Monday, April 22, 2013

Ngalur-Ngidul OOT Gadungan Vol.10: 13 Film Terbaik Tahun 2012 Versi Kritikus Film Gadungan.

Alas! Setelah berkutat dengan berbagai macam remedial dan tugas2 sekolah yang sangat memprihatinkan, akhirnya gw sanggup juga untuk nonton film2 rilisan tahun 2012 sekailgus ngebuat list ini. Emang sih, rada2 telat bener baru nulis list film tahun 2012 di bulan segini, cuman ya mau gimana lagi, gara2 gw uts, remedial, marathon tv series Breaking Bad sehingga lupa juga nonton film2 beneran, membuat gw terkesan menggampangkan tugas ngebikin list beginian. Ya sudahlah, daripada banyak omong lagi, ini dia, 13 film terbaik tahun 2013 versi kritikus film gadungan!



Honorable mention untuk mereka yang nyaris berhasil memasuki top 13 blog ini:

Premium Rush
Modus Anomali
Looper
Killer Joe
21 Jump Street
The Raid
The Hobbit
The Cabin in the woods
Lincoln
Skyfall
The Grey
Flight
Wreck it Ralph


13. Argo


Sebenarnya tidak ada yang spesial dari Argo, karena biasanya, film yang diadaptasi dari kisah nyata itu sulit sekali untuk membuat penontonnya merasa enjoyable selama durasi filmnya sendiri berjalan, (yeah, itu contohnya Lincoln, ada bapak2 ngorok ketiduran di premiere karena kagak ngarti ama filmnya). Tapi Argo berhasil membuat penontonnya merasakan adrenalin ketegangan yang gak berhenti2 semenjak film memasuki paruh akhir, pace cerita yang lambat serta narasi penceritaan yang datar di awal sampai pertengahan akhirnya terbayar lunas oleh adegan pelarian yang sangat memorable, cepat, dan menegangkan. Untung gw nontonnya di bioskop, kalo di laptop, mungkin Argo bakal masuk honorable mention doang.


12. Ruby Sparks


Masuk list ini karena Ruby Sparks adalah satu2nya film cinta2an yang selalu bikin gw bingung setiap detik dan menitnya. Bingung karena Ruby Sparks itu memiliki poten cerita yang labil dan bikin gw ngomong whuatdafack tiap kali ada adegan2 aneh nongol di sini. Punch-Drunk Love dan The Graduate itu bawaanya bikin hepi dan nambah semangat, Eternal Sunshine ama Blue Valentine itu bawaanya bikin muram, Before Sunrise dan Before Sunset itu bawaanya bikin frustasi melulu kalo disuruh mikir kapan itu 2 manusia bisa bersatu kembali, dan Ruby Sparks itu satu2nya film romance yang ga perlu dipikirin logic dan plotnya, karena yang ditujukan disini bukan cerita, tapi logika cinta yang sebenarnya gak ada logikanya, cinta antara manusia real ama manusia jadi2an. Aktingnya bagus bener deh, wong Zoe Kazan ama Paul Dano pacaran beneran kok di dunia nyata, A love story without freewill.


11. Les Miserables


Les Miserables itu merupakan pengalaman nonton film paling unik di bioskop. Dari segi cerita, premis yang Les Miserables tawarkan itu usang banget, maklum naskah Les Miserables itu sudah aja sejak gw belum diciptakan, tapi dari segi akting, Les Miserables membuat gw terpukau, suara merdu si catwoman itu selalu bikin gw merinding, suara kasihan si Hugh Jackman itu selalu membuat gw kasian, dan suara gagah si Russel Crowe itu selalu nyaris bikin gw muntah, salah satu film paling sengsara yang pernah gw tonton.


10. The Dark Knight Rises


Mungkin video dibawah ini akan menjelaskan kenapa The Dark Knight Rises pantas berdiri dengan kokoh di posisi ke-10.



Trailer The Dark Knight Rises itu nafsuin banget, posternya apalagi, terus ada si Marion Cotillard ama si Anne Hathaway, premis ama hypenya aja udah gila bener, di kota gw kemarin orang bahkan rela ngantri desak2an sebelum pintu bioskop dibuka. Dan pada saat film dimulai, mata gw udah ga bisa lirik kiri-kanan lagi, Nolan udah ngebuat pantat gw nempel sekeras2nya di kursi bioskop berkat pergerakan kameranya yang dinamis serta gaya direksinya yang epic. Sayangnya, pada saat gw melakukan second viewing ke TDKR, gw malah merasa ada yang aneh dan janggal ama TDKR, bukan karena ketidakhadiran si Joker, tapi kekuatan narasinya itu masih kurang kuat kalo harus ditanding ama TDK. Kalo boleh jujur, pas pertama kali gw nonton The Dark Knight, gw benci banget ama itu film, babi bener ngeboseninnya dan sangat2 overrated, tapi pas gw melakukan 2nd viewing ke TDK, baru deh gw demen ama filmnya (TDK sampe sekarang masih nangkring di posisi ke-7 top 25 gw, dan gw masih ga bosen2 nonton itu film berulang2), tapi lain TDK lain TDKR, TDKR yang pas pertama kali ditonton itu luar biasa bagus, pas ngelakuin second viewing, "rasanya kok cuman gitu ya", kayak beli blackberry untuk kedua kalinya di seller yang sama, pas kotaknya dibuka, kok yang keluar hape cina?


