Saturday, May 19, 2012

Ngalur-Ngidul OOT Gadungan Vol.1: A.R & mbAhdArmoOoO Top 10 All Time Video Games

para hadirin yang terhormat....bapak dua,ibu dua,hadirin dan hadirat,di bulan Mei ini lebih tepatnya,blog kritikusfilmgadungan.blogspot.com yang selama ini selalu membahas dan mereview film,untuk pertama kalinya akan ngomong OOT,segment baru ini lebih tepatnya akan membahas semua hal apapun,mulai dari kehidupan sehari2,curhat,kuliner,game,musik,bahkan lagu terbaru SM*SH pun akan kami bahas di Segment terbaru kami,yaitu Ngalur-Ngidul OOT GADUNGAN,yang pada hakikatnya,akan membahas2 hal2 diluar nalar-logika,dan tidak ada kaitannya dengan yang namanya FILM,oleh karena itu,bagi pembaca setia blog ini,silahkan nikmati segment terbaru kami,dan maaf,jika basa-basi ini terlalu panjang.

Introduction:
mbAhdArmoOoO dan A.R merupakan 2 makhluk yang pada sebenarnya bukan lah kritikus film gadungan....melainkan mereka ber2 merupakan seonggok makhluk berspecies GAMER,ya,jati diri mereka adalah gamer,bukan movie entushiast seperti sekarang,sebelum mereka ber2 bersekongkol membuat rusuh dunia maya di blog ini,mereka ber2 merupakan 2 makhluk anti-sosial dan Neet-wannabe yang jarang melihat sinar matahri karena selalu memainkan game favorit2 mereka,sebelum mereka ber2 rajin membaca IMDB dan RottenTomatoes,mereka ber2 lebih sering nongkrong di forum2 game,kalau si A.R nongkrong di IGN,Gamespot,dan PlayStation Network,maka mbAhdArmoOoO lebih sering jadi penunggu liar di teamliquid.net,Kaskus,dan ligagame.com oleh karena itu,kami dengan malu mempersembahkan.

TOP 10 ALL TIME VIDEO GAMES KFG VERSION (dengan perspektif yang bebeda tentunya)

mari kita mulai dengan TOP 10 ALL TIME VIDEO GAMES VERSI A.R terlebih dahulu.



A.R TOP 10 VIDEO GAMES OF ALL TIME.


                                                  
                                                                                 10. Army Men. (PS1)

zaman psone dulu game ini sungguh memberi kesan yang hebat bagiku.. Ini kan "Prajurit Mainan" tapi gameplay agak mirip Call of Duty. Gokil banget!

The Best Moment:
Karena Tank pada game era dulu tuh jarang banget, pas pertamakali liat tank di Army Men, gue langsung: Fuckthatshit! Pasang tampang yao ming face.





                                                                     9. Ratchet: Deadlocked. (PS2)

Seri Ratchet and Clank yang satu ini beda dari yang lain, dengan gameplay candu dan efek yang keren banget. Game ini juga yang bikin gue demen sama 3rd person Shooter.
The Best Moment:
 Pas pertamakali masuk Dreadzone, senjata kita pertama adalah "Dual Viper" (sejenis SMG dual) tuh senjata favorit gue, pas deket endgame, DV sudah ke-upgrade jadi lv99. Berubahlah menjadi "Dual Raptor" gue mendeskripsikan DR sebagai: "Unholy Barrage of Devastating Firepower." Best moment adalah saat dapat Dual Raptor!


8. Dragon Age: Origins. (PS3)
Game ini yang bikin gue nge-fans sama Bioware. Karena ceritanya yang nonlinear dan karakternya yang dalam. Memang RPGnya kurang 
memuaskan, tapi dunia yang luas dan dialog yang rumit yang membuatku menamatkan game ini 5x dengan 3Ras, dan 5 class berbeda.

                                                                                            The Best Moment: 
Saat karakter kita melewati "Origin" story mereka. (Human Noble, City Elf, Dwarf Noble, Mage, dsb) kita dibawa ke Ostagar. Diperkenalkan dg para jagoan Dragon Age. The Battle of Ostagar is my Best Moment. Liat aja di Youtube "The Battle of Ostagar."
Sebenarnya Best Moments ada 1 lagi. Yaitu Pas Landsmeet, dimana kita menentukan semuanya. Semua yang mempengaruhi ending.




