Sunday, March 2, 2014

5 Centimeters Per Second (2007) Review.



Yap, 5 centimeters per second, anime movie bergenre romance yang paling touchable menurut gue. Ini adalah anime (dan film) yang mungkin paling sering gue tonton, mungkin udah belasan kali gue nonton nih film, dan film ini tetep ngasih feel sama gue tiap kali gue nonton. 5 centimeters per second itu kecepatan jatuhnya daun sakura, yang dianalogiin sama hubungan 2 manusia ababil di film ini.

Intinya nih film nyeritan cinta, LDR, cinta yang ga terbalas, ya pokoknya serasi banget lah sama kehidupan remaja kayak kita. Settingnya sendiri sekitar taon 90an dari mereka kecil sampe udah pada gede, tentu aja mayoritas nyeritain pas mereka remaja. Filmnya sendiri punya 3 chapter yang saling terjalin dan berkesinambungan. Tohno takaki dan Shinohara Akari, 2 sejoli yang udah deket dari mereka kecil (Gilee ya, masih SD aja udah cinta-cintaan kayak gini) mereka berdua dipisahkan oleh jarak, ya, jarak. Dan ga kayak sekarang, LDR tuh gampaang bro, mau dengerin suara si ayang (oke,  gue setuju sama lo kalo panggilan ini emang rada jijik) tinggal telpon, kangen pengen liat wajahnya ya tinggal skypean, gampang kan ? nah, ini taun 90an broo, handphone masih jarang (ato belum ada ?). Jadi, jarak bener-bener jadi penghalang yang sangat besar bagi sebuah hubungan di masa itu. Ya, itu problema di chapter pertama. Chapter 2 sendiri ga nyeritain  si Shinohara Akari, tapi nyeritain Sumida Kanae, cewe yang tergila gila abis sama si Tohno Takaki, setting nya tuh pas zaman SMA si Tohno Takaki. Dan ya, chapter pamungkas, chapter 3, yang merupakan klimaks dari semua cerita yang terjalin dari awal. Di chapter ini, perasaan lo bakal di bolak balik abis, apalagi sama scoring musicnya yang pas banget. Dan, komentar gue pas selesai nonton film ini, NYESEK BOS.

Film ini buatan Makoto Shinkai, ya, orang yang digadang gadang jadi the next hayao miyazaki (creator spirited away yang dapet oscar itu), hayao miyazaki itu emang cerdas banget ngebuat film-film romance kayak gini, kalo di film voice of a distant star itu nyeritain gimana mengelola sebuah hubungan ato kalo di film The Place Promised in Our Early Days itu nyeritain gimana ngebangun kembali sebuah hubungan, di film ini, semua (ato hampir semua) permasalahan cinta remaja dibahas. Selain itu, cinematography nya itu bener-bener “pecah” abis, ciri khasnya makoto shinkai emang ,tiap scene di film ini itu penggambarannya bener-bener detail banget, dan hampir tiap scene nya itu cocok buat dijadiin wallpaper, ampe scene genangan air aja lu bisa dijadiin wallpaper, gue serius. Bandingin aja, Coba lu search “wallpaper genangan air” di google, apa yang bakal ditampilin google ? banjir men.

Satu hal lagi keunggulan dari film ini adalah scoring nya yang super awesome dari tenmon, bener bener ngebuat film ini enak banget buat didengerin, bukan cuman ditonton. Gue aja, yang biasanya tiap malem ditemenin lagu lagu dari soundtrack anime ato semacam gitu,sekali waktu gue pernah nyetel film ini di laptop gue, gue colokin ke speaker di kamer gue, dan gue lanjutin aktivitas gue (semacam belajar ato baca komik), gue cuman dengerin suara dari film itu, dan ya, gue tetep menikmatinya, meskipun gue ga ngerti bahasa jepang, tapi dialog dialog nya itu tetep bisa buat gue kagum, feel nya itu masih dapet meskipun gue cuman denger suaranya, suara dari seiyuu itu bener bener mantep menurut gue. Dan ya, ending song, one more time one more chance dari masayoshi yamazaki bener bener jadi salah satu kekuatan utama film ini, scene akhir dari film ini dibalut sama lagu one more time one more chance ini, bisa ngebikin lo mewek. Gue serius.
Impossibru !!

