Wednesday, September 25, 2013

Azrax Melawan Sindikat Perdagangan Wanita (2013) Review.


Kalo boleh jujur, hype Azrax ini bener2 viral, saking viralnya, gw ampe bela2in ngeskip les sosiologi demi nonton pemutaran perdana Azrax, dan juga dari tweet yang gw baca di twitter, Azrax ini katanya dikunci dan dipastikan memenangkan piala citra 2013, belum lagi posternya yang didesain secara profesional banget, art posternya itu gila bener! ditambah lagi ada embel2 suting JAKARTA-HONGKONG, bahkan trailernya sendiri yang catchy dan brutal, anjrit, kalo biasanya gw nulis kata2 pembuka kayak "akankah Azrax film ekspektasi gw" atau "akankah film ini berakhir bagus" untuk Azrax, kayaknya gak ada kalimat pembuka macam gitu deh, karena gw tau, pas gw nonton trailernya, gw yakin kalo Azrax akan menjadi sebuah film paling sensasional yang pernah ada di alam semesta ini.


Azrax menceritakan seorang pria bernama Azrax (AA Gatot) yang berjuang untuk menghancurkan sindikat perdagangan wanita dengan modus TKI tapi berujung jadi WTS, dengan ditemani preman lupa namanya siapa (Yama Carlos) dan pemuda lemah lupa namanya siapa (Mario Irwansyah), petualangan ketiga pemuda (kecuali AA Gatot, dia masuk golongan pemudia tua awesome) ini untuk menguak dan menghancurkan sindikat perdagangan wanita yang penuh liku dan halangan pun dimulai.


Guys, seumur2, gw belum pernah nonton film DRAMA ACTION Indonesia yang gila seperti Azrax, yep, for all you guys yang sering mantengin blog ini, kalian pasti tau kalau film action Indonesia terbaik menurut gw itu ya THE RAID yang rilis taon lalu, but there was The Raid, and now, here comes Azrax dengan segala potensi dan teknikalnya yang awesome banget. Dari 10 menitnya pertamanya aja, gw udah bisa nebak kalau Azrax akan menjadi salah satu film terbaik yang pernah gw tonton, kenapa? karena AA Gatot udah menghipnotis gw untuk gak bisa mindahin mata ke arah lain2, mata gw udah terpaku ke silver screen yang berjalan di depan gw, sumpah, performa AA Gatot dan pengkarakterisasian Azrax itu emang jenius gila, the moment when dia ada dalam sebuah scene, Azrax langsung mendominasi adegan itu, biarpun ada Yama Carlos yang macho or Nadine Chandrawinata yang bikin celana gw nyesek, gw tetep ga bisa mengalihkan pandangan gw dari AA Gatot entah kenapa, performa AA Gatot ini mengingatkan gw sama performa Gary Oldman sebagai Smiley di TINKER TAILOR SOLDIER SPY, kenapa gw ngebandingin AA Gatot sama Oldman? karena pengkarakterisasian mereka berdua itu jenius banget, kesamaanya? mereka sama2 kngedominate layar bioskop menjadi sebuah panggung realita dimana aksi reaksi karakternya sendiri itu REAL dan BELIEVABLE.


Direksinya sendiri pun bener2 gila, kudos buat Didi Setiadi yang membuat Azrax terlihat seperti film direksi Nicolas Winding Refn, berasa kayak Only God Forgives yang soteng di Indonesia, membuat setiap potong adegan yang ada dalam Azrax menjadi sebuah cinematic experience yang engaging dan bakal susah dilupain seumur hidup. Tiap shotnya itu bener2 memorable, apalagi pas pengambilan gambar di hongkong, bener2 kerasa kayak Lost In Translation, vibrant banget, ni film bener2 bikin mata gw terbelalak lebar2. Didi Setiadi dengan hebatnya, berhasil nangkep apa itu esensi street fighting dengan berbagai macam gaya bertarung disini, mulai dari silat khas pesantren, gaya fighting ala preman pinggir jalan, hingga gaya berantem acak adul random ga jelas tapi keren, dari segi direksi, Azrax ini bener2 awesome.


