lebih jantan daripada Tobey Maguire(LMAO) yah lebih banyak mana populasi pria dibandingkan wanita di dunia ini, juga soal wanita punya kemampuan memaksa.. MARC WEBB FTW!!!




score:
7.5 of 100







Dan Rage Comic terakhir ini kudedikasikan untuk Tobey Maguire:



24 comments:

  1. sumpeh..gokil gan rage comic nya...!!!
    btw.. izin share y gan

    ReplyDelete
  2. gue tetep suka Tobey. Lagian apa alesan kamu bikin komic itu? Wong alesan spd 4 gak di lanjut karena dah gak ada lagi jalan ceritanya bukan masalah tobey nya kok. N tobey juga ok ok aja kok malah dukung garfield wkwkwk kamu aja yg ngada2

    ReplyDelete
    Replies
    1. ehhm,,aduh,sebenarnya gin,Spiderman 1-3itu kan karya Sam Raimi,dan malah rencanya Raimi mau ngelanjutin Spiderman sampai Spiderman ke-6 lagi,cuman karena ada kesalahan kontrak gimana gitu,Sam Raimi batal ngebikin Seri 4-6,cuman sampe 3,dibikininlah spiderman reboot ini,bukan ceritanya habis,soalnya alur cerita spiderman karya oom Rami masih banyak yang bisa di-eksplor,mau gk mau dibikinlah Reboot yang katanya keren daripada karya raimi,btw itu komiknya cuman buat lucu2an kok,sesama movie-blogger kan banyak yang kasian ama Tobey,maaf ya kalau rage comicnya nyinggung,sumpah,cuman buat lucu2an aja,muka Tobeynya itu lo,lucu.

      Delete
    2. GA BISA BERO! GUE TETEP SUKA SAMA TOBEY!

      Delete
  3. Tobey sekarang jadi jahat lho
    kalo nggak percaya, baca aja komik Naruto
    beneran...

    ReplyDelete
  4. ga sengaja buka blog ini. kayanya yg lebih milih tobey buat meranin peter parker, penonton major yg kebanyakan belum baca komiknya. terutama temen-temen gw yg blum baca komik spiderman :))))

    gw lebih setuju andrew karena karakternya lebih sesuai dengan yg di komik. mantap bung A.R kritiknya, hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebetulnya ini bukan "kritik", ini malah mendekati "Rant".
      gua cuma nulis ngasal semau gue koks :)

      Delete
    2. lebih sering lagi ga sengajanya ya :))

      Delete
  5. SORRY BRO. Gue lebih dukung Tobey Maguire! GO TOBEY!
    Tapi, jujur, gue suka Rage Comic nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek post lain kalo suka rage comic :)
      >This Blog is Full of it!

      Delete
  6. ane dukung tobey,mainnya lebih kompleks,lgipula gwen stacy bakal dimatiin ama sutradaranya,cemestrix bkal ilang tuh(versi komik asli marvel)

    ReplyDelete
  7. enak lo ya , kyak nya lo ngehina tobey nih..merasa diri lo yg pling tau tntg spiderman ja..
    emg si film ini mirip komik aslinya..tp Jgn salhkan siapa2 jgn ejek siapa2..yg bkin tu flm bkn tobey dia hnya pemeran(peter).. jd kalo lo mw mgkritik silahkan kritik si pmbuat filmnya...tobey oke oke aja kalo dia peran.a gk cupu gtu...Lo yg msih bau kencur yg sok tau..hnya memvonis/mgejek trilogi spidey tu brdaskan krna perbedaan dgn flm ekor lu tuh.. Lo jgn mrasa film(tas) bau kencur lo lbh hbt drpda trilogy..film ini msh bawah nak, ktimbang spiderman 1.
    -superhero lo terlalu sering membuka topengnya:benr2 kurang msuk akal, flm balita,
    -superhero lo seakan akan ingn identitasnya di tau oleh pcarnya; superhero sombong. Wkwk
    -ada adegan ktika superhero lu bntrok dgn kadal..ehh mlah superheronya tiba2 prgi; gk msuk di otak..
    -wrga new york kala itu terlalu cepet simpatik pd superhero..pdhal msh blom jels, shrusx ini hrus ada di flm ke 2 tau ke 3...
    Okelh trilogy emg ga mrip amat dr komik..
    tpi trilogy kebggaanku lebh bermotivasi dan lbh superhero dri pda flm balita lo..and gw saranin di flm lo nanti jgn pnh nge jiplak_
    "with great power comes great responsibility"
    >>sangat di sayangkan om raimi..mengundurkan diri..jiwanya lbh super dr pd superhero..camkan itu..

    yg nulis artikel mash amatir lo tu gk lbh dr seorang superhero amatir brjiwa villain kadal busuk..