9. The Master


Pertanyaan paling goblok datang dari temen gw: "Tim, The Master ini film yang ada si Deddy sama Limbad kah?" Entah dia pura2 bego atau apa, yang jelas, The Master merupakan sebuah film unik dan membingungkan yang pernah gw tonton. Unik dan membingungkan karena gw ga ngerti apa2 pas pertama kali nonton The Master, script ceritanya itu kayak cerita rekaan anak kelas 5 sd, sebagai fans Paul Thomas Anderson, gw rada2 kecewa sama The Master. Tapi pas gw ngelakuin second viewing ke The Master, ajaibnya, gw bisa menikmati setiap momen2 yang ada disini, dialog2nya itu cerdas, long takenya itu indah dan menakjubkan, aktingnya absorbing, dan berbagai macam hal awesome yang lainnya membuat gw sadar, bahwa The Master itu bukanlah sebuah film yang menceritakan drama hebat seorang manusia seperti There will be blood, tetapi Paul Thomas Anderson dalam karyanya ini lebih menitikberatkan pada studi karakter seorang manusia yang mentalnya udah dirusak oleh keganasan perang, dan The Master sendiri mencoba untuk tidak mendikte penontonnya lewat gaya narasinya yang bebas dan lepas, salut deh buat Paul Thomas Anderson, udah bikin film yang 'nyeni'nya nyaris bikin gw teler.


8. Life of Pi


Noh baca tagline filmnya bener2, perlu alasan apalagi coba buat ngejejelin ini film ke nomer urut delapan?



7. Django Unchained


Film Tarantino yang paling gila dari segi action setelah Kill Bill, dan film paling rusuh di tahun 2012. Dialog2nya itu cerdas dan enak banget buat di ikutin, ga ada sama sekali pun momen2 menjemukan yang gw temuin di Django Unchained. Struktur narasinya tuh nyaris flawless, karena Django Unchained akan ngebikin lu ngerasaain feel sedih, kecewa, marah, nangis, dendam, dan ketawa di saat yang bersamaan. And with some hillarious revenge action scene paling geblek sedunia and haunting flashback, Django Unchained itu sukses mengkokohkan dirinya sebagai salah satu film gila, awesome, badass, goblok, dan terbaik di tahun yang katanya nyaris kiamat kemaren.


6. Zero Dark Thirty.


Argo sama Zero Dark Thirty itu kayak kakak beradik, bedanya, kalau si Argo itu lebih ceria, kalem, dan unyu2 ngegemesin, Zero Dark Thirty ini gelap, brutal, dan sadis kalo dua2nya mau diadu di arena gladiator. Kalo momen2 menegangkan Argo itu baru dimulai pas si Affleck mau lari dari bandara, momen2 menegangkan Zero Dak Thirty itu malah udah nongol sejak detik pertama ZDT dimulai. Pas 10 menit pertamanya aja, penonton langsung dibikin ngeri ngeliat kelakuan pasukan amerika nyiksa tawanan dengan cara yang tidak manusiawi, I mean, what the fuck is wrong with these american guys. Bigelow harus diberi 4 jempol karena sudah ngebikin personalitas karakter Amerika itu jadi lebih abu2 dan gelap, apalagi ada Jessica Chastainnya yang bikin celana gw nyesek tiap kali ngeliatnya. Salah satu cinematic experience paling brutal dan dinamis yang dijadiin satu paket lengkap dengan akting dewa Jessica Chastain dan direksi mantap dari mantan istri James Cameron. One of the best war thriller film I've ever seen.