Dan tentu saja, story adalah keunggulan yang paling utama dari film ini. Plot nya emang klise, tapi makoto shinkai dengan cerdas ngebuatnya jadi cerita yang enak buat ditonton berkali kali dan ngebuat kita ngerasain penderitaan si dua sejoli ini. Seperti kata gue tadi, siapapun kalian, Cewe ato cowo, kalo kalian bener bener ngerti alur dan masalah di film ini, kalian bakalan mewek. Temen SD gue, yang bisa dibilang paling badung dikelas gue dulu, dia mewek pas liat film ini, yaa, seengganya, berkaca-kaca lah matanya, ya meskipun gue gatau juga mata dia berkaca-kaca gara gara sedih nonton nih film, ato karna dia punya kelainan, jujur gue gatau , yang pasti, mata dia berkaca-kaca pas liat nih film men!. Temen gue yang satunya lagi, si pecinta film hollywood mainstream ,yang suka ngejek gue dan suka bilang ke gue kalo anime dan film kartun itu cuman buat budak leutik (anak-anak), pas gue kasih nih film, dia tonton, dan pas kedua kalinya dia nonton, dia mewek men. Ya, ceritanya emang sedih, yang menurut gue lebih dramatis daripada scene scene awal film Up, ato kisah cinta dua robot di Wall-E yang kedua scene dari film itu sama sama awesome, tapi film ini lebih dramatis menurut gue, mungkin karna film ini emang pure romance ,ya meskipun menurut gue sebagai pecinta hardcore one piece dari kecil, tetep the saddest moment in animation movie adalah ketika kapalnya Straw Hat Pirates, going merry terpaksa dibakar, dari anime One Piece. Mungkin yang udah nonton pasti ngerti.

Mungkin lu yang baca review ini ngira gue overrated ato banyak konspirasi terselubung dari review gue, tapi ini emang pendapat gue sendiri, ya meskipun film ini juga punya beberapa kekurangan di beberapa hal, contohnya aja, temen sekelas gue waktu SMP, cewek, yang baru baru ini gue nobatin sebagai orang tercengeng yang pernah gue kenal, yang bisa mewek cuman gara gara liat iklan shampo (jujur gue ga ngerti kenapa), gue rekomendasiin dia buat nonton film  ini, dia sama sekali ga ngerti dan ga menikmatin film ini.

overall, gue kasih rating film ini,



16 comments:

  1. Coba Wolf Children nya Mamoru Hosoda deh, dari segi ilustrasi ngga sengehe dan seajaib 5cm per second sih, tapi dari segi story lebih keren dan asik kalo menurut gw hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks rekomendasi nya gan, ntar ane coba, masuk download list dulu.
      thanks juga udah baca review pertama gue ya.

      Delete
  2. Tapi endingnya ane masih belom paham dah

    ReplyDelete
  3. Ane baru nonton anime ini gan., perasaannya cukup tersampaikan., 😂 tapi masih penasaran di ending nya yang cewe mau nikah dan nemuin surat lama dia buat si cowok.,yang menurut ane ternyata isi surat si cewek dan si cowok itu ternyata sama., mereka ingin bilang kalo mereka mimpi ketemuan 😂😂 uugh so sweet banget tapi sad ending 😂😂😂

    ReplyDelete
  4. Ane baru nonton anime ini gan., perasaannya cukup tersampaikan., 😂 tapi masih penasaran di ending nya yang cewe mau nikah dan nemuin surat lama dia buat si cowok.,yang menurut ane ternyata isi surat si cewek dan si cowok itu ternyata sama., mereka ingin bilang kalo mereka mimpi ketemuan 😂😂 uugh so sweet banget tapi sad ending 😂😂😂

    ReplyDelete
  5. film terbangsad ini!!! sumpah baru kali ini ngerasa nyesek banged setelah film 500 days of summer , dua film yang gambarin kenyataan gue banged si emang..

    gila dah, kalo nonton ini selalu inget doi, hahahaha

    ReplyDelete
  6. Anjirr lebay nya,meems nya :watching 5 cntmtrprscond wthout crying Imposibru,ane nyesek tpi g sampe nangis jga ,lebay,suka boleh fanatik jngan,agama gw mlarang brlbih2an,Sebarkan

    ReplyDelete
  7. udah move on dari nyeseknya Anohana, eh ada film gblk ini ...
    nonton film possession sama apocalypse now masih blm sembuh men !! vangke lah lo Makoto Shinkai. visualnya, quotesnya, klimaksnya arrrgghh for God sake's, don't watch this anime !!!

    ReplyDelete
  8. Nyesek nontonnya parah... Baru nonton Kimi no nawa dan sembuh dari sedihnya... Ada film bangsat ini, jadi sedih lagi gw, Sialllll

    ReplyDelete
  9. karena baca reviewnya jadi mau nonton filmnya deh, coba deh nonton koe no katachi juga

    susu kental manis

    ReplyDelete
  10. Jengkelnya aku nntn ni film.....bikin emosi, angkara murka, bete

    ReplyDelete
  11. Sedih kampret nyesek njir perasaan gw jadi kyak nano nano gk karuan, ternyata bener kata temen gw ni film lebih kata dia lebih sedih dri kimi no nawa walaupun menurut gw kimi no nawa bukan sad story kan akhirnya happy ending, tapi tetep masih sedihan going merry dibakar gw smpe kejeng" nahan nangis wong pas nonton ad kk sama adek gw

    ReplyDelete
  12. baru sembuh dari shigatsu wa kimi no uso, pas nonton film ini eh nyesek lagi bangsat lah

    ReplyDelete
  13. recomended film akhir tahun, biar lebih sadar kadang kalo kita kadang ngelewatin sesuatu dari seseorang, anjir resolusi tahun depan, be aware. awkwk

    ReplyDelete
  14. Saddd bangkeeee.. buat yg baru putus..please jangan nonton anime ini...bise tambah mewek ntarr

    ReplyDelete