    ReplyDelete
    Replies
    1. BENER BANGET BERO!SPIDERMAN VERSI BARU INI EMANG BAU KENCUR, PADAHAL KALO DIADU DUA-DUANYA, LEBIH DEWO TOBEY BERO!. DAN TULISAN SPIDERMAN ENTE BAGUS BENER GAN, BENER2 KAYAK DEWA KRITIKUS FILM, SEKELAS EBERT DAN TRUFFAUT, MERINDING ANE NGEBACANYA!!, LONG LIVE SAM RAIMI, LONG LIVE TOBEY!!

      Delete
    2. ya emang enak gue lah. ni blog, blog gue. gue bisa tulis semau-mau gue disini, mau nulis ngehina atau muji atau ngatain atau bullshit lain terserah gue dong! kalo kagak suka, ya bikin blog baru gih sana! now huss.. huss.. pergi sana! GET THE FUCK OUTTA MY BLOG!.

      > intinya: Middle Finger for you. YOU FUCKING PUSSY ASSED SELFISH MOTHERFUCKING PIECE OF COCKSUCKING SHIT!! #cunt

      Delete
  8. Sayang bro..... Sebenarnya Film Spidey 1-3 yg paling mirip kartun n komiknya, menurut ane, inget kan adegan SMACK DOWN di film Spiderman 1?? Itu ada di film kartunnya juga lho.... Trus, kayaknya ane lebih SREG kalo si Tobey yg memerankan Peter, udah culun, sopan, pokoknya mirip Peter Parker deh, tapi kalo si Garfield nih kurang "NERD", bisa main skateboard pula, sampe dimarahin gurunya tuh... Kesannya agak "naughty boy", karakter Peter-nya agak kurang... Tapi teteplah, dis is feri gud riviu, ai laik it

    ReplyDelete
  9. Ya pendapat orang beda2, tp menurut gua tobey emang lebih pantes meranin peter parker. Karakternya lebih dapet didukung alur cerita yg bagus. Yang pasti spiderman ala tobey lebih memperlihatkan kekuatan spiderman yg sebenernya, kalau spiderman yg diperanin garfield condong kekanak kanakan (gak memperlihatkan kepribadian peter parker yg sebenernya, yg sederhana, baik, sopan dan gak neko2) selain itu kekuatannya didapet lebih ke ilmu teknologi yg dia punya, jaringnya aja buat sendiri bukan dari kekuatan dalam diri, gak ngelihatin kekuatan laba2nya. Meski culun tobey lebih berkarisma (y)

    ReplyDelete
  10. Emm..gua si pilih andrew..karena pas gua lgi main game the amazing spiderman..kn ad dapat suit"ny/kostumen spiderman tobey .andrew lbi pas..tpi cuman 1 yg gua heran..kenapa the amazing spiderman..pas keluarin jaringny dengan..alat" yg dia bikin tu..tpi costumeny lumayan pas..sifat andrew menjadi peran peter parker..ckup bagus..dn filmny aneh.polisi knp mw nangkep spiderman yq? Sedangkan spiderman classic kok egk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aslinya Spiderman emang pake web shooter. Cuma di trilogi Sam Raimi Spiderman bisa ngeluarin jaring organik

      Delete
  11. jujur kalo cerita pilih versi andrew karna emang dibuat sama kaya komik tapi kalo aktornya saya lebih suka tobey dari akting sampe bentuk tubuh pas super hero banget + jarang buka topeng (menurut saya) denger2 juga tobey bukan didepak. sedikit saran, unsur hina menghinanya mending di kurangin atau di ilangin (cuma saran gak didenger juga gak apa2). tks

    ReplyDelete
  12. reviewnya muji banget lah kok verdictnya cuma 7.5?? nggak nengok rottentomatoes trus ikut2an kan? #ifyouknowwhatImean

    ReplyDelete