Belakangan ini yang gua review
kalo bukan video game, ya film-film keluaran baru. Kupikir sekali-kali lah gua
review film klasik jadul. Belum lama ini gua marathon film-film Akira Kurosawa,
ada Yojimbo, Sanjuro, The Hidden Fortress,
Throne of Blood, sampe Ran juga. Namun
dari semua masterpiece itu ada satu yang paling berkesan bagi gua, yakni "Stray Dog". Film noir jepang
tahun 1949 karya Kurosawa starring Toshiro Mifune.. dengan judul yang cukup
nyentrik ini bikin gua penasaran banget. "Kenapa Stray Dog coba? apakah
film ini film noir soal nyari anjing hilang?" yah perkataan gua barusan
ternyata sebetulnya gak terlalu salah.
Stray Dog bercerita tentang
seorang rekrutan baru di kepolisian bernama Murakami (Toshiro Mifune) yang pas
baru pulang dari latihan polisi, pistol nya dicuri tante-tante. Demi menjaga
nama baik dia berkeliling kota demi menemukan pistolnya yang dicuri. Hingga
akhirnya dia bertemu dengan bandar senjata. Setelah selidik-seliduk ternyata pistol
Murakami berada di tangan seorang pembunuh berantai sinting bernama Yusa (Isao
Kimura). Yusa merampok dan membunuh demi harta, harta yang dia hamburkan untuk
berfoya-foya dan memuaskan hasrat Harumi Namiki (Keiko Awaji), showgirl pujaan
hati Yusa, Yusa berperilaku selayaknya seperti anjing liar. Murakami yang di
hantui rasa bersalah oleh karena gara-gara pistolnya yang hilang itulah terjadi
rentetan kejadian keji di seluruh sudut kota, memutuskan bergabung dengan tim
detektif Sato (Takashi Shimura) demi menangkap "Anjing Liar" ini
sebelum terjadi malapetaka.
Gua udah nonton banyak sekali
film noir, contohnya aja The Maltese
Falcon, The Asphalt Jungle, The Big Sleep, The Naked City, dll. Namun Stray
Dog ini terasa berbeda banget, gua ga tau kenapa.. (Mungkin karena film noir
dari jepang yang pertama kali gua tonton yak)
Bagi diri gua, hal yang paling
atraktif dari Stray Dog ini adalah tokoh-tokohnya. Karakteristik tokoh yang
begitu kontras dengan yang lain menciptakan alur yang begitu memesona dan
sekaligus membuat cerita yang lebih hidup.
Pertama-tama ada Murakami, yang
diperankan Toshiro Mifune. Dia ini greenhorn, anak baru, freshmen, bahasa
gaulnya newbie. Kalo di game online orang-orang macam ini baru selesai bikin
char, baru level 1, baru mulai mengenal permainan, masih cupu bukan main,
makanya sering jadi bulan-bulanan. Murakami yang polos, jujur, berperangai
sopan pokoknya pas banget deh buat jadi suami. Tipe orang yang ngikutin buku
panduan di dalam dunia yang sinis. Pokoknya Murakami ini jauh beda banget sama
peran-peran kelewat badass Toshiro Mifune yang lain. Pemuda ini kemudian
menjadi "murid" dari detektif
veteran Sato.
Detektif Sato ini.. adalah orang
yang penuh pengalaman, sesepuh dunia kepolisian, kalo bagi gua sih dia ini sosok
"Abang" (gara-gara baca manga Rainbow
nih) seorang role model, sosok panutan bagi anak-anak. Pengalaman bekerja di
dunia yang sinis telah membuatnya bijaksana dan kalem, setengah biksu kali.
Kalo di game online orang seperti ini udah level 90 keatas, experience dia yang
tinggi ngebikin dia ditakuti dan disegani para gamer. sebagai leader, dia ini
titik tumpu kalo mau masuk dungeon ngikut PvE. Dengan mengandalkan kehebatan
dia, yang lain juga ikutan dapet XP tingkat tinggi gitulooh. Ibaratya, kalo
Murakami ini Luke Skywalker, dia ini Master Yoda.
"The movie revolves around these
two persons, and their Mentor-Protege relationship." Karena sepanjang film kita
melihat Murakami yang newbie, dibawah asuhan seorang detektif Sato, berkembang
menjadi Samurai sejati. (eh bukan! jadi bandit dulu, soalnya habis ini Toshiro
Mifune jadi bandit di Rashomon.)
Tapi bagi gua pribadi, sebetulnya
yang menjadi bintang di film ini adalah si
Yusa, the titular "Stray Dog". Dia ini adalah Enigma, sosok
yang terkadang dipertanyakan keberadaannya.. konon karena si Yusa ini baru
muncul di layar pas adegan paling akhir. Sepanjang film dua detektif ini
mengejar sosok misterius Yusa, penonton mendapat manifestasi seorang Yusa
melalui kesaksian dari orang-orang yang diinterogasi oleh Murakami dan Sato. Cara
penyampaian seperti ini, membuat Yusa semakin misterius, satu orang bilang Yusa
ini beradab, namun kesaksian orang yang lain bilang dia ini beringas. Para
penonton juga jadi menebak-nebak bagaimana sih sosok Yusa sebenernya? gua aja
nebak dia ini rada-rada seperti Anton Cigurgh-nya Javier Bardem di No Country For Old Men. Gagah dan
Intimidating, dan yeeeh tapi ternyata tampangnya malah mirip Wendi Cagur yang
sering nongol di YuKeepSmile Tra*stipi.