Dari gw lahir sampe sekarang, gw nonton banyak banget film action, dan pada waktu itu genre action adalah genre favorit gw (gara2 nonton There Will Be Blood, akhirnya drama menjadi genre favorit gw), thx to rcti yang sering muterin Die Hard, gw jadi sort of adrenalin junkie yang nyari ketegangan di film action. Tapi film action itu menurut gw adalah genre yang paling banyak plotholenya dibanding romance, drama, comedy, bokep (bokep itu ga ada plotholenya, apalagi yang bikinan Indonesia), dan sebangsanya, you named it. Contoh plot hole film action, The Dark Knight Rises, why the fuck Bane sama polisi itu tatap2an muka dulu, padahal pasukan Bane tinggal nembak2in meriam aja dari tumblernya Batman kelar, lah ini natap2 mata dulu, emangnya homo?  Inception (kok Nolan lagi ya), si JGL yang kerepotan nembakin pasukan alam barzah, dibantu sama Tom Hardy yang ngomong ke JGL "Alah, senjata lu cupu, elu harus mimpi lebih besar dong" Tom Hardy kemudian berkhayal dan ngeluarin riffle dengan grenade launcher, kalo bisa mimpi besar, why on earth dia ngemimpiin grenade launcher, bukan tank Abram or pesawat temput, or Optimus Prime buat ngelibas pasukan alam barzah. Dan The Dark Knight (Nolan lagi), film action favorit gw sepanjang masa, TDK itu keren, karya terbaik Nolan, tapi TDK punya lubang gede di 10 menit pertamanya, masih inget gimana Joker keluar dari bank? Pake bis sekolahan kan? Kok supir bus sekolahan yang di belakang dia goblok banget ya ga kebingungan sama tu mobil sekolahan nerobos keluar dari bank, polisi yang menuju TKP pun matanya rabun ya kagak ngeliat tu bis habis ngejebol bank, aideuh. Itu baru plot hole ringan ya, belom plot hole berat kayak di Transformers (gw masih bingung kenapa itu tentara masih nembakin decepticon padahal udah tau pelurunya kagak mempan), The Killer John Woo (nih film keren, masuk top 50 gw, cuman yang gw bingung, itu Chow Yun Fat kok pelurunya kagak abis2 yak), dan lain2.

Plot hole itu bukan masalah sih sebenarnya, I'm fine with plot hole as long plot holenya ga annoying, manusia itu ga ada yang sempurna, manusia yang sempurna itu cuman Stanley Kubrick (wops), gimana lu bisa ngarepin sesuatu yang sempurna without plothole kalo penciptanya sendiri ga sempurna, tapi film2 yang baru gw sebutin diatas, ternyata berbeda 180 derajat sama Azrax, why? karena Azrax itu PERFECT, sempurna, nyaris ga ada cacatnya, eh bukan nyaris sih, GA ADA CACATNYA MALAH, baru kali ini gw nonton film action yang ga ada plotholenya sama sekali, rapi bener, buat filmsnob, moviebuff, moviecritic, ato penghina film kayak Scott Weinberg yang sering ngina2 film si Uwe Boll di twitter, gw jamin, kalian ga akan sama sekali nemuin plot hole di film ini. Gw yang demen nyari2 plot hole malah bingung ni film plotholenya dimana, ga ketemu sama sekali. Saking frustasinya, gw ampe mau nonton ni film untuk kedua kalinya untuk nyari plot hole sekaligus mengagumi estetikanya, tapi apaboleh buat, duit gw sekarat, terpaksa niat nonton lagi pun gw urungkan.

