Wednesday, April 17, 2013

Curhat Film 18++ Episode 7: 5 keuntungan membeli DVD Original

Kali ini gw mau ngeshare 5 keuntungan membeli dvd original instead of beli dvd bajakan. Entry kali ini gw tulis selain untuk menuh2in entry bulanan, tulisan gw kali ini juga gw ikutkan dalam acara menulis #BeliOriginal yang diadakan oleh abang @VeHandojo. Kalo ditanya kenapa gw nulis ginian, itu sih karena gw pengen The Crying Game Region 3 guys, itu salah 1 film favorit gw, twistnya itu edan, bukan twist sih, tapi PENTWIST! gw ingin memajukan penindustrian dvd agar filmmaker2 sekitaran lebih bersemangat untuk membuat film dan merilisnya dalam bentuk home video unyu2, sekaligus menghapuskan pembajakan dari muka bumi ini, gyahahahaha!!!


1. Beberapa DVD Original itu punya Bonus Features.

Banyak sekali manfaat yang bisa lu ambil dari bonus features, mulai dari deleted scene, behind the scene, audio comentary, goofs, trivia, bonus video, bonus music video, dan tentu aja nambah referensi elu terhadap dunia perfilman, sesuatu yang gak ada di dvd bajakan. Well, at least gw admit sih kalo dvd bajakan itu kadang2 punya Bonus Features, tapi kagak selengkap kayak Bonus Features DVD Original lah.


2. Kualitas DVD Original itu lebih tahan lama.

DVD original itu dibuat oleh perusahaan home video dengan sepenuh hati dan keteguhan, they keep producing original dvd even though they know dvd bajakan will always rule the market. Dan pertanyaannya adalah, kenapa mereka tetep memproduksi dvd original? karena menurut gw, dvd yang mereka produksi itu punya superior quality kalo mau ditanding ama dvd bajakan. Gw biasa ngeburn data ke dvd kosong, kalo kagak verbattim ya maxell lah merek dvd kosong yang gw pake, tapi biasanya dvd bajakan itu make media dvd yang kualitasnya dibawah verbattim/maxell (dibawah kachi atau bannana malah), which is, bakalan cepet bener ilang datanya biar disimpen selama bertahun2 dan kagak kena goresan sama sekali.


3. DVD Original itu lebih collectible.

Coba jejerin dvd bajakan di dalem lemari, dimana nyeninya coba,yang ada malah lemari lu jadi keliatan lebih buruk.


4. DVD Original itu harganya lumayan kalo lu jual lagi.

Bayangin situasi kayak gini: emak lu kena stroke, bokap lu wafat kena kecelakaan kayak di film Final Destination 2, lu jadi satu2nya tulang punggung keluarga yang membiayai adek2 lu, terus ada debt collector ngejer2 lu karena lu ngutang duit 3 juta buat beli Bond 50th anniversary collector, belum lagi pacar lu (disini posisikan diri lu sebagai cowo) hamil 7 bulan dan minta pertanggung jawaban ke elu, keluarga  lu kagak ada yang mau minjemin duit ke elu karena elu ngaku di depan mereka semua kalo agama lu udah di convert jadi atheist sama Richard Dawkins dan kawan2. Apa yang harus lu lakuin seandainya lu di dalem posisi fucked up begitu? SELL YOU DVD FFS! emang ilustrasi diatas rada2 kagak nyambung, tapi dvd original itu (apalagi yang collector edition) punya harga yang pantas kalo lu jual lagi, paling minus 10-20% lah dari harga awal, ga percaya? noh sana cek di kaskus, banyak kok yang jual dvd original seken di kaskus, dan banyak juga yang beli.


5. Buy the original to respect the filmmaker.

Bayangin situasi kayak gini: si Paul Thomas Anderson datang ke Indonesia buat ngepromosiin film barunya, di saat acara jumpa fans, lu datang tergopoh2 ke arah si P.T.A mau coba2 ngomong sama itu sutradara dewa, kemudian terjadilah percakapan seperti ini:

E.L.U: Mr. Paul Thomas Anderson! Mr. Paul Thomas Anderson!!