7. Mass Effect 2 & 3. (PS3)

This is the pinnacle of storytelling! Film ga akan bisa buat yang seperti ini. Kita hidup sebagai pahlawan antariksa bernama Commander Shepard. Pilihan yang kita buat saling berkoneksi jadi kitalah yang menentukan arah takdir seluruh galaksi! 

  The Best Moment: 
 Mass Effect is the pinnacle of Storytelling. Kejadian paling memorable bukanlah yang paling keren atau penuh ledakan seperti CoD. Best Moments adalah yang sangat Diam. Saat dimana sebuah planet hancur, atau seorang teman meninggal KARENA KEPUTUSAN KITA DI GAME! (Contoh; jika aku bergabung dg pasukan Geth yang lebih kuat, Ras Quarian, dan Planet Rannoch hancur lebur. Dan squadmate kita Tali'zorah melakukan bunuh diri karena rasnya musnah. [Untung gue bisa gabungin kekuatan Geth dan Quarian di chapter 4. Jadi di Mass Effect ku aku dapat 2 armada kuat sekaligus dalam 1 chapter! Hebat!])


                                                                   6. The Elder Scrolls V: Skyrim. (PS3)
GA PERLU DIJELASKAN!, FUS RO DAH!!!!

  The Best Moment: 
 Saat melakukan Quest untuk Paarthurnax, kita disuruh mengambil "Elder Scroll" best Moment adalah saat kita menggunakan Elder Scroll tersebut dan memperoleh Dragon Shout terhebat di game: Dragonrend! (Unrelenting Force/Fus Ro Dah ke laut aja!)

Assasin's Creed (PS3)
Kualitas grafis game inilah yang membuatku ingin beli konsol next-gen. Ceritanya yang penuh konspirasi dan misteri tentang agama dan ilmiah juga mendapatkan perhatian saya.

The Best Moment:
Best moment adalah pas pertamakali tiba di Kota Damaskus, dan Yerusalem.. OMG IT'S BEAUTIFUL!

4. Red Dead Redemption. (PS3)
Sandbox Wild West.. Grand Theft Horse.. Call it what you want, this game is EPIC! No words can desribe it.

The Best Moment:
 Best moment adalah Pas aku tau kalo bisa nyetel musik Harddisk ku sambil main RDR! WOAH! Sumpah baru kali ini aku tau game ps3 bisa begini!
(Sebenarnya tuh aku ga sengaja pencet PS button dan iseng ku klik musik, dan WTF!! BISA NYETEL MUSIK?! [Lagu yang kuputar pertama kali tuh Just Dance dari Lady Gaga. Lagu dance di game western?]) Jadi mulailah aku setel musik sesuai dg keadaan; pas siang hari dan Marston menjelajah gurun sendiri naik kuda, ku setel lagu lagu Bon Jovi atau lagu country lainnya. Pas malam hari dan menjelajah dunia, aku setel lagu lagu aliran Emo yang agak galau, lagu lagu Secondhand Serenade "Your Call", Alesana "A Gilded Masquerade", dan Mayday Parade "Oh Well, Oh Well" favoritku malam malam. Pas Kejadian Aksi, ku setel lagu lagu Metal dan Post Hardcore! Alesana "Circle VII: Sins of The Lion." Dan "Apology" favoritku,. Kalo enggak Asking Alexandria "The Final Episode". Pas sampe mexico kusetel lagu latin lol! 

3. Grand Theft Auto: San Andreas. (PS2)
Inilah game yang paling sering kumainkan saat era PS2. Karena sering rusak karena sering kumainkan, aku punya 13 copian game ini. Aku menghabiskan berjamjam depan tv dengan cuman keliling kota san andreas naik motor chopper "Freeway." Sampe sekarang. Inilah game yang memakan waktuku terlama. Sekitar 2 tahunan aku main game ini ga bosen bosen. Sampe datanglah PS3.

The Best Moment:
Best Moment di San Andreas adalah pas kita datang ke kota baru! Ga ada game GTA lain yang punya 3 kota! Kalo ngga, misi "Breaking The Bank at Caligula's" adalah Best Moment.

