Monday, June 11, 2012

Ngalur-Ngidul OOT Gadungan Vol.2:tsuya 7 OLD but GOLD Video Game.



Berhubung gw ketinggalan cerita, kali ini gw ikut OOT dan nge-review 7 game pilihan OLD but GOLD dalam hidup gw! Sebelumnya, gw berterimakasih kepada teman2 kritikus gadungan yg ga ngajak2 buat bikin review (anjrot bro gw ditinggal!). Meski sekedar basa basi dulu atau curahan hati semata, gw mau cerita sejarah gw main game.. Oke, back to the past.. Tahun 19.. Bentar gw lupa.. Kalo ga salah 1994 atau 1995 pertama gw pegang perangkat keras game yg isinya game tetris.. Gw senang banget padahal gw ingat tu perangkat bisa bilang "BEGO LO!" kalo salah bikin blok tetris!.. Gw baru paham dan sadar waktu sudah masuk SD kelas 1 tu perangkat ngoloking gw! Alas dah.. Oke kita lewatkan aja masa kelam itu.. Kelas 2 SD tahun 1997, gw main konsole game SNES yg isinya mario dkk, serasa baru kemarin main tuh game legenda.. Dan lanjut ke kelas 4 SD tahun 1999 gw dah punya PS1 dan disitulah gw mencurahkan segenap jiwa raga gw main game sepenuh hati hingga lepas kontrol.. You know lah, non-stop gaming itu biasa dulu.. Gw skip langsung dimana gw dapat sekuel konsol PS2 yg merupakan hadiah terindah di ulang tahun lupa gw yg keberapa yg jelas itu sudah SMA kelas 1..
Dan disitu juga gw curahin jiwa gamer gw untuk main non-stop tanpa ampun (rekor ps2 tanpa mati selama 5 hari di hari liburan hingga 1 bulan kemudian mengakhiri hidup ps2 gw waktu kelas 2 naik ke kelas 3 SMA tahun 2007). Gw belum tapi tertarik main PC waktu itu.. Super SKIP! Gw masuk kuliah akhir tahun 2008 dan gw jadi hikomori seutuhnya yg ga pernah mengenal lingkungan sosial dan disitu gw rajin menabung hingga impian beli PSP terwujud dengan harga 2,6 juta.. Dan psp ini masih ada sampai sekarang menemani gw gaming.. (Pc-nya manah?!). 


Begitulah kisi2 hidup gaming gw tapi banyak sih yg belum kesebutan tapi itu merupakan event berharga yg turut mendongkrak hidup gw jadi orang yg mengerti teknologi dan masa depan (anjrot kata2 gw haha!) kali ini gw akan review 7 game old but GOLD dalam hidup gw.. Kenapa 7 aja? Maklum pikiran lagi kemana2.. Besok gw mau seminar jadi pikiran kemana2 untuk penghilang stress bikin 7 point aja.. Padahal ada banyak lagi game yg GOLD dalam hidup gw, tapi gw ambil yg BEST aja deh.. Ini dia.. 




7 OLD but GOLD Video Game tsuya3 Version

7. Marvel vs Capcom


Salah satu game fighting 2D yang menurut gw seru dan awesome! Dari sini gw bisa mengenal chara dari komik marvel yg gahar2 kek captain america, war machine, hulk dan sebangsa lainnya. Game clash ini menurut gw agak mirip2 dengan street fighter 3 aplha mungkin karena capcom yg banyak turun tangan mengenai game ini.. Ada beberapa hidden chara yg bisa kamu mainkan jika menamatkan game ini dengan chara tertentu, misalnya menamatkan venom maka dapat carnage dan yang paling edan adalah kamu bisa main sebagai boss utama game ini yaitu ONSLAUGHT yg super gede dan susah bener ngalahinnya.. Banyak combo dalam game ini, kamu bisa master game ini dalam waktu singkat jika dah paham combo dasarnya apa lagi ada pilihan auto dan manual.

Best moment : berhasil mengalahkan lawanmu yg jago dengan kondisi PERFECT! Like a boss dah..

6. Suikoden 2

Game RPG legenda dari konami ini memang sakti, lo tau kan suikoden? Build kingdom with LOTS party members! Yup, buanyak banget! Gw sampai lupa ada berapa chara dalam game ini.. Kalo ga salah lebih 100 chara yg bisa di rekrut ikut denganmu.. Alur cerita yang kemana2 serta beberapa Mini games menambah seru game ini, yg pasti perlu perjuangan untuk mendapatkan chara yg bejibun dalam game ini.. 