P.T.A: Well, hello young poor devil, what can I do for you?

E.L.U: Mr. Anderson, I AM YOUR BIGGEST DIE HARD FAN! I love all your works, especially Punch-Drunk Love!

P.T.A: Oh, thank you!

E.L.U: Mr. Anderson, can you do me a favor?

P.T.A: Sure, what can I do for you, my BIGGEST DIE HARD FAN!?

E.L.U: uhmm, well, since I'm your BIGGEST DIE HARD FAN! will you sign for my dvd collection please? I have all  dvd's from your filmography: Hard Eight, Boogie Nights, Magnolia, Punch-Drunk Love, There will be blood, and The Master. And by the way, I just want to tell you that Dirk Diggler penis is so adorable, it is so cute that I want to die for it, ha ha ha. Will you sign it? will you? WILL YOU?! 

P.T.A: Oh how lovely you are, sure, I will sign it for you.

E.L.U: *Ngucek2 tas dan ngeberi koleksi filmografi dvd lu ke si P.T.A*

Dan alangkah terkejutnya si P.T.A pas ngeliat dvd yang lu sodorkan adalah dvd bajakan, P.T.A pun sedih dan langsung lari dari acara jumpa fans dengan wajah yang penuh dengan air mata, lendir yang keluar dari hidung, serta isak tangis yang tiada tara, dan elu dengan tampang wajah tak berdosa, masih kebingungan ama tingkah laku P.T.A barusan yang bener2 aneh. 


Dan  kayaknya sudah cukup deh gw nulis hal2 bullshit diatas.

Mau disadari atau tidak disadari, gw mungkin sudah cukup hipokrit pas nulis artikel ini. Di satu sisi gw nulis artikel ini dan sok2 pro dvd original dan anti dvd bajakan, tapi di sisi lain gw masih suka ngedonlod film2 lewat torrent, why? karena gratis! Bonus features, fuck bonus features! cari di youtube juga bakal ketemu kok ama yang namanya behind the scene, etc etc. Kualitas dvd original itu bagus?! apa bedanya sama data di dalem harddisk, justru lebih aman lagi dan kagak bakal kena goresan2 random. Collectible?! Collectible dari hongkong, makan tempat tau! mending donlod, 1 lemari dvd itu sama ukurannya dengan 1 buah harddisk 1 tera yang berisi ratusan film, membuat download film lebih MOBILE!. Mau jual dvd original bekas? dan lu berharap laku?!, coba taruh emas 10 gram ama Criterion boxset si Federico Fellini di pinggir jalan, dimana2 orang juga bakal milih emas kali. DVD/Bluray Original itu overrated! dan saking overratednya, entah kenapa gw masih mau2 aja ngebeli dvd original dan bluray original untuk.........


Untuk ngeliatin cover dvd Magnolia yang covernya sendiri merupakan sebuah cerita dalam cerita yang erat, saling terhubung, dan tak akan pernah lepas dari satu sama lain...





Untuk mengagumi keindahan bluray Blue Velvet 25th Anniversary yang bersatu padu dengan warna casenya sendiri yang seakan2, sudah menyatu dengan tema filmnya sendiri, sekaligus mengenang masa2 suram jaman2 gw jualan sisa2 kartu yugioh gw demi ngebeli maha karya David Lynch ini... 
*Tiap malem pasti gw elus2 ini bluray, awesome banget wujud fisiknya!*




Atau pada saat Dvd The Wizard  of Oz hibahan agan criesmary datang kerumah gw dengan wujud yang sederhana.....




Namun memiliki inside art yang luar biasa, indah, cantik, dan memukau, yang sontak membuat mata gw terbelalak, kok bisa cover depannya cupu, tapi dalemnya begini?