2. Grand Theft Auto IV. (PS3)
My most favourite game! Aku sudah tamat 8x dan masih aja demen keliling liberty city melalui Niko Bellic. Game ini pula yang membuatku ingin beli PS3. No salah... Aku beli PS3 cuma buat main GTAIV!

The Best Moment:
 Banyak Best Moments di GTA IV, jadi ku list aja:
- misi "Three Leaf Clover."
- pas bisa jalan jalan sama teman, atau pacar, ajak aktivitas seperti main bowling atau makan di resto. Simulasi maikn nyata.
- pas kedatangan Darko Brevic ke Liberty City.
- misi penultimate saat menentukan apakah "Deal" atau "Revenge" yang sekaligus menentukan Ending GTA IV.
- tapi yang paling puas adalah pas dapat Mobil "Infernus"


1. Grand Theft Auto III. (PS2)

Pada suatu hari, musim kemarau 2003. Hujan deras waktu itu. Saya berjalan-jalan di mall, mondar mandir kesana kemari tanpa arah karena hujan. Lalu mampirlah saya ke toko game, disitu aku melihatnya. Di rak paling bawah.. Grand Theft Auto III. Aku yang pernah main GTA yang pertama dan aku ga suka, tapi covernya keren dan foto foto dibelakangnya juga bagus. Jadi kubeli lah GTAIII tanpa coba dulu. Pas aku balik ke rumah, barulah kucoba. Ekspektasiku rendah, karena aku pernah main GTA1 yang ga jelas. Pas opening cutscene selesai. (Btw pas kecil aku masih blum ngerti kata kata seperti; Dickhead, Bitch, Motherfucker, atau Prick) aku merasakannya. Sisi lain dunia game yang blum pernah kurasakan sebelumnya.. "Freedom." Kebebasan. GTA gives you freedom! bisa ngapain aja di game ini. pas pertama Aku ya keliling kota aja tanpa tujuan, bebas ngapain aja, curi mobil, kelahi lawan orang, kejar kejaran dg polisi, aku sama sekali ga tau kalo ada misi! Aku baru tau kalo ada misi pas bulan selanjutnya! Kukira game ini bebas aja! DMA Designs telah membuat karya seni. Karya seni yang langsung meroket nama mereka menjadi major developer dan merubah Nama menjadi Rockstar Games. Seri seri GTA selanjutnya sudah pasti best-seller. Dan meskipun makin baru, dg keluarnya GTAV, GTAIII tetaplah game favoritku sepanjang masa!

The Best Moment:
 Pas habis opening Cutscene yang apik, best moment langsung! That sense of FREEDOM to Do WHATEVER!

sekian lah TOP 10 ALL TIME VERSI A.R,tapi segment ini belum selesai,karena sekarang giliran mbAhdArmoOoO yang akan ngomong TOP 10 ALL TIME VERSI mbAhdArmoOoO,penasaran??? CEKIDOT!


mbAhdArmoOoO TOP 10 ALL-TIME VG!!

                       10.BlazBlue:Continuum Shift (PS 3) 
jangan pernah remehkan ini game,karena menurut gw,ini GAME FIGHTING 2D TERGILA YANG PERNAH GW MAININ!!!,entah berapa uang yang gw habiskan untuk bermain game ini di rental PS 3,karena game ini bener2 keren!,sayang,game ini sangat tidak bersahabat bagi newcomers game fighting,dan agak sulit untuk dimainkan,karena untuk melakukan Distortion Drive,dibutuhkan waktu yang lama untuk menguasai 1 karakter dan kombo2 tiap char,kehebatan game ini adalah Mechanic atau cara memainkan tiap char beda2,gak seperti Tekken yang mungkin Mechanic Jin Kazama dan Hwoarang sama,cara makai Ragna,Jin,Hakumen beda semua,contohnya Hakumen itu paling sulit dipakai,namun bila dikuasai,Hakumen bisa jadi Overpowered,Ragna paling mudah dipakai,namun tetap saja,persentase kemenangan Ragna vs Hakumen jauh di Hakumen,bila untuk menguasai 1 karakter dibutuhkan waktu 1 minggu,maka kalau ada 12 character,maka untuk belajarnya aja dah makan  3 bulanan loh~~

The Best Moment:
saat anda berhasil melakaukan Astral Heat 100% dengan menggunakan Ragna The Blood-Edge,sosok asli Ragna membuat anda dafuq sendiri


                                    9.Dragon Quest VIII:Journey of The Cursed King (PS2)
jika menurut A.R Skyrim adalah game RPG terbaik,maka menurut gw Dragon Quest VIII adalah game RPG terbaik yang pernah gw mainkan,dengan turn based systemnya yang adiktif,game inilah yang memperkenalkan gw dengan dunia Role Playing Game,adiktif,dan KEREN!