Best moment : waktu war! Taktik dan strategi main disini dan juga asik ngeliat perang dalam bentuk chibi2 (bukan fans girlband) 

5. Bomberman Party Edition


Emas itu indah, Indah itu adalah seni dan seni itu adalah ledakan.. KAAATSSUU! BOOM!
Gw pilih bomberman soalnya game ini so FUN! Apalagi kalau main orang banyak! Gw main di PS1 dengan multitap jadi bisa main 5 orang sekaligus dalam 1 layar.. Asli dah.. Ngakak abis main ini game! Meskipun game ini sekilas standar aja tapi sebenarnya game ini menguras otak loh.. Apalagi main pakai time limit.. Saling bom dan bunuh membunuh dengan gambar yang cute dan imut2!

Best moment : ketika DRAW! Semua player mati kena ledakan bom! Semua player pada pasang muka tak berdosa wkwkwkwk.. SO NOSTALGIC dah!

4. Final fantasy tactics

Terlepas dari game action, RPG dan lainnya, gw juga suka game strategy salah satunya ini.. Game dari squaresoft dan sekarang adalah square-enix ini memang seru, job system dan alur cerita tentang zodiac mengingatkan gw dengan final fantasy XII, di final fantasy tactic ini kita bebas berganti2 job kapanpun dan dimanapun kecuali saat battle. Setiap job memiliki relasi ke job lain dan job perlu di unlock dengan menaikan level job tersebut.. Penuh perjuangan dan makan waktu berjam2 bahkan berhari2 agar bisa jadi master dalam 1 job! Game ini release di ps1 dan di remake di psp.. Jujur, gw main 1 hari nonstop di psp soalnya asik dan seru! 



Best moment : gw takutnya jadi spoiler nih.. Tapi ada event ga disangka dimana teman balik tusuk teman (tusbol dah!) bukan itu maksudnya, yg jelas penghianatan, perang saudara, seru dah!

3. Legend of mana


Game ini adalah game perkembangan tubuh gw waktu SD.. Bermakna banget karena game ini gw mainnya bareng temen2 seperjuangan gw di kampung! Asik banget main multi player.. Naikin level bareng2 (gw ingat dulu punya memory card ps1 cuman sebiji jadi main load sana cabut dan load lagi di sini.. Haha). Game ini asik soalnya sama setelah tamat, kamu bisa mengulang lagi dari awal dengan beberapa feature menarik! Seperti memperkuat musuh dan melengkapi quest yg belum selesai sebelumnya.. Dan sayangnya sekuel dari game ini yaitu dawn of mana kurang greget menurut gw.. Meskipun gambar 3d dan full action mainnya tetep aja alur ceritanya ngambang dari versi sebelumnya.


Best moment : ngerumus resep bikin pedang bareng temen2 sampai jualan pedang juga bareng mereka! Gamenya asik, customize weapon, farming, bahkan sampai memelihara PET! Luar biasa menyenangkan!

2. Kingdom hearts


Well, entah kenapa gw tempatkan game clash antara Square-enix dan disney ini dalam urutan ke 2.. Yang jelas gw terpesona dengan aksi dari Sora, Donald dan Goofy! Gameplay action yang begitu asik terutama pada battle yg begitu interaktif.. Alur cerita clash antara disney dan square-enix juga terasa begitu unik karena pasti setiap gamer tau game FINAL FANTASY dan produk square-enix lainnya dan apa yang terjadi jika di gabung dengan Disney chara? Dan itu lah uniknya game ini . gw rela bela2in beli DVD gamenya di bjm dulu padahal di tempat gw tinggal belum ada lagi ps2 untuk maininnya.. Maklum, gw kenal ini game dari gameshark PS1 yang ada trailer2 game2 ps2.. Dan disitulah semangat untuk ngelanjutin sekuel ini terus berkobar.. Sayangnya kingdom heart 3D keluar di 3DS aja.. Padahalkan niat gw mau beli vita.. Sigh~

Best moment : openingnya itu loh.. OST dengan judul Hikari dari utada hikaru yang begitu pas apa lagi gambar yang aduhay di jamannya! Hanyuuut dah