Atau jaman2 dimana gw nekat ikutan pre-order Boxset Stanley Kubrick, dan ga jajan sama sekali selama 1 bulan lebih supaya duitnya bisa kepake buat ngelunasin P.O. Saat2 dimana gw nyaris ga percaya, bahwa gw dengan jajan 10 ribu sehari, bisa ngebuka packing dari amazon uk, ngebuka plastik pelindung boxset ini, dan langsung memutar Full Metal Jacket di PS 3 A.R sekaligus mengendus2 bau2 slipcover yang baunya mirip2 bau parfum angel man, dan juga untuk pamer2 di Instagram kalo gw udah punya boxset kubrick yang versi ekonomis.




Dan momen2 paling indah, di awal tahun 2011, dimana untuk pertama kalinya gw beli dvd original untuk ngisi rak kosong paling atas, mengisi koleksi film pertama gw dengan The Shinningnya Kubrick.






Dan di awal tahun 2013, akhirnya rak ini penuh, meskipun itu mesti digabung2 ama beberapa kaset ps3.






Buat gw, ada kebanggan tersendiri dan rasa yang lucu pas kita ngoleksi dvd/film, pada saat lu beli dvd original, kemudian lu ngejejerin mereka secara vertikal dan tersusun rapi di lemari, akan ada perasaan yang tak tertandingkan meskipun koleksi elu baru sedikit.

Gw masih donlot film, and sometimes gw masih nonton bajakan, tapi at least dengan duit yang gw punya, gw masih berusaha untuk membeli hasil karya intelektual para filmmaker, bukan untuk menghapuskan pembajakan, bukan untuk menguntungkan distributor film, bukan juga untuk pamer2  ga jelas di instagram.

Gw cuman mau punya 1 lemari yang penuh dengan dvd dan bluray, dan di hari minggu  sore di saat gw berumur senja nanti, pengen deh gw ngajak cucu2 gw duduk di depan lemari koleksi film pribadi gw, dan ngomong ke mereka....

"Cu, kakek dapet dvd The Shinning ini sebenarnya hasil jual rugi kartu yugioh ke teman kakek yang namanya Madi, terus kakek minjem duit 10 ribu sama kak Eva supaya bisa beli dvd The Shinning ini di gramedia, soalnya sejak kakek masih umur 13 tahun, kakek penasaran banget ama The Shinning, kakek cuman bisa ngiler aja di pelataran dvd mengingat kakek pas masih kecil gak terlalu punya banyak duit. Kita nonton bareng The Shinning yuk, ntar pas adegan Jack Nicholsonnya ketemu cewek telanjang, mata kamu kakek tutup deh, jangan bilang2 nenek yah, baru deh habis itu kita nonton A Clockwork Orange dan Eyes wide shut."


PS: Buat kamu yang menang lomba menulis artikel kayak begini, mengingat gw pasti langsung di diskualifikasi karena ini artikel banyak bener karakternya, itu The Crying Game jualin ke gw ya, gw beli kok, 100 ribu ya, hehehehehe~~~

10 comments:

  1. Gua juga sekarang lagi demen-demennya beli dvd ori film Indonesia, baru kebeli 3; Pintu Terlarang, Modus Anomali, FISFIC

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ebuset, Pintu Terlarang beli dimana bro? ane nyari dimana2 kagak ketemu2

      Delete
    2. Di Palangka Raya bro, di toko dvd deket hypermart

      Delete
    3. Hypermart yang ada di mall Megatop itu kan? siip deh, ntar kalau ke palangkaraya saya meluncur kesana, mudahan dvd pintu terlarangnya masih ada.

      Delete
  2. kalo beli ori emang ada kepuasan tersendiri om. Mau itu DVD ataupun audio disc. Untuk skrg sih baru mampu koleksi audio CD (maklum masih pelajar).

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. dvd ori meski klo dijajarin sama download kualitas ga beda jauh, tp emg bner kata lu bro ... rasanya beda,,!!

    ReplyDelete
  6. Very good point bro..
    call/sms/WA us at 08161800527. Kami punya ribuan copy vcd/dvd original eks rental FOR SALE...
    terimakasih...

    ReplyDelete
  7. Bro, ane nyari-nyari The Intouchables nggak ketemu. Di iTunes nggak ada, disctarra, dvd-original dot com juga nggak ada. Kira-kira cari di mana lagi ya? Thanks

    ReplyDelete