Sedikit-sedikit motif Yusa ini
semakin jelas, dia ternyata berdalih jadi rampok karena dia ngefans berat sama pujaan
hatinya, salah seorang Showgirl di teater burlesque, Harumi Namiki. Mungkin
fanatisme yang melampau pada idola jaman 1940an dulu masih renggang, namun fenomena
macam ini sekarang disebut ngidol. Nah! ini dia nih poin yang bikin gua luar
biasa terkagum-kagum sama Akira Kurosawa. Dengan akurat dia memprediksi fenomena
ngidol yang akan terjadi 60 tahun kemudian, dan dia sajikan dalam sebuah film
noir! bukan main!! gilaaa!!!
Yang gua peroleh dari sosok Yusa
ini, adalah dia seorang Jomblo miskin, yang galau, ngidol sama pujaan hatinya, aduhai
gue banget. ngena ke gua,eh tidak, lebih tepatnya ke society abad 21
keseluruhan. Contohnya gua... ah tidak, contohnya admin KFG yang satunya, mbahdarmooo
aka 'Timothy Stevano' ini Yusa banget. Mbahdarmooo ini ngidol dengan pujaan
hatinya; Devi Kinal Putri member JKT48. Kerjaanya setiap hari menyelidiki
dimana Kinal JKT48 kuliah dan bersusah payah kerja part time keliling kota
banjarmasin ngumpulin duit biar bisa event handshake sama Kinal. Seperti Yusa
pula, mbahdarmooo ini Jomblo, Miskin, dan Galau. Stray Dog membuktikan
fanatisme yang melampau cenderung mengarah pada tindak kriminal.
damn! gua harus lapor admin mbahdarmo ke polisi sebelum dia benar-benar jadi Yusa |
Thriller misteri suspense ala amerika buatan jepang, (konon film noir emang lagi ngetrend banget pada masa itu) Akira Kurosawa menunjukan pada dunia bagaimana lingkungan Jepang yang terkena dampak postwar PDII melalui mata seorang pemuda penegak hukum dengan low-key lighting. Plot Stray dog ini begitu sederhana dan mendasar, namun film ini lebih dari itu.. Film ini merupakan progenitor film-film Police Procedural & Buddy Cop. Film ini adalah Blueprint film-film polisi di masa depan. tanpa Stray Dog, ga bakalan ada Lethal Weapon, ga bakalan ada Police Story, ga bakalan ada Starsky & Hutch, ga bakalan ada Rush Hour, ga bakalan ada Tango & Cash, ga bakalan ada Beverly Hills Cop, juga ga bakalan ada Boogie Nights, karena Paul Thomas Anderson sendiri yang menyatakan Stray Dog ini salah satu inspirasi Boogie Nights. Film ini bisa di bilang film tradisional yang modern.
apabila ada individu yang merasa tersinggung dengan postingan ini, mohon jangan dianggap serius, toh ini hanya untuk hiburan~
misis gan saya liat agan riview film "stray dog" film nya Akira Kurosawa, saya penggemar berat film2 Akira Kurosawa tapi stray dog tidak saya temukan link nya, apa agan tau?
ReplyDeleteKocaeli
ReplyDeleteDenizli
Bursa
istanbul
Van
U6EAU
Bursa
ReplyDeleteMersin
izmir
Rize
Antep
GCA
ankara parça eşya taşıma
ReplyDeletetakipçi satın al
antalya rent a car
antalya rent a car
ankara parça eşya taşıma
7İMOW4
C77CB
ReplyDeleteHakkari Evden Eve Nakliyat
clenbuterol
peptides for sale
buy anapolon oxymetholone
order sustanon
buy masteron
Bartın Evden Eve Nakliyat
order winstrol stanozolol
Manisa Evden Eve Nakliyat
F1826
ReplyDeletebinance indirim
4A04D
ReplyDeleteartvin ücretsiz sohbet odaları
ankara en iyi görüntülü sohbet uygulamaları
osmaniye ücretsiz görüntülü sohbet uygulamaları
mobil sohbet et
bitlis ücretsiz sohbet uygulaması
rize görüntülü sohbet yabancı
adana canli sohbet chat
canlı sohbet bedava
rastgele görüntülü sohbet uygulaması
F826F
ReplyDeleteBinance Referans Kodu
Sohbet
Lunc Coin Hangi Borsada
Youtube İzlenme Satın Al
Periscope Beğeni Hilesi
Hamster Coin Hangi Borsada
Coin Nasıl Üretilir
Kripto Para Oynama
Linkedin Beğeni Satın Al