1. Chrono cross



Game tahun 1999 yg booming di konsol Playstation ini dan merupakan sekuel spin-off dari Chrono Trigger ini memang sangat bermakna bagi hidup gw dan selalu membekas dalam di hati gamer gw.. Game 3D terindah pada jamannya dan memiliki story line yg aduhay membawa kita ikut masuk ke dalam bagian alur gamenya.. Gw rela duduk sepanjang hari demi memainkan dan mengikuti alur cerita meskipun gw ga paham text inggris waktu itu.. Untuk ada kakak gw yg kuliah rela nge-translate sedikit demi sedikit alur cerita game-nya.. Bahkan gw rela beli game guide biar bisa tau semua jalan dan secret dari Chrono cross ini meskipun game guidenya mengecewakan karena ga terlalu lengkap sih.. Tapi artworknya sangat berkesan dan menakjubkan untuk di koleksi.. Game ini juga LIMITLESS, kenapa? Karena pada saat ending kamu bisa save game dan main New Game+ dimana kamu bisa mengulang dari awal dengan kemampuan2 khusus! Gunanya mendapatkan item dan chara serta ending yg belum dicapai pada sebelumnya! Lepas dari alur ceritanya, soundtrack game ini BENAR-BENAR LUAR BIASA! INDAH! CANTIK DAN WOW! Takjub dah dengan instrumental yg diolah oleh Yasunori Mitsuda tapi sayang.. Soundtrack ini di curi dan dibajak oleh TR*NSCORP buat ngisi BGM acara2 mereka tanpa minta izin dulu.. 

The Best Moment:The Best Moment adalah,saat saya memainkan game ini,itu adalah The Best Moment dalam hidup saya (cieeelaaaaaah)


wajah "pedophile" tsuya3 yang ditutupi oleh Game Guide Chrono Cross

Tentang Penulis:
Nama:Tsuya A Knot
Nama Asli:Tsuya
Tanggal Lahir:7 Februari 1990
Jenis Kelamin:Laki-Laki
Pendidikan:SMAN 1 MARABAHAN,UNISKA BANJARMASIN
Quote Favourite: "The Justice is Myself"-Kyo Dir En Grey





SEKIAN.

5 comments:

  1. perbedaan yang signifikan yang,dimana kalo gw dan A.R demennya game next-gen (kebanyakan kan top 10 ane kemaren game ps3),sedangkan tsuya3 demennya game2 jadul namun legendaris,ngomong2,saya memang bukan penggemar berat Chronno Series (karena belom pernah main Chronno Cross),tapi harus diakui,OST dari Chronno Trigger maupun Chronno Cross emang bagyyuus,waktu itu pernah di Gramedia Duta Mall gw dengar musik di diputer disana,gw denger kok rasanya familiar yak ini musik,begitu ane maen Chronno Trigger di NDS,dan swt,bener toh,OSTnya dipake buat jadi musik pengiring orang belanja buku di gramedia,wkwkwkwkwk,btw........WTF!!!!!,SITU DAPAT DARIMANA ITU GAME-GUIDE???/

    ReplyDelete
  2. maklum lah.. perkembangan fisik dan jiwa gaming gw waktu jaman chrono cross sebangsanya jadi wajar kalo game2 tersebut selalu jadi ingatan yang ga bisa dilupakan.. best memories dah..
    hohoho, tu game guide belinya pas dah tamat 1 kali.. belinya di gramedia kalo ga salah.. jaman doeloe.. itu juga kakak ane yg beliin.. maklum, sangat terobsesi dengan CC dulu itu hahaha

    ReplyDelete
  3. hebat amat gramedia jualan buku kayak begitu,btw itu buku baha inggris apa bahasa indo isinya kaks?

    ReplyDelete
  4. ini game guide dari penerbitnya Megindo, jadi bahasa indonesia.. ga tau juga.. tapi gw ingat betul kata2 kakak gw yg bilang belinya di gramedia.. tahun 2001 kalo ga salah.. 2 tahun setelah CC release.. meski ga lengkap tapi ini jadi salah satu benda kolektor yang gw sayang..

    ReplyDelete
  5. adalah ini benda legenda di kos2an,aku handak malihat jua nah,game gude metal gear solid bahari pang kdd lah?,wkwkwkwk

    ReplyDelete