5. Silver Linings Playbook


Gw paling ga ngerti sama orang yang bilang Silver Linings Playbook jelek/overrated, karena buat gw, Silver Linings Playbook itu salah 1 personal feel-good movie yang habis gw tonton, gw bakal senyum2 sendiri kayak orang gila kepikiran ama dance scenenya yang begitu indah dan menawan itu. YES, of course, ini film budgetnya emang ga seberapa, dari segi karakter pun sudah ada Punch-Drunk Love dengan karakter prota cowonya yang rada2 disfungsional, tapi asides from that, S.L.P itu tetep ngeberi gw perasaan suka2 senyum sendiri, entah karena akting Jenniffer Lawrence yang menawan, akting si Bradley Cooper yang kikuk-kikuk anjing, chemistry Cooper-Lawrence yang sukses ngebikin gw hanyut ama narasi Silver Lining Playbook, sampe klimaksnya yang membuat hati gw tenang, tentram, dan damai. Besoknya setelah nonton Silver Lining Playbook, gw bangun engga kaya biasanya, kalau biasanya gw mau buru2 ngubek lemari dapur nyari indomie buat dimasak, kali ini gw bangun dengan perasaan mau joget2 ga jelas, sekaligus membuat gw sadar, bahwa dunia tari, breakdance, salsa, joget poco2, etc itu ternyata tidak sesederhana yang gw kira.


4. Cloud Atlas 


Gw kira Cloud Atlas ini akan menjadi semacam film Total Recall shit yang kayak kemaren, ternyata pas menit2 pertama Cloud Atlas dimulai, gw langsung ditampar, dihajar, digebuk, dan dikeroyok habis2an ama Tom Twyker, Andy Whacowski, ama Lana siapagitunamanyalupagwbtwdiaperempuanapalakilakisih, kenapa gw merasa ditampar, dihajar, digebuk, dan dikeroyok habis2an ama Tom Twyker, Andy Whacowski, ama Lana siapagitunamanyalupagwbtwdiaperempuanapalakilakisih? karena 15 menit pertama Cloud Atlas itu udah membuat gw merasa yakin, bahwa Cloud Atlas akan menjadi salah 1 film terbaik yang pernah gw tonton. Cloud Atlas itu premisnya mirip ama Magnolia, bedanya, kalo Magnolia pta itu bawaanya mulus dan santai, Cloud Atlas malah terlihat, ambisius, dan cenderung mengedepankan kekuatan narasi yang kompleks serta gaya direksi yang rumit, gaya ceritanya itu labil luar biasa non-linearnya, tapi gw sebagai  penonton entah kenapa masih bisa menyatukan potongan serta pecahan2 sekuens yang ada di Cloud Atlas, serta menghubung2in A-B-C-D-E-F-G-H-I-J dan seterusnya, jadi segoblok2nya level kekuatan otak manusia yang nonton Cloud Atlas, gw jamin, berbagai macam jenis spesies manusia yang ada di dunia yang fana ini pasti ngerti kok apa maksud tujuan film ini. Yang gw sukai selain gaya narasi serta eksekusinya yang unik dan faktap, Cloud Atlas juga memiliki segudang karakter yang personanya sangat menarik untuk dilihat, diikuti, dan diamati. Dan tidak ketinggalan, Cloud Atlas memiliki mixture genre yang saling mendukung satu sama lain didalemnya.


3. Moonrise Kingdom


Film ini mempunyai 3 pase yang akan membuat elu nyumpahin si Wes Anderson pas filmnya ntar kelar.

Phase Pertama: Dari sinopsisnya, begitu lu baca sinopsisnya, lu bakal ngambil kesimpulan kalo ini film bakal jadi kayak child-erotica-pedophile gitu2, dari sinopsisnya aja gw udah sinis, maklum ini film Wes Anderson pertama yang gw tonton.

Phase Kedua: Dari intro cerita, gw udah dibikin yawning pas ngeliat itu John McLane ama si anggota Ghostbusters nyari anak hilang, wooh, jadi Wes Anderson bikin thriller mystery toh, baru tau gw.

Phase Ketiga: Disini lah momen paling anjingnya, Wes Anderson ngeganti perspektif karakternya, transisi yang dilakukan Anderson di tengah film akhirnya membuat Moonrise Kingdom menjadi makin menarik setiap kali detik filmnya berjalan.

