Tuesday, May 14, 2013

Evil Dead (2013) Review.


Udah hampir 7 tahun semenjak gw untuk pertama kalinya ditakut2in sama sebuah film horor yang ampe sekarang masih gw anggep sebagai sebuah film horor terbaik yang pernah muncul di dunia ini, The Evil Dead (1981). Saking cintanya ama Evil Dead, gw udah sampe ga peduli lagi sama kelemahan (kegoblokan? kebodohoan? ketololan?) yang ada pada The Evil Dead, why? karena The Evil Dead itu satu2nya film horor yang ngebikin gw tidur ama orang tua sampai pas kelas 3 smp, sesuatu yang entah kenapa gak bisa The Shinning dan The Exorcist lakukan terhadap gw (serius, gw nonton The Exorcist ama The Shinning itu gitu2 doang, gak ada yang sampai horor kayak gimana). Dan beberapa waktu silam, akhirnya Evil Dead yang di remake pun muncul di layar bioskop, yang gw rasain adalah perasaan senang bercampur sedih, senang karena cerita Evil Dead itu bakalan di apgred dan mungkin lebih bagus dari pendahulunya, dan sedih, karena kabar sekuel Army of Darkness aka: Evil Dead IV mungkin gak akan pernah nongol lagi. Apakah Evil Dead Remake akan menjadi sebuah film horor yang menakutkan seperti yang dijanjikan taglinenya? atau malah menjadi random shit kayak beberapa karya remake yang udah nongol  dan malu2in karya orisinilnya?


Premis yang Evil Dead remake tawarkan itu sama persis sama premisnya The original Evil Dead. 5 orang anak muda pergi ke sebuah kabin, nemuin book of the dead, terus satu per satu dari mereka pun dirasuki oleh para setan dari neraka paling dalam,  dan voilla! Kayak Kamen Rider Ryuki ama Kamen Rider Dragon Knight (yang bener2 sampah itu), pakemnya sama, premisnya sama, cuman sedikit berubah dan direksinya pun berbeda juga.


Alur ceritanya jalan normal apa adanya, sederhana, ga bertele2, ga ada yang spesial dan khusus, ga ada juga yang sampe terlalu nakutin gimana, ga kaya pendahulunya yang sukses bikin gw loncat dari kursi sambil lari2 keluar kamar nutup mata, Evil Dead teranyar ini juga ga sama sekali memberikan efek kejut atau takut yang bikin gw manggil2 mama gw (adegan yang bikin gw kaget itu cuman adegan pintu nutup di awal2 film, nyaring bener suaranya), tapi, setidaknya adegan sadis dan berbagai macam muncratan darah yang ngabisin banyak bener fake blood mungkin harus gw beri applause kali ya, hebat bener si Fede Alvarez bisa bikin scene gila kayak adegan lidah yang dipotong pake cutter, demi Tuhan, langsung ngilu mulut gw kalo disuruh nginget2 itu adegan dedemit bangsat.


Dari segi logika, Evil Dead remake ini jauh lebih waras dan make sense ketimbang pendahulunya, karena para manusia malang yang berubah jadi deadite disini itu jelas banget prosesnya kenapa bisa berubah (dimuntahin darah, digigit, mati, etc), jadi gw, sebagai penonton, udah bisa nebak siapa2 aja yang bakal berubah jadi budak setan, beda banget sama pendahulunya, THE EVIL DEAD, dimana temen2 si Ash, bisa berubah jadi deadite tanpa alasan yang jelas, tau2 udah dirasukin setan aja, which is good, karena gw selalu dibikin kaget dan ga bisa nebak apa yang akan terjadi selanjutnya di The Original Evil Dead.


Tapi, Evil Dead tidaklah sesederhana itu, buat gw pribadi, atmosfer yang film ini hadirkan udah jadi sebuah gambar menakutkan yang cukup bikin bulu kuduk gw merinding, lewat shot2nya yang gelap, serta adegan POV yang legendaris, itu semua udah cukup untuk menghibur dan membuat gw terpukau. Dan juga, kehebatan Fede Alvarez membawa kembali legenda Evil Dead pun makin terasa lebih apik ketika Alvarez,  memasukan berbagai macam homage dan membuat berbagai macam lipatan klimaks saat filmnya hendak memasuki paruh akhir, gw yang menduga nih film bakalan berakhir disitu ternyata ditampar habis2an lewat extended climax yang bikin gw hepi, hepi karena gw akhirnya gagal untuk nebak siapa yang ternyata bakal bertahan di akhir film, dan hepi karena gw merasa balik lagi ke taon 2006, pas pertama kali gw nonton The Evil Dead, pas pertama kalinya gw bertemu sebuah kabin tua di sebuah hutan, dan pas pertama kalinya, gw ketemu ama sebuah buku kematian yang isinya dipenuhi oleh berbagai macam mantra najis, ah, jadi keingetan masa lalu gw jadinya.


Pada akhirnya, Evil Dead kurang berhasil menjadi sebuah film yang dijanjikan oleh taglinenya sendiri, emang bener sih, nih film terrifying luar dalem, tapi masih tidak se-terrifying yang gw harapkan, masih ada yang kurang, masih ada yang ngeganjel, dan masih ada yang shallow. Overall, Evil Dead versi Fede Alvarez ini adalah sebuah comeback dari franchise Evil Dead yang sukses dalam memberikan kengerian dan ketakutan dalam taraf sedang untuk para penonton film era sekarang, sebuah karya penghormatan yang enjoyable untuk para penggemar Evil Dead dan para moviegoers yang mungkin masih tidak familiar dengan franchise Evil Dead (oh, dan mungkin akan menjadikan film horor paling menakutkan sepanjang masa untuk anak umur 9 tahun kebawah yang menonton film ini di bioskop). Tidak semenakutkan pendahulunya memang, namun tetap saja film ini cukup keren kok, cukup nakut2in, namun taglinenya itu salah, harusnya yang bener: It is the most terrifying groovy horror film you will ever experienced, ciyus.



3 comments:

  1. Numpang bagi link downloady yak bro :)
    kualitas bluray 720P :D
    http://www.zeromovi3.blogspot.com/2013/09/evil-dead-bluray-720p-2013.html

    ReplyDelete
  2. nice review gan, ane juga baru nonton evil dead yang tahun 2013 dan emank gregetnya kurang, gak ada kagetnya, cuma ngilu sayat" ajj...
    ane coba tonton yang tahun 80'an nya dulu baru ane review lagi :)

    Keep Review gan

    ReplyDelete
  3. evil dead '81 emg top, critany msih orisinil, plotny mntep, simple juga critanya gk bikin otak kusutt .. tapi syangny ane kurang favorite ..
    ane lbih suka the shining ama the exorcist.. wlopun keseluruhan udh beda genre sbnarnya.. trus satu spesies ama the shining yg mnurut ane bisa selevel dgn the shining wlopun dia film baru. Judulnya Innkeepers ..TOP laaahh
    tonton aja (y)

    ReplyDelete