The Best Moment:
tiap2 Battle di Dragon Quest merupakan The Best Moment!!

                                             8.Metal Gear Solid 2:Sons of Liberty (PS2)
salah 1 game yang membuat gw nganga ngeliat grafisnya yang ciamik ditambah gameplay yang dewa era saat PS2 baru2 aja keluar,Metal Gear Solid 2 merupakan salah 1 my all-time favorit di konsol PS 2,sampai sekarang opening theme mgs 2 dari Harry Gregson Williams masih tengiang2 dikepala gw


The Best Moment:
saat Solid Snake berusaha membunuh dan mengejar Liquid-Ocelot di The Manhattan Incident



                                                        7.Red Dead Redemption(PS3)
IMO,RDR merupakan Sandbox terkeren yang pernah gw mainkan,quest2 yang interaktif,memorable character,hingga pengembangan cerita membuat gw memfavoritkan game ini sebagai THE BEST  SANDBOX EVER!!!!

The Best Moment:
moment 2 terakhir saat John Marston membuka pintu...dan menggunakan Dead Eye untuk terakhir kalinya.

                                                     6.Batman:Arkham Asylum (PS3)
harus diakui,Batman Arkham City lebih keren dari Arkham Asylum,hanya saja,Arkham Asylum yang pertama kali membuat gw jatuh cinta lagi dengan game Batman,dimana Rocksteady game berhasil menciptakan BATMAN versi mereka sendiri,tanpa menjiplak2 Burton,Schumacher,atau Nolan,gw hampir menghabiskan 50 ribu di rental ps3 dan menamatkan game ini selama kurang lebih 10 jam untuk menjadi......BATMAN

The Best Moment:
saat Batman diserbu anak buah joker,pertempuran 1 lawan 10,dan seperti biasa,gw menikmati aksi gebuk menggebuk Batman di game ini!!

                                                 5.Phoenix Wright:Ace Attorney (NDS)
ini game yang melipur lara gw gara2 waktu ulang tahun gw yang ke 13,gw malah lebih milih beli NDS daripada PSP,padahal di PSP ada Metal Gear Solid Portable Ops dan Peace Walker,tapi malah beli yang ini,namun ternyata,gw malah senang karena ada Phoenix Wright,game tentang pengacara yang membela klien yang dituduh macam2,sebuah Visual Novel yang sangat HEBAT,saat berdebat di ruang sidang benar2 membuat adrenalin gw naik,ini game adalah sebuah masterpiece!!,yang paling memorable dari game ini adalah saat sedang berdebat diruang sidang tiba2 terdengar teriakan .............. Objection!!

The Best Moment:
saat Phoenix Wright lempar2an Objection dengan Miles Edgeworth,HOLD IT!!,OBJECTION!!,OBJECTION!!
       





                                                4.Metal Gear Solid 3:Snake Eater (PS2)
dengan setting di Hutan pada tahun 1960an,Metal Gear Solid 3:Snake Eater telah memberikan warna baru bagi Franchise Metal Gear Solid,kalau di MGS 1 dan 2 anda dituntut bersembunyi dalam kotak,masuk ke kolong truk,maka di Snake Eater,anda bersembunyi disemak2,bersembunyi dibalik pohon,dan melakukan kamuflase,hanya saja yang gw kurang sukai dari game ini adalah dengan manual camouflage seperti itu,anda diharuskan memencet tombol start tiap kali mau ganti camouflage,tapi tetap saja,ending dari Snake Eater sangat mengharukan,di iringi BGM dari Harry Gregson Williams,game ini berhasil membuat pikiran sata mindfuck,terharu,dan merasa kasihan dengan *sensor*....game ini....epic.