Oke deh, 2 anak kecil itu labil, mereka lari kabur dari rumah cuman buat cinta2an ga jelas, kita, sebagai viewers yang udah punya otak rada2 dewasa, mungkin nganggep hal yang mereka lakukan itu terkesan bodoh dan idiot, kalo di Indonesia kedengarannya kayak kawin lari. Tapi lama kelamaan, pelan2 Wes Anderson bakal ngerubah mindset awal lu yang udah dewasa, dibikin balik lagi jadi labil kayak dulu, momen2 idiot di film ini seakan2 berubah jadi momen paling romantis yang pernah ada di dunia perfilman. Moonrise Kingdom ngebawa kita balik lagi ke masa lalu, ngebawa kita lari dari kenyataan. Jaman2 pas kita masih sd, cinta2 monkey sama teman sekelas, cinta2 monkey sama adik kelas, cinta2 monyet sama kakak kelas (Kak Martina, dimanapun sekarang dirimu berada, diriku akan selalu mengingat dirimu wahai kakak bidadari hidupku), jaman2 dimana 80% personafikasi karakter kita itu masih surreal dan mengawang2, jaman2 dimana kita masih nganggep manusia itu bisa hidup hapilly ever after. Tapi sayangnya, begitu usia kita memasuki usia belasan tahun, hal2 idiot itu mulai kita anggap sebagai mimpi kanak2 biasa, angan2 yang datang, lewat, dan terlupakan. Mungkin cerita cinta Sam dan Suzy itu memang cerita cinta paling tolol sedunia, tapi lewat Moonrise Kingdom, gw yang sudah get real ama kehidupan dan udah ngebayangin akan kayak gimana ama masa depan gw, dibawa lagi ke masa2 dimana pikiran gw masih aneh, jaman2 dimana gw mimpi kawin sama Kak Martina terus punya 10 orang anak. Sambil melihat sekaligus meratapi betapa labilnya kelakuan Sam dan Suzy, gw tiba2 mulai berpikir: "Eh bangsat, bukannya gw juga pernah kayak mereka, cinta2 monyet ga jelas gitu?" Arrggh, I miss my childhood! hmmph!


2. Holy Motors


Satu2nya film di list ini yang nyaris membuat kepala gw meledak. 1 jam 50 menitan lu nonton Holy Motors itu sama aja kayak 1 jam 50 menit lu nonton festival freak show yang rada2 nganga. Holy Motors ga punya sebuah cerita yang lengkap dan logis, berbagai macam adegan labil yang nongol disini gausa dipertanyain deh, karena gampangnya, Leos Carax itu pengen bercerita sebuah cerita yang jangan dipertanyain ceritanya. Ambigu, surreal, dalam, unyu, ngefak, faktap, absurd, dan indah sekaligus suram adalah beberapa kata yang ngepas buat ngedescribe seberapa mindfucknya Holy Motors sebagai salah satu film modern surealis terbaik yang pernah gw tonton! Seandainya aja itu nenen si Eva Mendes ditampilin di Holy Motors, mungkin film ini bakal nangkring di posisi 1 kali ya. Oh iya, akting Denis Lavant itu awesome gila, dia bisa meranin berbagai macam karakter dengan sempurna, kudos to you Mr. Lavant!


Video di atas merupakan salah satu alasan terbesar mengapa Holy Motors bisa nangkring di posisi kedua, oh iya, spoiler alert.


1. The Perks of Being A Wallflower


Sajian teen-flick paling unyu, enak, dan gak klise yang pernah gw tonton selama 16 tahun gw hidup di dunia ini. Aktingnya itu realistis bener, gaya direksinya sederhana tapi tetep catchy, akting jejeran castnya mantep2, sampai dramanya sendiripun entah kenapa sukses menyentakkan hati nurani gw yang paling dalem. Lewat shot2nya yang vibrant, alur cerita yang gampang tapi tetap menantang, sampe twistnya ceritanya yang ngebikin gw depresi, seumur hidup, gw belum pernah ketemu ama teen-flick yang bisa ngeberi lu perasaan kebebasan, emosi, serta luapan klimaks yang memerdekakan. Sebuah teen-flick yang memberi kebebasan tanpa batas kepada penontonnya.







7 comments:

  1. Itu judul postnya kaga salah bro 2013
    Btw, mampir juga ke list ane ya http://manusia-unta.blogspot.com/2013/01/best-movies-of-2012_9242.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salah ketik bero gara ini ngetiknya buru2, wkwkwkwk

      Delete
  2. Stevano-Bro. Terima kasih atas postingan rekomendasinya. Jadi bersemangat untuk nonton film rekomendasian yang lainnya. Gracias.

    ReplyDelete
  3. good bro, dr seluruh koleksi film zy yg dsebut d atas smwx emang bener bagus kcuali Holy Motors, zy aja yg bego atw film itu emang nyampahin harddisk yg bikin zy nyaris nendang laptop pas abis nonton,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh2, justru efek mau nendang laptop itulah yang bikin filmnya bagus, makanya Holy Motors nyempil di nome urut 2.

      Delete
  4. About TDK and TDKR,,,saya setuju,,yg saya tdk setuju mengapa malah menempatkan TDKR di list ini semenara TDK tidak?? TDKR itu menurut saya acara hura2 pesta penuttup setelah mereka bekerja keras di TDK dan BB, tanpa alur nyawa yg dibangun di BB dan TDK, TDKR tidak terlalu berarti,,TDKR tontonan yg luar biasa,,tapi tdk sebanding penahulunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas, ini daftar film terbaik tahun 2012, seandainya The Dark Knight rilis tahun 2012, bukan tahun 2008, ya saya masukin di list ini mas~~~

      Delete