Friday, November 16, 2012

Wreck-it Ralph (2012) Review.



Sebelum menjadi seorang maniak film yang suram seperti sekarang, gw adalah seorang video-game geek yang tingkat kecanduannya lumayan.  Setiap hari, sepulang sekolah, gw selalu main BlazBlue, MvC 3, atau Arkham Asylum di rental ps3 deket rumah gw, dan setiap kali ke Mall, pikiran gw selalu tertuju kepada mesin game Arcade Wangan Midnight Maximum Tune 3 DX+ yang ada di 21 Cineplex kota gw.  Video Game adalah jendela dunia gw, dengan Video Game, gw melihat dunia lewat lain yang diciptakan oleh sang developer game, Video Game sama seperti film, sebuah media alat bantu untuk lari dari kenyataan. Tanpa Grand Theft Auto San Andreas, mungkin gw ga akan merasakan nikmatnya merusuh, mencuri mobil, menembak warga secara membabi buta, dan menjadi gangster, which is, cuman ada di Video Game.  Tanpa Guitar Hero II, gw mungkin gak akan kenal dengan band2 jaman dulu yang keren2 macam Gun N Roses, Metallica, Danzig, Motley Crue, Dragon Force, dan tanpa game itu, mungkin gw ga akan menjadi penggemar The Police sampai sekarang. Tanpa Metal Gear Solid, gw mungkin ga akan pernah punya pikiran kritis.  Tanpa BlazBlue, Tekken 3, dan Marvel Vs. Capcom, gw ga akan pernah merasakan nikmatnya memukul orang sepuasnya. Dan tanpa Wangan Midnight Maximum Tune, mungkin gw ga akan pernah tau gimana rasanya adrenalin yang yang bergejolak dalam dada gw saat gw berusaha melakukan drifting dan berusaha menyalip musuh gw yang sedang memacu kecepatan setinggi2nya di jalan tol bernama wangan.  Tanpa Video Game, gw mungkin bukanlah manusia, Video Game itu memang pada kenyataanya hanyalah rekaan manusia dan hanyalah sebuah hiburan, tidak lebih dan tidak kurang, Video Game membuat kita yang tidak bisa melakukan sesuatu di dunia nyata, bisa kita lakukan di Video Game.  Video Game itu tidak punya pikiran dan tidak punya kehendak bebas, kitalah, manusia yang mengendalikan suatu karakter dalam Video Game itu untuk mencapai suatu titik tertentu.  

Tapi Bagaimana jika pada kenyataanya, karakter dunia maya itu ternyata memiliki free will, alias, karakter video game memiliki pikiran sendiri?, premis yang dihadirkan disini mirip2 ama Toy Story dimana mainan2 disitu punya pikiran sendiri dan memiliki dunianya sendiri.  Apakah Wreck-it Ralph ini adalah sebuah rip-off halus dari Toy Story, atau Wreck-it Ralph adalah sesuatu yang baru, fresh, dan menyenangkan dalam industri animasi?



Sebelum Film Wreck-it Ralph dimulai, Disney muterin short film animasi pendek berjudul Paperman.  Paperman itu nyeritain seorang pekerja kantoran yang ngelemparin pesawat kertas ke cewek yang pengen dia temuin, premisnya sederhana, maklum ini film pendek, tapi sebenarnya, mungkin Paperman ini adalah salah satu film animasi pendek terbaik yang pernah gw tonton.


Serius sumpah ciyus gangayang cungguh enelan!, ini film bener2 bikin hati gw mengeriyit (ga cuman mata doang yang bisa begitu), dengan durasi 7 menitnya yang bener2 sebentar, John Kars sukses dalam mengaduk2 emosi gw pas gw nonton film ini, visualisasi Black and White di Paperman bener2 ngebikin kesan suram, kesepian, dan ketidakbahagiaan bener2 berasa sepanjang durasi 7 menit film ini berlangusng.  Paperman ngingetin gw ama Punch-Drunk Lovenya P.T.A yang bermain2 lewat alunan musik yang bener2 membangun kembali suasana mood gw sama tatanan cahayanya yang ada kebiru2an.  Paperman itu asik, sebuah film pembuka yang bener2 gokil sebelum kita dibikin ngakak ama suara John C.Reilly di Wreck-It Ralph.   Khusus untuk Paperman, gw ngasih 10 karena Paperman berhasil bikin gw tersenyum sambil terharu dan sukses menghilangkan kegundahan hati gw yang habis ulangan Geografi dan takut kena remedial.