Feel dan filmnya sendiri persis kayak In The The Mood For Love-nya Wong-Kar Wai, kadang kalau lu mau masukin adegan perzinahan dalam sebuah film, jadinya akan kayak Y Tu Mama Tambien, Malena, or film2 dengan feel sexual tension yang panas dan penuh dengan birahi, kalo mau nunjukin kesan sexual tension, biasanya filmmaker mesti masukin adegan nudity or sex scene gitu (Contoh Shame si McQueen, seumur2 baru kali ini Robin gw ga bediri padahal ada adegan threesome yang bener2 hot deket2 klimaksnya), tapi lain cerita dengan Azrax, Didi Setiadi itu pintar, mengingat di Indonesia ini susah sekali masukin adegan sex scene yang keliatan, I mean, bener2 keliatan, Didi pun menonjolkan kesan sensualnya lewat tatapan mata AA Azrax, persis seperti apa yang Wong Kar Wai lakukan pada In The Mood For Love 13 tahun silam, adegan bersetubuh pun tidak diperlukan lagi kalau semuanya sudah bisa digambarkan lewat tatapan mata AA Azrax yang menatap para selir2nya (ato anak? entahlah)

Direksi? oke, akting? brutal? fight Scene? keren, musik? KBA. Nah, tapi Azrax tidak sampai disitu. Kalo The Raid punya klimaks 2 lawan 1 yang memorable dan gila, The Good, The Bad, And The Ugly punya klimaks mexican standoff yang masterpiece banget, There Will Be Blood punya klimaks yang bikin gw ga bisa nafas, Azrax punya Plot Twist yang gak akan bisa lo tebak dari awal ni film dimulai. Azrax itu ga kayak Sixth Sense, Prestige, Oldboy, ato bahkan Shutter Island dimana lo yakin ni film pasti ada twistnya, Azrax itu kayak Fight Club-nya Fincher dan Shawshank Redemption-nya Darabont, lu gak akan pernah menduga kalo film ini memiliki twist sakti mandraguna yang bakal bikin kepala lo nyut2an, the greatest action movie ever (baca: Azrax) turns out to be the greatest mindfuck movie ever. Gw yakin, M Night Shylaman pasti bakal sakit hati pas nonton Azrax karena gak pernah kepikiran ending sakit begini, dan Alfred Hitchcock, well, mungkin Mr. Hitchcock akan memuja2 sang penulis naskah dari alam baka sana karena yang bikin naskah Azrax, telah mengembalikan apa itu esensi twist ending yang sebenarnya. 

Overall, Azrax adalah film Indonesia terbaik, ah bukan, Azrax adalah salah satu film terbaik yang pernah gw tonton, Tidak heran jika seandainya di masa depan, Stallone akan ngerekrut Gatot Brajamusti untuk maen di The Expendable 20. 



PS: Review kali ini adalah homage buat blog sinema-indonesia yang udah 6 tahun ga apdet2 lagi, Makanya gw ngasih skor berupa kancut 5 sebagai penghormatan buat blog sinema-indonesia yang udah menginspirasi kita semua untuk menulis dengan gaya sebebas2nya. Gw rindu sinema-indonesia, siapa sih yang ga rindu sama penulis gila kayak mereka?

8 comments:

  1. Ini sarkasme kan gan?? Hahaha... ahli banget sarkasme nya.. Gue sampai ga bisa bedain, ini serius apa bukan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan gan, ini bukan sarkasme. *digebuk sama fanboy Christopher Nolan*

      Delete
    2. O.. bukan ya?? *ikut gebukin* berani-berani nya menghina Sutradara favorit gw...

      Delete
  2. Nah menurut agan nih, Azrax Vs Machete ato Azrax Cs Machete seru banget ga tuh ?! *narik asep roko*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau diadu sama siapa juga, Azrax tetaplah pemenangnya (kecuali sama Chuck Norris)

      Delete
  3. Kacau,,ini ngeriview sambil ngasah pedang kayaknya,,!

    ReplyDelete
  4. Huaaahhheemmmm.. gitu yak..?? #sambil_nyabutin_bulu_hidung#

    ReplyDelete
  5. False. Macgyver yang menang.

    ReplyDelete