The Best Moment:
saat The Boss menjelaskan kenapa dia mengkhianati negaranya,mengkhianati Major Zero dan menkhianati muridnya...Snake.....*nangis dan terharu*



                                                    3.StarCraft II:Wings of Liberty (PC)
dibutuhkan ribuan tahun untuk menyempurnakan game catur.....namun hanya Blizzard hanya membutuhkan setengah tahun untuk menyempurnakan game ini,inilah catur masa depan,the best RTS game i've ever played,entah berapa banyak waktu gw yang terbuang karena memainkan game ini,karena starcraft didesain sebagai Competitive RTS,bukan RTS yang sekali main langsung tamat,NO NO NO,StarCraft menyarankan para pemula main Campaign,kemudian memakai Basic dari Campaign untuk bermain secara online,sudah 2 tahun gw laddering multiplayer di StarCraft,rasa bosan2 ini tidak kunjung datang...mungkin gw gk akan pernah bisa berhenti main starcraft ,karena starcraft itu game yang mengikat.

The Best MomentL
saat gw melihat lawan mengetik kalimat "gg",ah,sungguh perasaan yang tak tergantikan.....




                                                2.Metal Gear Solid (PS One)
pada suatu hari tahun 2003 di jakarta,saat gw berumur 6 tahun,gw lagi jalan2 di mal sama bokap gw,saat gw datang ke toko kaset PS,gw mau beli game Resident Evil 3,namun bokap gw gk ngijinin karena itu game hantu,kemudian gw melihat cover game seseorang memakai ikat kepala,dengan judul game yang sangat menarik,gw pun beli ini game.....salah 1 game ps 1 terbaik yang pernah gw mainkan!!,game inilah yang memperkenalkan gw dengan Tactical Espionage Action,tanpa game ini,mungkin gw gak akan pernah main seri2 metal gear solid selanjutnya....Snake.......Snaaaaaaaaaaaaake!!!!!!

The Best Moment:
tentu saja,saat lokasi Snake diketauhi,kemudian lagu khasnya metal gear Solid diputar....ah that fucking song,its epic!


                                          1.Metal Gear Solid 4 Guns of The Patriot  (PS3)
jika Metal Gear Solid 1-3 menawarkan gameplay yang adiktif,grafis yang bagus dijamannya,storyline yang berat,dan membuat kita bertanya2,maka Metal Gear Solid 4 berhasil memberikan Gameplay yang lagi2 adiktif,Grafis 1080p yang luar biasa unyu2nya,Story yang flawless,dan kali ini metal gear tidak lagi membuat kita bertanya2,melainkan memberikan JAWABAN atas misteri yang kit temui dari jaman Metal Gear 8 bit sampe Metal Gear Solid 3,kalau dari MGS 1 sampai 3 sangat menonjolkan gameplay,MGS 4 lebih sering menawarkan kita cinematic yang lebih keren,bayangin aja,main gamenya cuman 4-6 jam,nonton cinematicnya hampir 8 jam-an,Voice Acting yang keren dari David Hayter,Quinton Flyyn,dan lain2 berhasil menghidupkan kembali saga Solid Snake yang terakhir,menurut gw,Metal Gear Solid 4:Guns of The Patriot bukan sebuah Video Game,melainkan sebuah FILM,tidak ada novel maupun film yang bisa melebihi ke-flawlessan cerita di Metal Gear Solid 4,ditambah Ending yang benar2 Shocking di akhir cerita berhasil mempengaruhi gw masukin ini jadi top video game of all time versi gw disini,inilah sebuah Masterpiece dari Hideo Kojima,sebuah akhir dari perjuangan epic seorang manusia yang berusaha memperpanjang umur dunia ini.....saga Solid Snake.....berakhir disini.

The Best Moment:
saat Snake kembali ke Shadow Mosses,tempat dimana event Metal Gear Solid 1 Berlangsung,begitu Snake sampai di Shadow Mosess,lagu The Best is Yet To Come dari Metal Gear Solid 1 pun diputar....ah,it bring much memories dari masa kecil gw ketika memainkan Metal Gear Solid 1....Kojima...bring back my Childhood........
        

2 comments:

  1. ga ajak2 bikin review game nih.. saya kan juga gamer :V

    ReplyDelete