"I have a love in my life. It makes me stronger than anything" - Barry Egan.

Tapi ya, selain quotenya si Barry Egan yang nunjukin bahwa dirinya tuh udah kaya Superman, quotenya P.S Hoffman yang ini ga kalah nendang, entah berapa kali sudah gw ngikutin intonasi nada suaranya pas gw pulang sekolah naik motor (iya, gw kesekolah naik motor, padahal gw belum punya sim, problem?)


Epic Philip Seymour Hoffman is Epic.



Bah, ini malah ngomong ke Punch-Drunk Love-nya P.T.A lagi, okelah, lanjut ke Wreck-it Ralph.

Ralph (John C.Rilley, itu lo, yang di Boogie Night), adalah seorang tokoh antagonis di video game Wreck-It Ralph, tugas Ralph itu mirip2 kayak monster2 di video game Rampage (ada yang pernah main?, sumpah keren itu gamenya pas gw main di PS 1, ceritanya kayak monster2 ngancurin bangunan) Ralph yang adalah tokoh antagonis di video game Wreck-it Ralph bertugas untuk menghancurkan apartemen tempat warga tinggal, kemudian munculah Felix, yang adalah karakter utama di video game ini dan memiliki kemampuan khusus untuk memperbaiki bangunan yang dihancurkan oleh Ralph, dan setiap kali Felix berhasil mengalahkan Ralph, Felix mendapatkan medali, sementara Ralph tidak.  Ralph yang sudah 30 tahun menjalani ritual membosankan ini kemudian ingin menjadi orang baik dan ingin mendapat pengakuan, Ralph pun menjelajah ke video game lain untuk mencari medali yang tidak bisa ia dapatkan di video game Wreck-It Ralph, apakah Ralph bisa mendapatkan medali untuk dirinya, dan mendapat pengakuan dari yang lain?.


Nonton Wreck-it Ralph itu berasa kayak nonton Toy Story, bedanya, kalau Toy Story itu nyeritain kehidupan mainan, maka Wreck-It Ralph nyeritain kehidupan karakter video game yang punya kehidupan sendiri.  Sepanjang film, gw dibawa kembali bernostalgia ke jaman2 saat gw sering ke timezone sama kedua orang tua gw, sayang, timezone sekarang udah tutup dan diganti ama amazon di kota gw.  Di Wreck-It Ralph, gw diperlhatkan kembali dengan gaya naruh koin antrian, jadi kalo kita antri pengen main game arcade, maka koinnya tuh kita taruh di alatnya, biar ga diserobot orang, bah, sudah lama gw ga main game Arcade, terakhir main Wangan Midnight itu 5 bulan yang lalu, dan terakhir kali main game fighting arcade itu 3 tahun yang lalu, sekarang gw sering main di konsol sih, jadi Wreck-It Ralph ini bisa dibilang jadi sarana gw bernostalgia ke jaman2 gw maniak menghabiskan duit orang tua main Video Game, dan kalo boleh jujur, nonton Wreck-It Ralph itu rasanya ga kayak nonton Toy Story, tapi kayak......The Cabin in The Woods.



Kunci utama untuk menikmati film The Cabin in The Woods itu sederhana, kamu seenganya punya beberapa referensi film horor yang pernah kamu tonton, ambil contoh kayak gw, gw demen The Evil Dead dan Re-Animator, sehingga pas gw nonton The Cabin in The Woods, gw terperangah ketika premis yang dihadirkan The Cabin in The Woods mirip ama Evil Dead, sama ada nama Deadite dan Re-Animator yang nongol di papan tulis, which is, bikin gw ngerasa asik ama film T.C.I.T.W.  Sebaliknnya, bagi yang kurang referensi film horor, mungkin akan mencap T.C.T.W sebagai film gaje worst 35.000 ever, karena keistimewaan Cabin in The Woods ialah Cameo dan referensi atau HOMAGE ke film2 horrrrrror jaman dulu.  Kasus serupa terjadi kepada Wreck-It Ralph, bedanya, kalau The Cabin in The Woods itu nampilin cameonya secara samar2 dan ga secara blak-blakan, maka, Wreck-It Ralph itu nampilin cameo-nya secara  buka-bukaan.

Penampakan: Kano Mortal Kombat, Ninja dari Mortal Kombat, Bowser dari Super Mario, Hantu dari Pac Man, Clyde dari House of the dead, sisanya original character


Penampakan Cameo-nya terlalu banyak dan bikin gw terperangah secara spontan, gw kaget pas ada ngeliat Ryu sama Ken dari Street Fighter II, gw kaget pas ngeliat ada Sonic dan musuhnya Dr. Egg, gw kaget pas ada ngeliat Pac-Man dan musuh hantunya, gw kaget pas ada ngeliat Chun-Li jalan2 sama Cammy, gw kaget pas ngeliat Mr. Bison, gw kaget pas ngeliat tulisan Leroy Jenkins disini, bahkan gw lebih kaget lagi pas ada cameo Metal Gear Solid disini.  Entah berapa duit Disney membayar supaya karakter2 dari video game itu dijejelin disini, yang jelas, Wreck-It Ralph ini sukses meletakan Homage dari video game terkenal dan bikin Video Game Geek seperti gw tersenyum2 mesum bahagia melihat jagoan2 gw mencungul dan beraksi di film ini.



Wreck-it Ralph mungkin bisa dinobatkan sebagai one of the best movie of 2012 versi gw, karena Wreck-it Ralph ga cuman menghadirkan cameo sebagai senjata utama film ini, tapi teknik penceritaan khas Disney yang selalu sukses menyentuh hati para penonton kembali works for me, entah kenapa gw meneteskan air mata pas  Wreck-it Ralph berakhir.  Memang sudah jadi ciri khas Disney untuk selalu mengakhiri filmnya dengan balutan adegan yang bikin penonton terharu, tapi untuk kali ini, Disney ga cuman memberikan film yang menyentuh hati para penonton, tapi Wreck-it Ralph juga memberikan sebuah hiburan tak terlupakan bagi para video-game geek yang nonton film ini, dan tidak ketinggalan, ada twist maut yang bikin gw melongo sebentar dan bikin gw berguman "ANJRIT, gw ditipu ama film kartun!".  

Bagi gw, Wreck-it Ralph tidak hanya sekedar sebuah film animasi biasa, tapi sebuah dream's come true bagi gw, dan bagi para gamer geek diluaran sana, Wreck-it Ralph bukanlah rippingan halus Toy Story, tapi Wreck-it Ralph adalah sebuah penghormatan bagi video game yang sudah menemani masa kanak-kanak kita sejak berpuluh tahun yang lalu, ah bicara video game, gw lagi demen2nya nih main Batman: Arkham City, ada yang sudah main?, itu video game keren lo, asli sumpah, berasa Batman dicampur GTA.


6 comments:

  1. Replies
    1. khusus disini, dia jadi Mr. Bison, kalo M.Bison kurang enak nyebutnya

      Delete
  2. ternyata ada blunder sedikit soal karakter gamenya xixixi

    Arkham city banyak banget ya side questnya, seru sekaligus bikin males, jadinya ga lanjut2 deh maeninnya (OOT gaje)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Justru karena side questnya itu durasi Arkham City bisa lebih lama dikit, emang sih terkesan bertele2, tapi ya, gegara saya maniak main Arkham Asylum dulu, Arkham City pun semales2nya ngeside quest tetep aja asik mainnya, pas Batman berantem ama anak buah joker cs itu lohh, behh, sadis gan~

      Delete
  3. Gan, gw salah satu pembaca setia blog ente nih.. Terus terang gw sangat suka gaya ente nge-review film. Gw mau minta izin nih.. Rencana nya kan gw juga mau bikin blog tentang film nih. Trus gua mau pake ragecomic sama meme juga di blog gua nanti, yah kayak blog ente yang sekarang lah... Boleh ga??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh, bikin aja gan, sorry baru kebaca komen ente yang sekarang, blognya lagi aneh komen orang bisa ngilang sendiri

      Delete